Doran GadgetPerkembangan teknologi memberikan dampak besar  di sektor agrikultur, salah satunya adalah pencitraan multispektral. Pencitraan ini akan memberikan gambaran dari hasil pemetaan lahan dan menghasilkan warna dari pita gelombang seperti hijau dan merah. Dimana warna tersebut memiliki arti tersendiri.

Lalu, apa saja manfaat pencitraan multispektral dalam pertanian? Doran Gadget telah merangkumnya dalam artikel ini untuk Anda. Termasuk jenis indeks vegetasi dan drone digunakan.

Indeks Pencitraan Multispektral dalam Pertanian

Pencitraan multispektral dalam pertanian terdapat indeks atau indikator tersendiri dalam melihat objek apa saja yang diamati. Indeks ini terdiri dari indeks vegetasi, indeks vegetasi NDVI, dan indeks vegetasi NDRE. Berikut pengertiannya yang perlu Anda ketahui.

1. Indeks Vegetasi

Indeks vegetasi biasanya digunakan dalam menganalisis ekologi yang ada. Biasanya vegetasi ekologi ini untuk melihat karakterisitk kadar air, luas daun sebuah tanaman, dan lainnya. Termasuk juga bagaimana jenis tanah dalam menyerap cahaya matahari dan menyerap air. Pengukuran indeks vegetasi terdiri atas pengukuran reflektansi pada dua panjang gelombang atau lebih.

Baca juga: Mengenal Software DJI FlightHub 2 untuk Pemetaan Drone

2. Indeks Vegetasi NDVI

Indeks vegetasi pencitraan multispektral memang beragam. Namun, yang paling sering digunakan salah satunya adalah Normalized Difference Vegetation Index (NDVI). Indeks ini digunakan dalam melihat kehijauan tanaman mauun aktivitas fotosintesis. Misalnya jika gambar pencitraan cenderung berwarna merah maka vegetasi layu atau mati.

Menggunakan indeks vegetasi NDVI memiliki manfaat informasi seperti perubahan kondisi tanah, kelembapan tanah, mengidentifikasi hama, kerusakan yang disebabkan oleh iklim, dan sebagainya. Termasuk dalam menentukan durasi pertukaran maupun pergantian tanaman.

3. Indeks Vegetasi NDRE

Selain NDVI, vegetasi pencitraan yang juga biasa digunakan adalah Normalized Difference Red Edge Index (NDRE). Indeks pencitraan ini dapat menganalisis gambar yang didapatkan dari sensor multispektral dalam melihat tanaman sehat atau tidak.

Filter tepi merah dalam NDRE dapat digunakan dalam melihat pantulan kanopi tanaman. Dengan begitu, petani bisa melihat dan menentukan variabel berbeda ketika mengelola tanaman dalam memantau aktivitas fotosintesis.

Baca juga: 4 Spesifikasi Drone untuk Pemetaan

Manfaat Pencitraan Multispektral dalam Pertanian

Drone pertanian, Harga drone pertanian, Fungsi drone pertanian, Drone pertanian DJI, DJI Agras

Teknologi yang ada dalam pencitraan dan pemetaan menggunakan drone memberikan manfaat yang besar. Jika dahulu untuk memantau perkembangan pertanian dilakukan secara konvensional menggunakan pengamatan dengan mata telanjang, maka teknologi pencitraan multispektral dalam pertanian memiliki manfaat yakni:

  1. Mengidentifikasi penyakit, hama, dan gulma pada tanaman menjadi lebih mudah.
  2. Penggunaan pestisida yang optimal melalui semprotan dalam deteksi dini.
  3. Mendapatkan data terkait kesuburan tanah maupun pemupukan hingga mengidentifikasi kekurangan nutrisi pada tanaman.
  4. Pengelolaan lahan yang bergantung pada jenis tanaman menjadi optimal.
  5. Pengukuran jarak antara tanaman menjadi lebih mudah, sehingga perhitungan dan perkiraan hasil panen dapat diketahui.
  6. Mengelola dan mengendalikan irigasi lebih mudah, termasuk pemasangan sistem drainase yang didasarkan data multispektral.
  7. Kamera thermal dapat pula digunakan dalam memantau ternak dalam lahan pertanian.

Baca juga: 5 Rekomendasi Drone Pertanian DJI untuk Aktivitas Agraria

Drone yang Mendukung Pencitraan Multispektral

DJI Phantom 4 Pro, dji phantom, phantom 4, dji phantom 4 pro+, harga drone phantom 4, harga dji phantom 4

Beberapa drone DJI mendukung untuk pencitraan multispektral dalam pertanian. Hal itu karena terdapat kamera terbaik dan dibekali dengan gimbal camera sehingga lebih stabil dalam melakukan pemetaan. Selain itu, drone di atas dipilih karena memiliki kemampuan Global Positioning Sattelite (GPS ) yang baik.Adapun drone tersebut di antaranya adalah:

  • DJI Mavic 2 Series
  • DJI Phantom 4 Pro
  • DJI Phantom 3
  • DJI Mavic Pro
  • DJI MG-1S
  • DJI Inspire

Anda bisa mendapatkan drone DJI terbaik di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget yang menjadi toko resmi DJI Surabaya, DJI Semarang, DJI Bali, dan DJI Jakarta. Selain jaminan produk original, ada banyak keuntungan membeli di toko resmi. Yakni adanya jaminan garansi dan promo lainnya.

Itulah beberapa manfaat pencitraan multispektral dalam pertanian menggunakan drone yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat dan jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk mengetahui informasi menarik lainnya, ya!

Artikel terkait:

× WhatsApp