Doran GadgetSimulator drone memiliki berbagai keuntungan. Salah satunya sebagai media latihan bagi pilot drone sebelum menerbangkan drone sesungguhnya. Khususnya jika ingin berkarir sebagai pilot drone profesional.

Dengan begitu, skill lebih terlatih dan menghindari kerusakan dan hal yang tak dinginkan seperti drone jatuh saat diterbangkan. Lalu, apa saja simulator drone terbaik yang dapat dipilih? Simak selengkapnya di artikel ini.

Simulator Drone Terbaik

Berikut rekomendasi simulator untuk drone yang dapat Anda pilih di tahun ini melansir dari laman Droneblog.

1. LiftOff

Rekomendasi pertama ada LiftOff yang dirilis pada bulan Maret 2022 lalu. Fitur unggulan yang ditawarkan simulator ini di antaranya adalah grafis yang tajam dan beragam peta dan mode yang bisa dikustomisasi. Di samping itu juga ada sekitar 16 pelatihan penerbangan di berbagai kondisi secara virtual.

Pengoperasiannya sangat mudah, termasuk bagi pemula. LiftOff tersedia untuk Xbox, PlayStation 4, dan Steam. Sedangkan untuk controller yang kompatibel di antaranya FrSky Taranis, Spektrum, Turnigy, FlySky , Futaba, Radiolink, Realflight, dan Grauphner.

Selain itu juga kompatibel untuk Nirvana, DEVO, Playstation controller, dan  Xbox controller. Simulator ini berbayar 19.99$ dan device yang mendukung adalah Windows dan Mac.

Baca juga: Simulator Drone LiftOff untuk DJI FPV, Ini Link Downloadnya!

2. Simulator Drone Terbaik – Velocidrone

Berikutnya yakni Velocidrone. Untuk bisa mengunakannya, Anda perlu merogoh kocek sekitar 23US$ Sobat Doran dan mendukung di device Windows, Mac, dan Linux. Simulator drone ini dirancang khusus untuk drone FPV racing. Tak hanya memiliki mode penerbangan dan simulasi di berbagai kondisi, Anda dapat membuat balapan dengan teman secara online.

Velocidrone menawarkan simulasi drone di berbagai situasi dengan grafis yang nampak sangat realistis. Penggunaannya mudah dikustomisasi dan cukup mudah bagi pemula sekalipun. Hal yang membuatnya lebih keren lagi adalah kompatibel hampir di semua tipe USB pada controller. Anda dapat menggunakan drone ini dengan membelinya seharga 23$.

3. DRL Sim 3.0 Drone Racing Simulator

Simulator drone ketiga yang dapat dipilih ada DRL Sim 3.0 Drone Racing Simulator. Keunggulannya adalah menawarkan sensasi balapan drone dengan tingkat aerodinamis tinggi. Ada pula tutorial yang bisa digunakan untuk navigasi penerbangan dan melewati rintangan.

Simulator ini pun dapat digunakan dengan berbagi tipe USB untuk controller-nya. Anda bisa mendapatkannya melalui Steam, Xbox, dan PlayStation. Device yang kompatibel dan mendukung untuk simulator ini setidaknya mnemiliki sistem operasi Windows dan Mac. Sedangkah harga simulator DRL Sim 3.0 Drone Racing Simulator adalah 9.99S$.

Baca juga: Apa Perbedaan Drone Racing dan Freestyle?

4. FPV Air II

FPV Air II jadi simulator drone terbaik keempat yang patut dicoba. Hal itu tidak terlepas dari keunggulannya seperti penggunaannya yang mudah bagi pilot drone FPV pemula. Grafis dasarnya pun cukup tajam dan Anda dapat menyesuaikannya juga dalam mode ultr-low untuk penggunaan lebih nyaman. Khususnya di PC dengan spek lama atau PC yang berjalan lambat.

Pengguna dapat melakukan simulasi balapan dengan sistem multiplayer. Harga simulator untuk FPV racing ini adalah 4.99$. Controller yang kompatibel dengan simulator ini di antaranya adalah Taranis, Xbox, FS-i6, Turnigy Evolution, Falenci, Interlink, dan lainnya.

5. DJI Drone Simulator

Sebagai brand drone besar di dunia, DJI juga memiliki simulator khusus yang dikenal dengan DJI Drone Simulator. Platform ini dirancang khusus untuk pengguna profesional dan menghadirkan pengalaman penerbangan yang nyata. Fitur lainnya adalah memiliki tiga mode penerbangan dan modul. Termasuk simulasi mode drone Mavic Series, Phantom Series, dan Inspire Series, serta Matrice 200 Series.

Namun, simulator DJI ini tidak mendukung untuk drone DJI FPV. Dengan kata lain, haya untuk drone komersial saja. Harga simulator ini kompatibel untuk sistem operasi Windows. Beberapa controller drone DJI yang kompatibel di antaranya:

  • Mavic Air
  • DJI Smart Controller
  • Phantom 4
  • Phantom 4 Advanced
  • Phantom 4 Pro
  • Phantom 4 Pro V2.0
  • Matrice 100
  • Matrice 600
  • Matrice 600 Pro
  • Inspire 1 Series
  • Lightbridge 2

Baca juga: 8 Drone DJI dengan Kamera Terbaik 2022

6. droneSimPro

Keenam adalah droneSimPro dengan mode kondisi dan lingkungan yang bisa dikustomisasi dan pencahaayn yang realistis. Khusus untuk dua drone DJI seperti Phantom 2 dan Phantom 3 juga dapat dikustomisasi. Begitu juga simulasi ketika melewati rintangan seperti api dan penerbangan di area terbuka.

Harga simulator drone ini juga tidak begitu mahal yakni di kisaran 29.99$ saja dengan berbagai fitur pilihan. Adapun controller yang kompatibel untuk simulator ini di antaranya adalah Xbox One, Xbox 360, dan Xbox 360 Gamestop Brand, serta PlayStation 3.

7. Simulator Drone Terbaik – Zephyr

Terakhir ada Zephyr yang khusus digunakan untuk program pelatihan bagi pilot drone dengan dilengkapi tools untuk pelatihan di kelas. Simulator ini memiliki tingkat akurasi tinggi dan sensasi penerbangan yang nyata. Ada dua mode penerbangan yang dapat dipilih yakni FPV dan VLOS.

Tidak hanya ada berbagai mode penerbangan dalam berbagai kondisi, pilot drone juga diajarkan bagaimana aturan-aturan penerbangan yang aman berdasarkan panduan FAA. Harga simulator drone ini adalah 75$ dan kompatibel untuk beberapa controller seperti:

  • XBox 360, XBox One, and Playstation controllers
  • Spektrum DXe, Dx9, Dx6i
  • Hobby King 6-CH RC Flight Simulator Controller
  • Interlink Elite by Futaba
  • FlySky FS-i6s, FS-T6
  • Taranis FrSky X9D Plus
  • Futaba: T6EX, T14SG, T8FG
  • Iris+ FlySky FS-TH9x

Baca juga: 5 Fungsi Lisensi Pilot Drone yang Perlu Anda Tahu

Penutup

Itu dia Sobat Doran simulator drone terbaik yang bisa Anda gunakan untuk dicoba. Terutama bagi para pengguna drone FPV untuk berbagai keperluan seperti racing dan freestyle. Simulator tersebut memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, jadi Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan dan fitur yang diinginkan.

Bingung mencari drone FPV terbaik? Doran Gadget menjual drone DJI FPV yang dapat Anda pilih. Sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali, kami menjual barang original dengan garansi resmi pabrik. Raih juga berbagai promo dan program menarik untuk pembelian via website dan aplikasi Doran Gadget serta jaringan store kami.

Informasi lebih lanjut mengenai pembelian dan produk, hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Untuk melihat informasi promo yang berlaku dapat ikuti Instagram Doran Gadget dari smartphone Anda sekarang juga.

Artikel terkait: