Spesifikasi Drone Pertanian DJI Agras T50

DJI AgricultureDJI meluncurkan drone semprot untuk pertanian terbaru seri Agras T50. Dengan desain dan kapasitas tangki yang relatif lebih besar dari sebelumnya, drone ini disebut-sebut solusi yang lebih efisien. Khususnya untuk pengoperasian di area perkebunan yang luas sekalipun. Seperti apa spesifikasi DJI Agras T50 ini? Simak ulasan selengkapnya!

Spesifikasi DJI Agras T50

Berikut spesifikasi DJI Agras T50 secara umum yang perlu Anda ketahui:

Dimensi Drone 1115 × 750 × 900 mm (posisi terlipat)
Bobot Drone 52 Kilogram termasuk baterai
Jarak Terbang Maksimum 2 Kilometer
Kapasitas Tangki Maksimum 75 Liter
Kapasitas Payload 50 Kilogram
Remote Controller DJI RC Plus (RM700B)
Baterai DB1560 Intelligent Flight Battery
Sistem Penyemprotan Four Sprinkler Kitry
Radar Active Phased Array Radar

Baca juga: 5 Fakta Menarik Drone Sprayer untuk Pertanian Modern

Review DJI Agras T50 – Fitur Unggulan

Sebagai generasi penerus drone pertanian khususnya drone sprayer sebelumnya, DJI Agras T50 dibekali dengan sejumlah fitur unggulan. Beberapa di antaranya terdapat pembaruan, sehingga dapat diandalkan dalam pengoperasian penyemprotan lahan berskala luas dan besar sekalipun.

1. Sistem Penyemprotan Lebih Baik

Spesifikasi DJI Agras T50 (4)
sc: Heliguy

Fitur DJI Agras T50 yang menjadi nilai jualnya adalah sistem penyemprotannya. Drone ini menawarkan pilihan kepada pengguna  yakni dua dan empat sistem penyemprotan. Dengan menyesuaikan volume output sesuai kebutuhan, penyemprotan dan pemupukan menjadi tepat guna. Drone juga dilengkapi tangki berkapasitas 75 liter.

Selain itu, adanya katup selenoid yang digunakan di sistem penyemprotan juga dapat meminimalisir kebocoran. Ditambah lagi dengan saluran spiralnya, penyemprotan menjadi lebih halus dengan jangkauan area dan radius penyebaran sampai 8 meter. Untuk perbandingan pilihan sistem penyemprotan ini dapat dilihat pada tabel berikut:

Pilihan Sistem Penyemprotan Kapasitas Penyemprotan
2 Penyemprot 16 Liter / Menit
4 Penyemprot 24 Liter / Menit
Penyebaran granul 108 Kilogram / Menit

Sementara, untuk jangkauan area yang dicover drone ini tergantung pada mode operasi atau segmentasi yang dipilih. Baik untuk penyemprotan ladang dan sawah, perkebunan, maupun penyemprotan benih (granul). Selengkpanya di tabel bawah ini:

Mode Pengoperasian dan Peruntukan Cakupan Area
Ladang / Sawah 21 Hektare / Jam
Perkebunan 4 Hektare / Jam
Penyebaran benih granul 1500 Kilogram butiran / Jam

Baca juga: 5 Manfaat Drone untuk Pertanian dan Tantangannya

2. Penerbangan yang Aman

Spesifikasi DJI Agras T50 (2)
sc: DJI Agriculture

Peningkatan dan pembaruan selanjutnya adalah dari segi performa penerbangan. Sebagaimana dilansir dari laman Heliguy, pembaruan ini khususnya untuk keamanan waktu penerbangan di udara, kestabilan dan performa baterai. Berikut spesifikasi DJI Agras T50 dari segi sistem penerbangan selengkapnya:

  • Upgrade Sistem Transmisi: DJI Agras T50 memiliki sistem transmisi DJI O3 dengan empat antena. Dimana koneksinya ditingkatkan, jadi pengguna bisa mengendalikan drone jarak jauh hingga 2 kilometer. Selain itu, Anda bisa menggunakan fitur DJI Relay untuk memperpanjang jarak jangkau dan transmisi lebih stabil.
  • Radar yang Ditingkatkan: radar yang digunakan di drone ini adalah dua buah tipe Active Phased Array dengan sensor visual binokular. Perangkat pendukung tersebut dapat diintergrasikan dalam pemetaan lingkungan sekitar saat akan melakukan penyemprotan secara akurat. Keduanya juga berfungsi untuk mendeteksi rintangan secara otomatis di area penyemprotan. Hal itu membuat drone leluasa diterbangkan di area yang sulit sekalipun dan dapat mengikuti kontur medan lereng.
  • Baterai kapasitas besar: drone menggunakan baterai pintar jenis DB1560 berkapasitas 30Ah dan bisa diisi ulang sampai dengan 1500 kali. Baterai juga bisa diisi ulang dengan perangkat C8000 Intelligent Charger berkapasitas 7.200 W. Inilah yang membuat pengisian daya baterai lebih cepat dan bisa diandalkan di berbagai kondisi.

Keamanan di sini tidak hanya performa saat penerbangan saja, melainkan juga keamanan data pengguna. Dalam hal ini, DJI lebih mengedepankan pada privasi data dan pengguna memegang kendali penuh atas data yang dimiliki.

Dengan kata lain, tidak ada foto, video, log penerbangan secara default yang disinkronisasi dengan DJI. Jadi, drone ini menyimpan data lokal yang ada di controller dan drone. Anda pun dapat memilih menyimpan data ini dan membaginya di server DJI.

3. Meningkatkan Efisiensi Sektor Agrikultur

Spesifikasi DJI Agras T50 (5)
sc: PrismaTech

Tak hanya di situ saja, DJI Agras T50 juga dibekali dengan sejumlah fitur unggulan. Khususnya software yang diperbarui. Tujuannya tidak lain adalah meningkatkan fleksibilitas operasi dan efisiensi industri pertanian. Di antaranya adalah:

  • Manajemen Multi-Plot: dimana fitur ini dapat membagi satu lahan pertanian untuk pengoperasian tertentu. Dengan begitu, penyemprotan dan penyebaran pupuk lebih merata dan tertarget dengan baik.
  • Penyemprotan Samping: DJI T50 memiliki empat penyemprot yang bisa mengubah bagian sisinya tanpa harus menggantinya. Ini akan membuat penyemprotan optimal sampai area pinggir lahan sekalipun dan menghemat daya baterai.
  • Rute dan Area Penyemprotan yang Lebih Luas: pengguna dapat menyesuaikan rute dan jarak penyemprotan sampai dengan 72 meter. Sedangkan untuk penyebaran adalah 25 meter.
  • Rute Penerbangan yang Tersegmentasi: pengguna atau pilot drone dapat menyesuaikan rute penerbangan sesuai dengan tata letak area perkebunan atau pertanian yang akan disemprot.
  • Bisa untuk Penyebaran Benih: DJI Agras T50 kini memiliki opsi untuk penyebaran benih dalam bentuk granular kering. Ini sangat cocok untuk penggunaan di industri perkebunan maupun kehutanan.

Drone sprayer ini juga kompatibel dengan software DJI SmartFarm. Perangkat lunak pertanian modern tersebut dapat digunakan dalam menyederhanakan operasi drone harian. Termasuk melindungi tanaman hingga manajemen plot dengan visualisasi yang unggul.

Baca juga: 7+ Cara Merawat Drone Pertanian yang Wajib Anda Tahu!

Penutup

Spesifikasi DJI Agras T50
sc: Facebook/DJI Agriculture

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan jika drone sprayer pertanian DJI Agras T50 sangat direkomendasikan untuk industri agrikultur dengan skala sedang hingga besar. Mengingat kemampuannya yang mampu meningkatkan efisiensi. Baik biaya pengeluaran maupun sumber daya manusia. Tertarik untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai drone pertanian ini? Anda dapat klik laman ini.

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>