Doran GadgetMenjadi seorang pilot drone di era sekarang menjadi salah satu profesi menjanjikan. Meski begitu, Anda tetap harus memiliki lisensi. Fungsi lisensi pilot drone ini pun beragam. Mulai dari segi legalitas hingga kemudahan dalam melakukan aktivitas dan meningkatkan posisi tawar seorang pilot drone.

Fungsi Lisensi Pilot Drone

Berikut beberapa fungsi lisensi pilot drone yang perlu Anda ketahui. Khususnya bagi Anda yang ingin menekuni profesi sebagai pilot drone profesional di Indonesia.

1. Diakui oleh Negara dan Taat Peraturan yang Dibuat

01. drone dji, dji untuk pemula

Adanya lisensi pilot drone bukan semata-mata sebagai masalah legalitas saja. Di sini, setidaknya Anda akan diakui oleh negara sebagai pilot drone profesional. Selain itu, mematuhi peraturan mengenai pengoperasian drone di tanah air.

Misalnya saja seperti aturan Direktorat Kelaikan Udara dan Pengoperasian Pesawat Udara — Sertifikasi Perangkat dan Sertifikasi Pilot yang diatur dalam PM 163 Tahun 2015.  Begitu juga dengan Peraturan Keselamatan Penerbangan Sipil Bagian 107 (Civil Aviation Safety Regulation Part 107) tentang Sistem Pesawat Udara Kecil Tanpa Awak.

Baca juga: Cara Mendapatkan Lisensi Pilot Drone, Ini Syarat dan Ketentuannya!

2. Fungsi Lisensi Pilot Drone- Meningkatkan Posisi Tawar Pilot Drone

Selanjutnya, manfaat yang bisa Anda peroleh saat memiliki izin pilot drone adalah meningkatkan posisi dan daya tawar. Klien akan lebih percaya kepada pilot drone yang telah memiliki lisensi atau izin resmi. Sebab, dengan begitu kemampuan pilot sudah tidak diragukan lagi. Klien pun akan merasa lebih aman dan nyaman menggunakan jasa Anda. Bahkan, bukan tidak mungkin akan direkomendasikan kepada klien lainnya.

3. Kemudahan dalam Melakukan Aktivitas dengan Drone

aturan penggunaan drone di Indonesia, drone fpv dji fpv

Dengan mengantongi izin dan lisensi pilot drone, Anda pun mendapatkan kemudahan ketika beraktivitas menggunakan drone. Misalnya saja mengoperasikannya di tempat-tempat tertentu. Misalnya pengambilan foto dan video di tempat keramaian dan khusus seperti stasiun kereta api, area perkotaan, dan lainnya. Namun, pastinya Anda juga mendapatkan izin dari pihak yang terkait untuk aktivitas tersebut agar lebih lancar.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 5 Aturan Penggunaan Drone di Indonesia

4. Fungsi Lisensi Pilot Drone – Kemampuan Pilot Drone Lebih Baik

Fungsi lisensi pilot drone di sisi lain juga dapat meningkatkan kemampuan pilot drone menjadi lebih baik. Mengapa demikian? Hal ini karena sebelum mendapatkan lisensi secara resmi, pilot drone akan menjalani serangkaian program yang harus dilalui. Salah satunya adalah program kecakapan dalam menerbangkan drone. Pada proses ini, pilot biasanya akan mendapatkan pengarahan dari pakar maupun profesional selama pelatihan.

5. Menambah Jaringan

fitur rth drone DJI

Disadari atau tidak, dengan Anda memiliki lisensi selain meningkatkan posisi tawar juga dapat menambah jaringan. Khususnya jaringan dengan organisasi pilot drone, pecinta penerbangan, hingga komunitas fotografi. Dengan begitu, ini akan membuka kesempatan lebih luas bagi Anda untuk mendapatkan berbagai proyek yang menjanjikan di masa mendatang. Lumayan bukan?

Baca juga: 7 Jenis Drone yang Sering Digunakan untuk Berbagai Aktivitas

Penutup

Setidaknya, itulah beberapa manfaat dan fungsi lisensi pilot drone yang perlu Sobat Doran ketahui. Cara mengurusnya pun saat ini lebih mudah, terutama sudah ada layanan secara online yang bisa dipilih. Selain lisensi, perangkat drone yang digunakan untuk beraktivitas juga harus baik.

Oleh karena itu, pastikan Anda membelinya di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget selaku toko resmi DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali. Semua produk yang kami jual merupakan barang asli dengan lisensi resmi dari pabrikan. Hubungi CS kami via WhatsApp di sini untuk informasi pembelian dan pemesanan. Follow juga akun Instagram Doran Gadget untuk mengetahui informasi promo menarik yang ditawarkan di waktu tertentu.

Artikel terkait: