DJI AVATA 2 vs DJI AVATA

DJI IndonesiaDJI Avata Series menjadi drone yang cukup banyak diminati. Khususnya bagi para penggemar drone first person view (FPV). Terlebih beberapa waktu lalu, DJI mengeluarkan generasi terbaru DJI Avata 2. Mana yang lebih baik antara DJI Avata vs DJI Avata 2? Simak ulasan lebih lengkap dalam artikel kali ini.

Perbadingan DJI Avata 2 vs DJI Avata

Berikut perbedaan sekaligus perbandingan DJI Avata dan generasi penerusnya atau DJI Avata 2 dari berbagai aspek. Mulai desain, kamera, performa, fitur pendukung, hingga harga yang dipasarkan di tanah air.

1. Desain Drone

Review DJI Avata 2
sc: DJI

Pertama, jika dilihat dari segi desainnya nampak kedua drone mengadopsi desain cinewhoop. Sehingga dapat diandalkan untuk dioperasikan di tempat atau ruangan yang sempit sekalipun. Namun, ada sedikit perbedaan pada ukuran dimensinya yakni:

Spesifikasi DJI Avata 2 DJI Avata
Bobot 377 gram 405 gram
Dimensi 185 x 212 x 64 mm 180 x 180 x 80mm
Pelindung Baling-baling Lebih upgrade Basic

Desain DJI Avata 2 memang sedikit lebih besar dari sebelumnya. Meski begitu, bobotnya cukup jauh lebih ringan. Sehingga ini akan berdampak pada performa dan manuver saat diterbangkan. Hal yang menarik lainnya adalah baling-baling DJI Avata 2 memiliki pelindung khusus untuk keamanan penerbangan.

Baca juga: Review DJI Avata 2: Ini Spesifikasi dan Fitur Unggulannya!

2. Performa Penerbangan

sc: DJI

Selanjutnya ialah mengenai performa drone saat diterbangkan. Dalam hal ini kita bisa melihat perbedaan keduanya mulai dari lama penerbangan, kemampuan bermanuver, kecepatan, termasuk kapasitas baterai yang berpengaruh pada performanya.

Spesifikasi DJI Avata 2 DJI Avata
Ascent Speed Maksimum 6 m/s (Normal mode)
9 m/s (Sport mode)
6 m/s (Normal mode)
6 m/s (Sport mode
Low-Altitude Flight Mode Didukung fitur pengaman yang sudah upgrade Flight mode dasar
Lama di Udara 23 menit 18 menit
Manuver Easy ACRO. Flip, Roll, 180° Drift Tidak tersedia
Transmisi DJI O4 Video Transmission DJI O3+ Video Transmission
Jangkauan Transmisi 13 kilometer (FCC) 10 kilometer (FCC)
Pengisian Daya Pengisian standar
Mendukung pengisian dengan Charging Hub
Pengisian standar
Goggles DJI Goggles 3 DJI Goggles 2
Controller DJI Motion 3
DJI FPV Remote Controller 3
DJI Motion 2
DJI FPV Remote Controller 2

Performa penerbangan DJI Avata 2 semakin ditingkatkan dibanding sebelumnya. Terlebih lagi dengan dukungan controller DJI RC Motion 3 dan DJI Goggles 3 terbaru memungkinkan pengalaman yang lebih impresif saat diterbangkan. Dimana Goggles 3 ini dilengkap fitur Real View PiP dan layar micro-OLED untuk hasil yang lebih gambar jernih serta minim latensi.

Begitu juga dengan controller DJI RC Motion 3 yang lebih dinamis berkat adanya sistem transmisi terbaru DJI O4 yang mampu menjangkau jarak hingga 13 kilometer FCC. Tentu, ini akan lebih nyaman, terlebih untuk melakukan manuver yang atraktif di udara seperti mode Easy ACRO dan lainnya.

3. Perbandingan Kamera DJI Avata 2 vs DJI Avata

Review DJI Avata 2 (2)
sc: DJI

Perbedaan fitur DJI Avata vs DJI Avata 2 yang cukup mencolok lainnya adalah dari segi kameranya. Tentu, hasil gambar yang baik memang menjadi pertimbangan tersendiri bagi calon pemiliknya. Beberapa perbedaan di sektor kamera bisa dilihat pada aspek berikut:

Spesifikasi DJI Avata 2 DJI Avata
Sensor Kamera 1/1.3″ CMOS Super-Wide-Angle Camera 1/1.7″ CMOS Super-Wide-Angle Camera
Stabilizer RockSteady
HorizonSteady
RockSteady
HorizonSteady
Mode Warna 10-bit D-Log M Color Mode D-Cinelike Color Mode
Resolusi Video 4K/60fps HDR Videos 4K/60fps Videos
FOV 155° Ultra-Wide-Angle FOV 155° Ultra-Wide-Angle FOV
Kapasitas Penyimpanan 46 GB Large Internal Storage
High-Speed QuickTransfer
20 GB Internal Storage

Di sektor kamera ini DJI Avata 2 mengalami banyak peningkatan. Misalnya saja dari sensor kameranya yang diperluas dengan adanya CMOS 1/1.3 inci. Kemudian, adanya optik wide-angle membuat kualitas gambar yang dihasilkan tetap terjaga dengan baik, walaupun berada dalam lingkungan yang minim cahaya.

Berkat kemampuannya yang mampu merekam hingga resolusi 4K/60fps HDR, membuat gambar lebih detail dan jernih di atas apa yang dihasilkan oleh DJI Avata generasi pertama. Spektrum warnanya pun lebih luas dengan dukungan 10-bit D-Log M Color Mode.

Tak perlu khawatir gambar blur saat perekaman. Dengan stabilizer RockSteady dan HorizonSteady pada kedua drone membuatnya lebih stabil. Begitu pun dengan kapasitas penyimpanan DJI Avata 2 lebih besar dan transfer data lebih cepat.

Baca juga: Spesifikasi DJI AVATA yang Perlu Anda Tahu!

4. Fitur Keamanan

Review DJI Avata 2 (1)
sc: DJI

Bagaimana dengan fitur pendukung yang dimilikinya? Baik DJI Avata 2 maupun DJI Avata sama-sama dilengkapi fitur pendukung seperti sensor tabrak yang membuat penerbangan lebih aman.

Spesifikasi DJI Avata 2 DJI Avata
Sensor Tabrak Downward/Backward Visual Positioning Downward Visual Positioning
Pelindung Baling-baling Lebih upgrade Basic
Mode RTH Ya Tidak didukung
Mode Turtle Mode Ya Tidak didukung

Tabel di atas menunjukkan bahwa DJI Avata 2 lebih unggul di segi keamanan penerbangan. Khususnya pelindung baling-baling yang terintegrasi dengan bodi drone dan terlihat lebih ramping serta mengurangi bobotnya. Sensor binokularnya pun menggunakan teknologi Fisheye terbaru untuk penggunaan yang stabil baik untuk outdoor maupun indoor.

Keunggulan lainnya terletak pada mode Return to Home (RTH) di DJI Avata 2. Dimana fitur ini dapat membuat drone kembali ke titik penerbangan awal saat kondisi darurat, seperti daya baterai yang lemah maupun ketika kehilangan sinyal. Mode Turtle Mode untuk mengebalikan drone ke titik awal take-off saat drone terjatuh ketika diterbangkan. Hal ini akan meminimalisir kerusakan.

5. Harga yang Dipasarkan

dji avata vs dji avata 2 (1)
sc: Digital Trends

Perbandingan dari segi harga pun tak kalah penting untuk disimak. Terlebih bagi Anda yang ingin membeli tipe drone FPV dari DJI ini sesuai dengan budget. Untuk harga DJI Avata 2 beserta aksesorisnya di Indonesia yakni:

  • DJI Avata 2 Fly More Combo (1 Batt): Rp13 jutaan
  • DJI Avata 2 Fly More Combo (3 Batt): Rp16 jutaan
  • DJI Avata 2 Battery Charging Hub: mulai Rp700 ribuan
  • DJI Avata 2 Propellers: mulai Rp120 ribuan
  • DJI Avata 2 ND Filters Set (ND8/16/32): mulai Rp900 ribuan

Sementara itu, harga DJI Avata generasi pertama yang dipasarkan di tanah air adalah sebagai berikut:

  • DJI Avata Basic: mulai Rp8 jutaan
  • DJI Avata Explorer Combo: mulai Rp11 jutaan
  • DJI Avata Pro View Combo (DJI RC Motion 2): mulai Rp14 jutaan
  • DJI Avata Fly Smart Combo (FPV Goggles V2): mulai Rp10 jutaan
  • DJI Avata Pro View Combo (Goggles 2): mulai Rp14 jutaan

Harga di atas bisa saja berubah sewaktu-waktu. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu up to date untuk mendapatkan harga terbaik saat membelinya.

Baca juga: Apakah DJI Avata Memiliki Fitur RTH? Ini Ulasannya!

Mana yang Tepat untuk Anda?

dji avata vs dji avata 2
sc: YouTube/The Drone Creative

Setelah melihat perbandingan keduanya, lantas mana yang tepat untuk Anda miliki? Jawabannya adalah tergantung pada kebutuhan dan penggunaan. Jika Anda belum memiliki kedua drone ini, ada baiknya untuk memilih DJI Avata 2. Termasuk bagi para pemula sekalipun, karena memiliki sistem keamanan yang mumpuni dan fitur lebih upgrade.

Namun, apabila pertimbangannya dari segi budget dan Anda tidak terlalu mementingkan fitur yang lebih ditingkatkan, maka DJI Avata masih layak untuk dipilih. Hanya saja, Anda tidak akan menikmati fitur-fitur terbaru yang ditawarkan oleh pabrikan.

Baca juga: 25 Rekomendasi Drone DJI Terbaik 2024 untuk Kebutuhan Anda

Beli DJI Avata Series di Doran Gadget

Nah, itulah beberapa aspek perbandingan antara DJI Avata 2 vs DJI Avata. Pastikan Anda memilih sesuai dengan kebutuhan dan jangan lupa beli di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget sebagai mitra resmi penjualan DJI di Indonesia.

Dapatkan harga khusus di setiap pembelian melalui program Promo DJI Avata 2.  Ikuti juga Doran Drone Community di WhatsApp untuk mendapatkan informasi terkini seputar drone dan tergabung dengan komunitas pecinta drone terbesar saat ini.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>