DJI EnterpriseDrone thermal memiliki banyak keunggulan. Khususnya dalam melakukan operasi di area dengan suhu tinggi dan sulit dijangkau oleh manusia. Salah satunya adalah DJI Matrice 30T yang juga dikenal dengan ‘drone polisi’, karena sering digunakan untuk memantau keamanan publik. Seperti apa spesifikasi DJI Matrice 30T dan fiturnya? Simak selengkapnya!

Spesifikasi DJI Matrice 30T

Mengenai spesifikasi DJI Matrice 30T secara umum bisa dilihat selengkapnya pada tabel di bawah ini:

Dimensi 365 × 215 × 195 mm (dilipat)
Bobot 3.7 Kilogram (termasuk baterai)
Lama Penerbangan 36 Menit
Lama Melayang di Udara 41 Menit
Suhu Saat Dioperasikan -20° to 50° C
Sensor Kamera ½ inci CMOS
Pencitraan Thermal Uncooled VOx Microbolometer
Sensor Laser Rangefinder
Ketahanan Air IP55
Resolusi Kamera Zoom 48MP
Resolusi Kamera Thermal 640 x 512 Pixel

Baca juga: Apa Itu Thermal Drone dan Fungsinya?

Keunggulan Drone DJI Matrice 30T

Adapun keunggulan dari fitur DJI Matrice 30T dapat dilihat dari berbagai aspek. Mulai dari desain, kamera dan sensor, hingga performanya. Melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa di antaranya:

1. Desain Ringkas dan Kokoh

dji matrice 30 (2)
sc: The Verge

Selama ini ada anggapan jika drone enterprise memiliki desain yang besar, berat, dan memerlukan uasha ekstra untuk membawanya. Namun, tidak demikian hanya dengan DJI Matrice 30T yang ringkas. Sehingga, dapat meningkatkan portabilitasnya dalam kondisi-kondisi terentu.

Bobotnya hanya berkisar 3.77 kilogram saja. Tentu, dengan bobot ringan ini bisa nyaman dibawa ke mana saja. Terlebih lagi ketika drone dilipat, Anda bisa memasukkannya ke dalam tas ransel sekalipun. Ini juga memudahkan petugas ketika melakukan inspeksi saat keadaan darurat maupun di tempat yang terpencil dan sulit diakses.

Baca juga: Mengenal DJI Matrice 30, Drone Tangguh di Segala Kondisi Cuaca

2. Kamera dan Sensor Canggih

Spesifikasi DJI Matrice 30T (1)
sc: DJI Enterprise

Salah satu keunggulan dari drone thermal ialah kamera dan sensor canggih yang dimilikinya. Sensor kameranya berukuran ½ inci CMOS dan mampu merekam video dalam 4K 30FPS. Resolusi kameranya sebesar 48MP untuk kamera zoom dan 12MP di wide camera. Ini tentu bisa menghadirkan gambar yang lebih jelas, termasuk dalam kondisi yang minim cahaya sekalipun.

Sensor lainnya adalah laser rangefinder untuk pengukuran objek yang semakin akurat. Jarak jangkauan dan pendeteksiannya mampu hingga 3-1200 meter dengan tingkat akurasi 0.2 m+d 0.15%. DJI M30T juga dilengkapi dengan kamera termal radiometrik beresolusi 640 x 512 piksel. Selain itu, memiliki mode gambar inframerah dengan resolusi tinggi 1280 x 1024.

3. Tangguh di Berbagai Kondisi Cuaca

dji matrice 30 (4)
sc: DJI

Sebagai drone yang ditujukan untuk inspeksi dan keamanan publik, DJI Matrice 30T dirancang dengan desain kokoh dan tangguh di berbagai kondisi cuaca. Adanya sertifikasi ketahanan air IP55 membuatnya mampu digunakan di lingkungan ekstrem sekalipun. Sebab, ketahanan ini mampu tahan dari angin kencang maupun hujan ringan.

Hal yang sama berlaku juga pada remote controller DJI RC Plus yang digunakan. Remote ini pun mengantongi sertifikasi IP54. Itu bisa membuatnya tahan terhadap debu, air, dan cuaca ekstrem saat digunakan bersama drone. Saat cuaca buruk tersebut, remote tetap responsif dan intuitif.

Baca juga: Amankah Menerbangkan Drone DJI Saat Hujan? Ini Jawabannya!

4. Penerbangan yang Aman

dji matrice 30 (7)
sc: DJI

Keunggulan tidak hanya dari fitur yang dimilikinya saja. Dalam hal penerbangan dan manuver, DJI Matrice 30T juga bisa diandalkan. Bahkan, dapat menghindari rintangan, tabrakan, dan benturan secara otomatis. Ini berkat sensor omnidirectional yang dimilikinya. Dimana sensor anti-tabrak tersebut sama seperti yang digunakan pada seri DJI M300.

Baterai jenis TB30 yang dimilikinya, mampu membuat penerbangan sekana 41 menit. Ada pula fitur Three-Propeller untuk pendaratan darurat. Baling-balingnya pun mengadopsi mode High-Altitude Low-Noise yang membuatnya tidak berisik. Adanya Health Management System memudahkan pengguna dalam melihat kondisi kesehatan drone pada komponen-komponen penting. Jadi, ketika ada kerusakan dapat segera tertangani.

5. Kompatibel dengan Ekosistem DJI Enterprise Terbaru

dji matrice 30 (3)
sc: DJI

Di samping kemampuan di atas, DJI Matrice 30T kompatibel dengan ekosistem DJI Enterprise terbaru. Misalnya saja dapat digunakan dengan DJI Dock dalam mengisi ulang daya baterai drone yang memungkinkan dalam melakukan inspeksi jarak jauh dengan praktis dan otomatis.

Drone juga kompatibel untuk diintegrasikan dengan software FlightHub 2. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk manajemen penerbangan inspeksi drone profesional. Sinkronisasi FlightHub 2 dengan DJI Matrice 2 memungkinkan pengguna untuk berkoordinasi dan mengelola tim dengan mudah. Khususnya tim di darat, pengendalian drone, payload, dan mengamankan data dengan cepat.

Baca juga: Mengenal Software DJI FlightHub 2 untuk Pemetaan Drone

Cocok untuk Apa Drone Ini?

dji matrice 30 (1)
sc: Gizmochina

DJI Matrice 30T dirancang khusus menggunakan teknologi sensor dan kamera terbaik dan tangguh di berbagai kondisi. Tak salah jika drone ini dipilih instansi maupun perusahaan. Khusus untuk instansi, DJI Matrice 30T dapat digunakan untuk melakukan pemantauan dan keamanan publik. Beberapa di antaranya adalah:

  • Drone dapat digunakan untuk mitigasi kebakaran dengan mendeteksi titik api di area terbuka dan luas, seperti kebakaran hutan dan lahan.
  • Tim SAR bisa menggunakan drone ini untuk mencari korban hilang, terutama pada malam hari.
  • Membantu tugas kepolisian untuk pengawasan dan respon cepat.
  • Di bidang agrikultur, drone thermal dapat digunakan untuk memantau tanaman, memeriksa kontur tanah, dan menggembalakan ternak di area luas.
  • Untuk sektor infrastruktur, DJI Matrice 30T dapat menginspeksi proyek besar seperti jembatan, gedung bertingkat, dan jalan raya, serta memeriksa jaringan kelistrikan dan panel tenaga surya.
  • Dalam pertambangan dan perminyakan, drone digunakan untuk mengecek jaringan pipa dan mendeteksi kebocoran gas dengan teknologi Optical Gas Imaging (OGI), berkat kemampuan thermografi yang dimilikinya.

Baca juga: 5 Drone Thermal Terbaik untuk Proyek dan Inspeksi

Penutup

Spesifikasi DJI Matrice 30T
sc: DJI Enteprise

Jika dilihat dari ulasan di atas, drone DJI Matrice 30T adalah pilihan tepat untuk industri dan instansi. Terutama dalam memenuhi kebutuhan pengawasan dan keamanan di lingkungan yang ekstrem sekalipun.

Dengan begitu, dapat meminimalisir risiko bagi para pekerja ketika melakukan inspeksi. Selain itu, akan lebih efisien dalam menjangkau area yang sulit. Ingin tahu lebih lanjut mengenai drone ini? Anda bisa klik link ini!

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>