DJI IndonesiaSetelah dirilis pada tanggal 25 Agustus 2022 lalu, banyak pertanyaan bermunculan dari para pehobi drone. Salah satunya adalah mengenai fitur Return to Home (RTH). Menjawab mengenai fitur RTH DJI Avata tersebut, Doran Gadget akan mengulasnya dalam artikel ini. Khususnya bagi Anda yang ingin membeli drone dengan desain ergonomis ini.

Apa itu Fitur RTH pada Drone?

Sebelum membahas mengenai fitur RTH DJI Avata, ada baiknya Anda untuk mengetahui apa itu fitur RTH sendiri. Terutama bagi Anda pilot maupun pehobi drone pemula. Pengertian mudahnya adalah, fitur otomatis untuk membuat drone kembali ke awal atau pilot drone dan titik dari lepas landas.

Biasanya, fitur ini akan bekerja ketika drone dalam kondisi baterai melemah dan tidak memungkinkan lagi untuk terbang. Hal itu akan membuat drone lebih aman dan menghindari drone jatuh ketika diterbangkan. Untuk menggunakan fitur RTH, pilot drone harus mengaktifkan dan melakukan kalibrasi GPS pada pesawat drone dengan remote controller. Lalu, pilih menu dan tekan tombol RTH.

Fitur RTH pada drone masih dibedakan lagi menjadi beberapa jenis. Ini juga terdapat pada sebagian besar drone produksi DJI. Adapun tiga tipe utama tersebut dapat dilihat di tabel berikut:

 Tipe RTH  Keterangan
 Failsafe RTH  Failsafe RTH akan aktif otomatis saat remote tidak terdeteksi dalam waktu lebih dari 11 detik. Dengan begitu drone akan memundurkan penerbangan sampai 50 meter dan kembali pada titik awal lepas landas.
 Low Battery RTH  RTH ini akan aktif ketika daya baterai drone mulai menurun. Apalagi DJI memiliki tipe baterai Intelligent Flight Battery yang memberikan batasan penerbangan. Jadi, saat dayanya kritis notifikasi muncul di remote controller, dan drone pun mendarat ke tempat landas otomatis.
 Smart RTH  Aktivasi smart RTH ini bisa dilakukan dengan menekan tombol RTH pada remote controller. Khususnya pada saat drone berada dalam posisi terbang yang terlalu jauh maupun di wilayah berbahaya maupun tak terlihat jangkauan pilot.

Baca juga: Fitur Return To Home Mempermudah Drone Kembali ke Titik Awal

Fitur RTH DJI Avata

Lantas, apakah DJI Avata juga dibekali dengan fitur RTH? Melansir dari website resmi DJI disebutkan jika drone ini didukung fitur RTH. Khususnya ketika daya baterai drone mulai kritis maupun kehilangan sinyal saat terbang. Aktivasi RTH pun perlu melakukan kalibrasi GPS. Pengguna tak perlu khawatir mengetahui kapan baterai daya kritis, karena DJI Avata menggunakan Flight Intelligent Battery, yang dapat memberikan notifikasi kepada pilot di layar remote mengenai kondisi baterai saat drone terbang.

Keunggulan lainnya yang dapat membantu pilot drone tetap aman dan nyaman selain adanya fitur RTH DJI Avata adalah sistem geofencing GEO 2.0. Hal itu mencegah drone terhindar dari sesuatu yang tak diinginkan dengan risiko tinggi seperti di dekat bandara. Begitu juga dengan fitur AirSense ADS-B yang secara otomatis mengirimkan notifikasi kepada pilot drone saat ada objek lain yang mendekat ketika diterbangkan outdoor.

Baca juga: Kode Indikator Lampu dan Fitur RTH pada Drone DJI

Penutup

Dari ulasan di atas dan apakah Fitur RTH DJI Avata tersedia di drone first person view ini, jawabannya adalah iya. Sebab, pihak DJI sendiri menyadari betapa pentingnya fitur tersebut untuk menjaga keamanan drone ketika diterbangkan. Terutama dalam kondisi baterai mulai menurun.

Hal itu juga menepis anggapan jika drone FPV memiliki RTH yang tidak seoptimal drone konvensional pada umumnya. Maka tak heran jika DJI Avata jadi salah satu drone first person view terbaik bagi pemula sekalipun.

Kini, Anda bisa mendapatkan drone DJI FPV di Doran Gadget. Sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali, kami menyediakan produk DJI original dengan garansi resmi dari pabrikan.

Selain itu, kami juga memiliki berbagai program dan promo menarik lainnya dalam periode tertentu. Informasi lebih lanjut mengenai pembelian dan produk hubungi CS kami di sini. Follow Instagram Doran Gadget untuk mengetahui promo yang berlangsung.

Artikel terkait:

× WhatsApp