DJI IndonesiaDJI Avata resmi meluncur pada tanggal 25 Agustus 2022. Perilisan produk drone FPV dan cinewhoop ini menjawab berbagai rumor yang beberapa waktu sebelumnya sempat beredar. Seperti apa spesifikasi DJI Avata dan harganya yang di Indonesia? Simak ulasannya yang dihimpun oleh tim Doran Gadget berikut.

Spesifikasi DJI Avata Secara Umum

DJI Avata menjadi drone FPV dan cinewhoop dengan ukuran yang ergonomis jika dibandingkan seri sebelumnya. Jika dilihat dari spesifikasinya, bisa dibilang drone ini memiliki keunggulan tersendiri. Berikut di antaranya seperti dilansir dari website resmi DJI dan PcMag.

 Dimensi dan bobot  180×180×80 mm / 410 gram
 Kamera dan Sensor  1/1.7-inch CMOS / 48 MP
 Rotor  4 buah
 Resolusi Video  Dengan DJI Goggles 2: [email protected]/60fps, [email protected]/60/100fps, [email protected]/60/100fps
 Dengan DJI FPV Goggles V2: [email protected]/60fps, [email protected]/60/100/120fps, [email protected]/60/100/120fps
 Format Video  MP4
 Mode Penerbangan  Normal, Sport, Manual
 Mode Pewarnaan  Standard, D-Cinelike
 Kapasitas Baterai  2420 mAh Intelligent Flight
 Format Media Penyimpanan  Internal, microSDXC
 Lama Penerbangan  18 menit penerbangan
 Remote  DJI Motion Controller, Remote Controller 2, Goggle 2, Goggle V2
 Penyimpanan Internal  20GB
 Kecepatan Melawan Angin  10.7 m/s (Level 5)
 Antena  Dual Antennas, 2T2R
 GPS  Ya

Baca juga: Perbedaan Drone FPV DJI VS Drone Konvensional

Fitur DJI Avata

Selain mengenai spesifikasi DJI Avata secara umum, hal yang menarik lainnya dari drone terbaru ini adalah dari segi fitur yang disematkan oleh pihak pabrikan. Mulai dari desainnya, kamera, baterai, dan yang tak ketinggalan ialah mengenai fitur kacamata khusus atau Goggles untuk memberikan pengalaman berbeda dari drone konvensional.

1. Desain Drone

Pertama adalah dari segi desainnya. Ukuran drone ini sangat ergonomis sehingga mudah dibawa ke mana saja termasuk untuk tempat yang kecil sekalipun. Tak heran jika DJI Avata dapat digunakan indoor karena mampu melewati celah-celah kecil dalam ruangan.

Bodi drone juga terlihat kokoh dengan empat buah rotor dan baling-baling. Bagian empat baling-baling ini pun terlindungi dengan baik. Bobotnya sebenarnya tidak terlalu berat hanya sekitar 410 gram saja.

Baca juga: Cara Menerbangkan Drone FPV yang Aman

2. Sektor Kamera

Selanjutnya spesifikasi DJI Avata dari fitur kamera yang dimiliki. Resolusi kameranya 48 MP dengan sensor berukuran 1/1.7 inci (7/6×5.7mm). Sementara untuk tingkat aperturenya berada pada F2.8 dan bisa menghasilkan video hingga sudut 155°. Namun, untuk fotonya hanya terbatas pada penggunaan Single Shot 9MP untuk file JPEG.

Kamera dapat menangkap video dengan resolusi hingga 4K/60p dan 2.7K/100p dengan menggunakan Goggles 2. Lalu 4K/60p dan 2.7K/120p menggunakan FPV Goggles V2 pada H.264 atau H.265 dan 150Mbps. Lalu, fitur D-Cinelike dapat membuat pewarnaan foto dan video lebih baik dan proses yang mudah. Pengambilan gambar juga stabil berkat dukungan HorizonSteady dan RockSteady Electronic Image Stabilization (EIS).

3. Spesifikasi DJI Avata – Daya Baterai

Bagi para pengguna drone, selain pada fitur kamera dan desain pertimbangan baterai juga penting. Tipe baterai DJI Avata adalah Li-ion dengan kapasitas 2420 mAh. Baterai dapat bekerja dengan baik pada suhu 5° hingga 40°Celcius.

Untuk sekali pengisian daya hingga penuh, memungkinkan drone dapat terbang di udara selama kurang lebih 18 menit. Walaupun selisih waktunya lebih pendek dibanding drone DJI lainnya, namun waktu tersebut dirasa cukup untuk  penerbangan dalam ruangan atau indoor.

Baca juga: 8 Peluang Pekerjaan untuk Pilot Drone FPV

4. Goggles DJI Avata

Sebagai drone FPV, DJI Avata kompatibel untuk Goggle 2 yang memiliki dimensi yang ringkas namun kokoh. Dimensinya sekitar 167x104x81mm, dimana dimensi ini lebih kecil jika dibandingkan Goggle V2 yang berukuran 202x126x110mm. Kemudian, Goggle 2 memiliki frame yang lebih nyaman untuk penggunaan waktu lama. Termasuk dengan dua antena untuk transmisi lebih baik dan mode setting kamera yang mudah.

Layarnya pun megadopsi micro-OLED dengan penyesuaian kecerahan hingga 700 nits dan dapat digunakan untuk pemandangan hingga 51°. Sementara itu, Goggle V2 hanya memiliki 360 nits. Sumber energinya berasal dari baterai eksternal 16.2 Wh yang dapat dikoneksikan dengan kabel power USB-C dan sudah mengadopsi O3+ Ocusync yang menawarkan tingkat latensi rendah.

5. Motion Controller

Selain kacamata khusus atau Goggles, DJI Avata dapat dioperasikan menggunakan Motion Controller. Perangkat ini pun mudah digenggam dan digunakan dengan bbeberapa tombol untuk penerbangan, pengereman, manuver, hingga pendaratan drone yang mulus. Pengguna dapat meningkatkan kecepatan drone menggunakan perangkat ini hingga 33.6mph.

Adapun mode yang dapat menggunakan motion controller adalah mode Normal dan Sport. Sedangkan jika ingin mengaktifkan mode manual sepenuhnya, Anda dapat menggunakan Remote Controller 2 khusus untuk DJI FPV. Remote tersebut dibekali dengan berbagai fitur terbaik seperti mode penerbangan, mode kamera, pengaturan gimbal, hingga mode Return to Home (RTH).

Baca juga: 7 Simulator Drone Terbaik untuk FPV dan Komersial

Harga DJI Avata

Berapa harga DJI Avata yang dipasarkan? Memang, untuk masalah harga di beberapa negara memiliki sedikit perbedaan. Hal itu dikarenakan beberapa faktor seperti nilai tukar mata uang maupun kebijakan fiskal di negara tersebut. Termasuk pengenaan pajak barang impor.

Untuk harga di distributor DJI Indonesia, harganya sekitar Rp20 jutaan untuk bundling DJI Avata Pro View Combo dengan Goggles 2. Sedangkan untuk bundling DJI Avata Fly Smart Combo (FPV Goggles V2) adalah sekitar Rp17 jutaan. Sekadar catatan, harga juga bisa berubah sewaktu-waktu sesuai dengan ketentuan.

Baca juga: Mau Beli Drone DJI FPV? Ketahui 3 Hal Penting Ini!

Penutup

Setidaknya itulah beberapa spesifikasi DJI Avata dan fiturnya yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya. Tertarik memiliki drone cinewhoop terbaru ini? Anda bisa mendapatkannya di Doran Gadget dengan sistem pre-order. Informasi pembelian DJI Avata dan promo pre-order silakan klik di sini atau hubungi CS kami via WhatsApp di link ini.

Sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Raih juga berbagai promo dan penawaran menarik di setiap pembelian drone dan aksesorisnya, follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang berlaku.

Artikel terkait:

× WhatsApp