Cara Mudah Merawat Drone DJI yang Bisa Anda Lakukan

Merawat Drone DJI

DJI Indonesia – Merawat atau service Drone DJI sangat penting dilakukan  agar kondisinya tetap baik saat digunakan. Selama ini, drone DJI dikenal sebagai salah satu drone terbaik di Indonesia. Hal ini karena spesifikasi dan fitur yang disematkan menggunakan teknologi terkini. Harga drone DJI pun cukup terjangkau untuk ukuran drone berspesifikasi tinggi.

Perawatan secara berkala harus dilakukan sesering mungkin. Sebab, ketika Anda membiarkan kerusakan sekecil apapun, akan berdampak besar pada performa drone. Bahkan, hal itu bisa memicu kerusakan yang lebih parah dan drone tidak bisa digunakan kembali.

Cara Merawat Drone DJI

 Ada hal-hal penting yang setidaknya perlu Anda perhatikan agar drone terbaik milik Anda tetap awet dan tidak mudah rusak.

1. Periksa Kondisi Fisik Drone

Merawat drone DJI

Langkah awal merawat drone DJI adalah dengan memeriksa kondisi fisiknya terlebih dahulu. Periksalah apakah ada titik kerusakan dan jangan menggunakan aksesoris lain selain komponen asli agar fitur canggih pada kamera drone DJI tetap berjalan dengan baik.

Lanjutkan dengan membersihkan motor penggerak drone dari debu. Untuk hal ini, Anda bisa menggunakan alat khusus. Pada saat membersihkan, sebaiknya lakukanlah secara perlahan. Periksa juga kondisi baling-baling, dan jangan terbangkan drone ketika baling-baling rusak, bengkok, atau patah.

2. Kondisi Baterai Harus Tetap Prima

Merawat Drone DJI

Selanjutnya, periksa juga secara berkala kondisi baterai agar tetap prima. Sebab, baterai merupakan piranti utama untuk mengoperasikan drone. Saat tidak digunakan, lepaskan baterai dari drone agar tetap awet. Pastikan pula suhunya tetap terjaga dalam kondisi ideal, yakni:

  • -20 hingga 40 derajat Celcius untuk produk DJI seri Inspire 2
  • -10 hingga 40 derajat Celcius untuk produk DJI Mavic Pro, Inspire 1 Series, Phantom 3 Series
  • 0 hingga 40 derajat Celcius untuk produk DJI Spark dan Panthom 4 Series

Pastikan pada saat mengisi baterai jangan dicabut apabila belum terisi penuh 100%. Hal ini akan membuat baterai bisa menggelembung dan cepat rusak. Sehingga, akan membahayakan drone ketika diterbangkan.

Ada baiknya untuk mengoperasikan drone kondisi baterai paling tidak 70%. Kemudian, daratkan drone sesegera mungkin saat kondisi baterai tersisa 30%. Jika drone tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama, Anda bisa menyisakan daya baterai setidaknya 50%.

Hindari mengisi ulang baterai langsung setelah menerbangkan drone, karena suhunya masih terlalu tinggi. Untuk drone terbaik dari DJI, rata-rata suhu baterai yang baik untuk diisi ulang adalah 0-40 derajat Celcius untuk produk DJI Inspire 1 Series dan Panthom 3 Series. Sedangkan untuk produk DJI Spark, Mavic Pro, Inspire 2, dan Panthom 4 Series suhu ideal untuk mengisi ulang adalah 5-40 derajat Celcius.

3. Cara Merawat Drone DJI di Tempat Penyimpanan yang Aman

Merawat Drone DJI

Terakhir, dalam merawat drone DJI yang perlu Anda perhatikan adalah cara menyimpannya. Usahakan tempat penyimpanannya selalu dalam kondisi kering, sejuk, dan tidak lembap, serta bebas dari pengaruh magnetik yang bisa merusak piranti drone.

Jika ingin menyimpan drone terbaik lebih dari tiga bulan, maka suhu rata-ratanya adalah 25 derajat Celcius. Kemudian, hindari dari paparan sinar matahari langsung. Bila perlu, gunakan tas atau tempat case khusus dengan penahan untuk menghindari guncangan.

Penutup

Bagaimana, cukup mudah bukan service drone DJI ini? Jangan lupa untuk selalu menggunakan aksesoris asli agar kerja drone semakin maksimal. Anda juga bisa mengikuti channel Telegram Doran Gadget untuk mendapatkan informasi up to date seputar promo potongan harga drone DJI dan aksesoris lainnya.