fotografi drone dji original dji phantom dji mavic

Doran GadgetPenggunaan drone di Indonesia saat ini semakin meningkat. Baik itu untuk keperluan pemetaan maupun untuk kebutuhan lainnya. Berdasarkan data Asosiasi Pilot Drone Indonesia (APDI), ada sekitar 15.000 lebih drone yang beroperasi di tanah air.

Oleh karena itu, pemerintah melalui Kementerian Perhubungan mengeluarkan aturan tentang penggunaan drone pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 47 Tahun 2016. Kemudian juga muncul aturan tentang sertifikasi pilot drone untuk kegiatan non-hobi. Lalu, bagaimana cara mendapatkan lisensi pilot drone ini? Doran Gadget merangkumnya untuk Anda.

Cara Mendapatkan Lisensi Pilot Drone

Jika Anda ingin memperoleh lisensi pilot drone, ada beberapa persyaratan dan ketentuan yang harus dipenuhi.Hal itu menyangkut tentang kecakapan seorang pilot drone hingga mengatur tentang perangkat yang digunakan.

  • Persyaratan Pilot Drone

01. drone dji, dji untuk pemula

Bagi seorang pilot drone yang ingin mendapatkan sertifikasi dapat diurus di APDI baik untuk perorangan atau secara kolektif yang melibatkan korporasi. Untuk hal itu, Anda perlu melakukan langkah-langkah untuk memperoleh sertifikasi dari APDI yakni:

  1. Melakukan pendaftaran ke secara terbuka atau melalui website, Facebook, dan Instagram APDI. Di situ Anda bisa menanyakan mengenai tempat tes dan lain sebagainya.
  2. Para peserta mengikuti pra-sertifikasi. Dimana sifat pra-sertifikasi ini tidak wajib namun disarankan untuk lebih memahami seluk beluk tentang drone. Termasuk berapa besaran biaya yang diperlukan nantinya.
  3. Peserta mengikuti tes sertifikasi, tes ini biasanya mengenai prosedur penerbangan drone maupun perangkat. Setelah itu, peserta bisa mengikuti tes praktik menerbangkan drone. Prosesnya adalah dengan mode ATTI dan GPS pada drone dinonaktifkan.
  4. Pengumuman kelulusan para peserta. Jika peserta tidak lulus dapat mengikuti tes remidial tanpa dipungut biaya. Setelah lulus, barulah peserta mendapatkan sertifikat dan juga lencana dari APDI.

Baca juga: 10 Tips Mencegah Drone Menabrak atau Jatuh

  • Cara Mendapatkan Lisensi Pilot Drone – Ketentuan Perangkat

dji phantom, dji phantom 4, dji phantom 4 pro, drone dji 10

Tak hanya mengatur tentang pilot drone secara personal saja, dalam mendapatkan lisensi pilot drone juga mengatur tentang ketentuang drone yang digunakan. Di Indonesia, menurut Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, drone yang dapat melakukan registrasi tak kurang dari 250 gram hingga 25 kilogram. Dimana drone tersebut dikenal pula dengan Small Unman Aircraft System. Mengenai berat drone juga dicantumkan dalam aturan Civil Aircraft Safety Regulation (CASR) Part 10.

  • Mendaftar di SIDOPI

cara mendapatkan lisensi pilot drone

Selain dengan cara tersebut, pilot drone yang ingin mendapatkan lisensi juga bisa mendaftar melalui laman Registrasi Drone dan Pilot Drone Indonesia (SIDOPI). Cara ini dapat dilakukan setelah memperoleh sertifikasi kompetensi APDI. Jadi, Anda tak perlu lagi mendatangi Direktorat Kelaikan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU).

Caranya adalah Anda cukup akses SIDOPI di sini dan klik menu “Daftar Drone” jika ingin mendaftarkan perangkat. Pemohon juga diarahkan ke “Ajukan Lisensi Pilot Drone” untuk mendapatkan lisensi dan sertifikasi penerbangan drone. Kemudian, unggah berkas penting seperti DGCA Form, bukti pemilikan drone, kartu identitas (KTP). Nantinya, data tersebut diverifikasi oleh inspektur DKPPU.

Jika lolos, maka akan muncul e-sertifikat pilot drone yang terdaftar pemerintah dan Anda pun memiliki lisensi mengoperasikan drone. Adapun masa berlaku sertifikasi drone ini adalah 3 tahun untuk pesawat kecil tanpa awak, dan lisensi pilot drone adalah 2 tahun . Sertifikat tersebut dapat pula dijadikan produk hukum yang valid.

Baca juga: Cara Mudah Merawat Drone DJI yang Bisa Anda Lakukan

Penutup

Drone dji

Itulah syarat dan ketentuan cara mendapatkan lisensi pilot drone. Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa lisensi pilot drone memang penting jika Anda ingin menjalani profesi ini agar semakin profesional. Seperti mengenai pemetaan, pekerja kreatif, dan sebagainya yang menggunakan drone sebagai piranti utamanya.

Jangan lupa untuk menggunakan drone terbaik salah satunya dari DJI. Anda bisa mendapatkan produk beserta aksesorisnya di distributor resminya seperti DJI Surabaya, DJI Semarang, dan DJI Jakarta di Doran Gadget. Anda bisa membelinya di jaringan store kami, website, marketplace, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut, Anda juga bisa hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

× WhatsApp