baterai drone dji

DJI IndonesiaBaterai drone merupakan komponen penting dalam perangkat drone. Pasalnya, baterai ini menjadi sumber tenaga saat digunakan maupun penerbangan. Maka, penting bagi Anda untuk membeli baterai asli atau original. Sebab, jika membeli baterai dengan kualitas KW atau palsu itu berpengaruh pada perangkat dan dapat meneyababkan kerusakan lebih lanjut. Tentu, Anda tak ingin hal itu terjadi bukan?

Membedakan Baterai Drone DJI Asli dan Palsu

Cara membedakan baterai khusus untuk drone yang  original dengan kualitas KW bisa dilihat dari segi fisik maupun komponenya. Selain itu, ada pula faktor lain yakni tempat pembelian baterai tersebut. Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Cek kode S/N Pada Baterai

membedakan baterai drone DJI asli dan palsu

Cara mudah yang pertama membedakan baterai drone asli dan palsu ialah mengecek kode S/N pada baterai maupun box. Kode ini berupa barcode dengan beberapa nomor seri tertentu. Untuk mengeceknya, bisa dengan menggunakan scanner atau menggunakan aplikasi dari DJI sendiri seperti DJI GO 4. Dari situ nantinya akan muncul data mengenai baterai, tanggal pembuatan, dan lainnya. Jika tercatat dalam pemindaian, maka dapat dipastikan baterai tersebut adalah asli.

2. Perhatikan Pin Baterai Drone

membedakan baterai drone DJI asli dan palsu (2)

Selanjutnya adalah perhatikan pin baterai untuk drone. Bagian ini ada di bagian atas samping baterai. Fungsi dari pin ini adalah sebagai penghubung pada controller untuk mengetahui berapa sisa daya baterai saat drone digunakan atau diterbangkan.

Sekilas, antara drone KW dan asli memang nampak sama. Namun, jika diperhatikan secara seksama ada perbedaan mencolok. Pin baterai khusus drone yang bagus atau asli biasanya berwarna cokelat, sedangkan pada drone KW atau palsu bagian belakang kuningan pin berwarna hijau.

Baca juga: Cara Menggunakan dan Merawat Baterai Drone DJI yang Benar

3. Kualitas Cell Baterai dan Komponen

membedakan baterai drone DJI asli dan palsu (1)

Selain kedua cara di atas, dalam membedakan baterai untuk drone DJI asli dan palsu yakni dengan mengecek kualitas cell baterai beserta komponen lainnya. Pada baterai kualitas KW, penataan komponen memang terlihat kurang rapi pada bagian dalamnya.

Untuk cell baterai, baterai yang asli memang lebih padat karena penataan yang sesuai standar pabrikan dan minim celah. Beda halnya dengan baterai berkualitas KW yang penataan cell baterai terkesan kurang rapi dan tidak padat. Hal itu dapat menyebabkan partikel seperti debu dapat masuk di celah dengan mudah sehingga berpengaruh pada performanya.

4. Bandingkan Harganya

baterai drone dji

Masalah harga jadi hal penting yang perlu diperhatikan juga. Tak sedikit para penjual perlengkapan drone yang menjual komponen dengan harga murah. Akan tetapi, Anda harus jeli dalam memperhatikan harga tersebut.

Ini karena harga murah belum tentu kualitasnya baik. Bahkan, bisa saja baterai tersebut terindikasi palsu. Maka, ada baiknya untuk membandingkan harga yang wajar untuk baterai tersebut. Misalnya, dengan membandingkan harga di distributor resmi DJI di Indonesia.

5. Beli di Tempat Terpercaya

baterai drone DJI

Cara terakhir untuk melihat baterai untuk drone DJI tersebut asli adalah dengan membeli di tempat terpercaya. Memang, saat ini banyak toko online yang memberikan banyak pilihan baterai yang dijual. Namun, sebaiknya Anda beli di toko yang bekerjasama dengan brand DJI secara resmi.

Selain mendapatkan garansi resmi, barang yang dijual pun barang asli dari pihak pabrikan. Keunggulan lainnya adalah, Anda bisa bertanya langsung dengan pihak toko atau distributor resmi tersebut terkait spesifikasi, penggunaan, hingga bantuan lainnya bila diperlukan. Jadi, Anda lebih aman dan nyaman.

Baca juga: Baterai Drone DJI: Spesifikasi, Fitur, dan Harganya

Penutup

Setidaknya itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan dalam membedakan baterai asli dengan yang kualitas KW atau palsu untuk drone DJI. Beberapa baterai memang memiliki ketentuan yang berbeda. Ada baiknya Anda untuk berkonsultasi dengan para drone expert sebelum membeli baterai tersebut agar mendapatkan kualitas terbaik.

Untuk pembelian baterai dan komponen khusus drone DJI, Anda bisa membelinya di authorized dealer DJI Jakarta, DJI Surabaya, dan DJI Semarang di Doran Gadget. Kami menjual baterai untuk beberapa tipe drone DJI original dengan garansi resmi. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Jangan lupa untuk ikuti akun Instagram kami untuk mengetahui berbagai promo menarik lainnya.

Artikel terkait:

× WhatsApp