DJI IndonesiaDrone pertanian kini mulai banyak digunakan oleh masyarakat untuk aktivitas di sektor agraria hingga peternakan. Salah satu pabrikan drone besar dunia yakni DJI juga memiliki beberapa drone yang dirancang khusus untuk kegiatan pertanian yakni DJI Agras.

Mulai dari melakukan penyemprotan tanaman, pemupukan, dan juga digunakan untuk memantau perkembangan pertanian, perkebunan, maupun peternakan. Apa saja keuntungan dan fungsinya serta harga drone tersebut? Inilah ulasannya melansir dari berbagai sumber.

Keuntungan dan Fungsi Drone Pertanian

Drone pertanian, Harga drone pertanian, Fungsi drone pertanian, Drone pertanian DJI, DJI Agras (3)

Menggunakan drone untuk akitvitas pertanian memiliki banyak keunggulan. Terutama untuk sektor pertanian dengan skala besar maupun bagi perkebunan. Dengan begitu akan meningkatkan produktivitas dan lebih menguntungkan bagi para petani pada musim tanam, serta menghasilkan kualitas produk pertanian yang unggul. Beberapa keuntungan dan fungsi drone pertanian DJI Agras ini di antaranya adalah:

  • Lebih efisien dalam mengelola dan mengolah lahan pertanian. Hal ini karena drone pertanian DJI dilengkapi dengan tangki berkapasitas besar. Selain itu juga ada pompa dan alat penyiram khusus. Dengan begitu dapat menjangkau area yang luas. Misalnya DJI Agras T40 yang dapat menjangkau area luas hanya dalam 10 menit.
  • Drone pertanian DJI Agras lebih presisi dalam penyemprotan tanaman pertanian di area yang luas sekalipun. Ini karena pada drone tersebut dilengkapi dengan sistem penyemprotan otomatis. Anda pun hanya tinggal mengaturnya saja sesuai kebutuhan.
  • Drone ini juga bisa dibilang multifungsi. Sebab, dapat digunakan untuk berbagai macam aktivitas pertanian seperti penyemaian, penyebaran pupuk, maupun digunakan untuk menyebarkan makanan bagi perikanan.
  • Mudah dipoerasikan dan lebih aman. Hal tersebut dikarenakan drone dapat menjangkau area yang luas dan sulit dijangkau alat seperti traktor. Anda pun tinggal mengoperasikannya dari jarak jauh. Selain itu membuat petani lebih aman dan nyaman dari paparan pestisida secara langsung.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Drone DJI yang Bisa Anda Lakukan

Tipe dan Harga Drone Pertanian DJI Agras

Drone pertanian, Harga drone pertanian, Fungsi drone pertanian, Drone pertanian DJI, DJI Agras

Drone pertanian DJI terdiri dari lima tipe berbeda baik dari segi kapasitas dan fungsinya. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan untuk sektor pertanian, perkebunan, hingga peternakan. Berikut tipenya yang perlu Anda tahu.

1. DJI Agras MG-1P

mg1p, Drone pertanian, harga drone pertanian, fungsi drone pertanian, dji agra

DJI Agras MG-1P memiliki kapasitas tangki untuk penyemprotan hingga 10 liter. Kemudian memiliki ketahanan IP67 yang membuatnya tahan dari obat pertanian dalam bentuk cair, pupuk, debu, air hingga korosi. Adanya fitur High Precition Radar membuatnya lebih tepat sasaran saat menyemprot tanaman pertanian.

Drone juga dilengkapi dengan sensor rintangan yang membuat manuver lebih baik. Di sisi lain terdapat pula fitur 123° FOV Wide Angle FPV Camera. Drone pun mudah diubah dalam berbagai mode dan baling-balingnya yang dapat dikontrol sesuai kebutuhan.

Harga DJI Agras MG-1P: sekitar Rp191 jutaan

Baca juga: Manfaat Pencitraan Multispektral dalam Pertanian Menggunakan Drone

2. DJI Agras MG RTK

mg1p rtk, Drone pertanian, harga drone pertanian, fungsi drone pertanian, dji agras

Berikutnya adalah drone pertanian Agras MG-RTK yang dibekali dengan tangki penyemprotan berkapasitas 10 liter. Sama halnya dengan drone sebelumnya, di sini juga terdapat fitur ketahanan IP67 dan High Precition Radar. Tak ketinggalan DJI menyematkan fitur sensor rintangan.

Pembedanya dari seri sebelumnya adalah adanya RTK Centimeter Level Positioning. Fitur Real-Time Kinematic (RTK) Positioning inilah yang dapat menempatkan drone pada posisi yang akurat untuk melakukan penyemprotan tanaman. Lalu, juga ada  123° FOV Wide Angle FPV Camera dan kontrol mode yang beragam.

Harga DJI Agras MG RTK:  sekitar Rp209 jutaan

3. DJI Agras T10

t10, Drone pertanian, harga drone pertanian, fungsi drone pertanian, dji agras

Seri lainnya dari drone pertanian DJI adalah Agras T10 dengan kapasitas tangki untuk penyemprotan hingga 10 liter. Selain itu dibekali dengan berbagai piranti khusus  agar penerbangan dengan membawa muatan lebih mudah dan aman. Ditambah lagi dengan adanya IP67 membuatnya lebih tahan air dan debu maupun penggunaan pestisida.

Drone juga dilengkapi dengan fitur RTK Centimeter Level Positioning dan Spherical Radar System. Untuk kameranya dibekali dengan Dual Front dan Back FPV Cameras. Pengoperasian semakin mudah dengan adanya AI Engine.

Harga DJI Agras T10: Rp89 jutaan (Standar) – Rp124 (Standar Combo)
Klik di sini untuk konsultasi seputar drone DJI Agras T10

Baca juga: Drone DJI Mana yang Cocok untuk Anda? Ini Panduan Memilihnya!

4. Drone Pertanian – DJI Agras T16

t16, Drone pertanian, harga drone pertanian, fungsi drone pertanian, dji agras

Untuk kapasitas tangki yang lebih besar, Anda bisa memilih  Agras T16. Sama seperti namanya, drone ini memiliki kapasitas tangki hingga 16 liter. Fitur andalan yang disematkannya antara lain adalah IP67 Core Module Rating dan RTK Centimeter Level Positioning,

Di samping itu, di sektor radar menggunakan fitur DBF Imaging radar yang membuat penerbangan lebih presisi dan lebih baik meskipun membawa beban pada tangki. Untuk pengoperasian yang nyaman didukung dengan fitur AI Engine.

Harga DJI Agras T16: sekitar Rp261 jutaan
Klik di sini untuk konsultasi seputar drone DJI Agras T16

5. DJI Agras T30

t30, Drone pertanian, harga drone pertanian, fungsi drone pertanian, dji agras

Rekomendasi drone untuk area menengah lainnya ada DJI Agras T30 yang memiliki kapasitas tangki paling besar di antara drone pertanian DJI lainnya. Kapasitas tangki tersebut adalah 30 liter dan sangat direkomendasikan untuk pertanian dengan area yang cukup luas.

Fitur unggulannya sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan Agras T10. Anda pun bisa memantau pada saat penyemprotan maupun penyemaian tanaman menggunakan fitur kamera yang disematkannya. Anda pun bebas memilih menggunakan Dual Front atau mode Back FPV camera.

Harga DJI Agras T30: Rp111 jutaan
Klik di sini  untuk konsultasi seputar drone DJI Agras T30

Baca juga: Spesifikasi DJI Agras T40: Cover Lahan Luas Hanya 10 Menit

6. DJI Agras T40

DJI Agras T40 disebut-sebut drone pertanian ini hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit saja untuk cover penyemprotan area dengan luas 7 hektar. Hal ini karena kemampuannya yang memiliki payload lebih besar dengan bobot maksimum 50 kilogram. Meski begitu, desainnya terlihat lebih ringkas dan portable.Drone ini juga dibekali dengan sistem spraying terbaru. Termasuk sensor anti-tabrak yang membuatnya semakin nyaman ketika diterbangkan.

DJI Agras T40 memang dirancang khusus di area pertanian cukup kompleks sekalipun. Komponennya telah melewati tes uji yang sangat ketat. Dengan begitu, membuat drone lebih baik dan penggunaan lebih aman dan yaman. Termasuk mencegah korosi, suhu yang tinggi maupun rendah, dan waktu penggunaan yang lama.

Harga DJI Agras T40: Rp224 jutaan (Standard Combo)
Klik di sini untuk konsultasi seputar drone DJI Agras T40

7. DJI Agras T20

Terakhir ada DJI Agras T20 yang cocok digunakan untuk area pertanian dengan luas sedang. Drone ini mampu membawa tangki dengan kapasitas hingga 20 liter cairan untuk pemupukan dan lainnya. Fitur Spreading System 2.0 tersebut DJI Agras T20 dapat menyemprot area sekitar 12 hektar per jam. Tentu ini dapat lebih cepat 70 kali dibandingkan dengan penyemprotan manual.

Keunggulan lainnya dari spesifikasi DJI Agras T20 ialah sensor keamanan penerbangan yang ditingkatkan. Hal itu dapat dilihat seperti adanya radar digital omnidirectional. Dimana memiliki kemampuan untuk mendeteksi rintangan secara horizontal dari berbagai arah. Termasuk untuk penggunaan di berbagai kondisi medan area pertanian.

Harga DJI Agras T20: Rp164 jutaan (seri T20P0)
Klik di sini untuk konsultasi seputar drone DJI Agras T20

Baca juga: Spesifikasi DJI Agras T20: Pilihan Tepat untuk Modernisasi Pertanian

Kesimpulan

Drone pertanian, Harga drone pertanian, Fungsi drone pertanian, Drone pertanian DJI, DJI Agras (1)

Itulah beberapa rekomendasi drone pertanian dari DJI yang bisa Anda pilih untuk mendukung aktivitas agrikultur.  Kini, Anda bisa mendapatkan drone pertanian terbaik DJI di Doran Gadget. Sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, DJI Bali, DJI Banjarmasin dan DJI Manado. Untuk informasi lebih lanjut dan konsultasi seputar produk maupun pengadaan drone pertanian ini, Anda bisa menghubungi CS kami di sini.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>