Thermal drone - fi

Doran GadgetSeiring perkembangan teknologi, penggunaan drone semakin meningkat di berbagai sektor. Bahkan, saat ini drone dibagi menjadi beberapa jenis salah satunya adalah thermal drone atau drone thermal.

Dari segi desain dan fiturnya, drone ini memang memiliki beberapa perbedaan dengan drone konvensional. Lalu, bagaimana cara kerja drone ini dan fungsinya? Simak ulasannya yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget yang dihimpun dari Halo Robotics dan sumber lainnya.

Mengenal Thermal Drone dan Cara Kerjanya

Sebagaimana disinggung sebelumnya, drone thermal memiliki desain dan fitur yang beda dengan drone biasa. Hal itu terlihat dari kamera yang dimilikinya dan bodi luarnya yang didesain tahan terhadap panas. Kamera ini memanfaatkan suhu panas untuk menangkap gambar penginderaan.

Biasanya, hasil penginderaan kamera thermal menunjukkan warna biru sampai merah. Dimana warna-warna tersebut menunjukkan suhu yang berbeda dari berbagai aspek seperti struktur, kontur tanah, objek, orang, dan lain sebagainya. Misalnya, untuk lingkungan dengan suhu rendah digambarkan dengan warna biru. Sementara, suhu tinggi adalah warna merah.

Tidak hanya warna tersebut saja, untuk kamera thermal canggih memiliki variasi tampilan lebih baik. Termasuk 12 palet warna yang menunjukkan suhu berbeda pada kamera Zenmuse H20T.

Baca juga: 7 Jenis Drone yang Sering Digunakan untuk Berbagai Aktivitas

Fungsi Drone Thermal

dji matrice 30 (4)

Penggunaan dan fungsi thermal drone kebanyakan untuk berbagai proyek penting. Ini karena drone dengan kamera thermal memiliki tingkat akurasi dan presisi yang tinggi. Di samping itu, dapat meminimalisir biaya dan waktu yang lebih efisien. Beberapa penggunaannya antara lain adalah:

  • Sebagai alat mitigasi pemadam kebakaran untuk meminimalisir risiko kru pemadam. Dimana drone dapat digunakan untuk mendeteksi titik api di area terbuka dan luas. Misalnya mitigasi kebakaran hutan dan lahan.
  • Digunakan oleh tim SAR dalam bidang kebencanaan. Sebagai contoh mendeteksi korban hilang. Terutama mitigasi di malam hari. Begitu pun penggunaan untuk tugas-tugas kepolisian.
  • Penggunaan di bidang agrikultur untuk mengecek kontur tanah, memantau tanaman, hingga penggunaan untuk penggembalaan ternak pada area yang luas.
  • Anda juga dapat menggunakan drone ini untuk menginspeksi perkembangan proyek besar seperti pembangunan jembatan, gedung bertingkat, jalan raya, dan lainnya. Termasuk untuk menginspeksi jaringan kelistrikan maupun area panel untuk tenaga surya.
  • Pemantauan untuk proyek pertambangan dan perminyakan. Sebagai contoh untuk mengecek jaringan pipa, hal itu dimungkinkan karena drone yang dilengkapi thermograf dapat digunakan pula untuk penginderaan optik gas dan pertambangan atau Optical Gas Imaging (OGI).

Baca juga: Cara Pemetaan Menggunakan Drone untuk Proyek Anda

Pertimbangan Saat Memilih Thermal Drone

Cara kerja drone dengan kamera thermal memang dipengaruhi beberapa faktor seperti cuaca, sudut pandang, atmosfer, jarak pantau, hingga pemilihan waktu. Di samping itu, jika Anda menginginkan hasil optimal, maka perhatikan hal berikut ini saat memilih thermal drone yang bagus:

  • Besaran gambar yang mampu diamati kamera atau dikenal dengan Field of View (FOV). Di sini, Anda bisa memilih opsi tipe kamera Hybrid Thermal Payloads.
  • Fitur pengaturan isotermal otomatis yang mudah disesuaikan dan software yang mendukung. Di sini penting bagi Anda untuk update software agar mendapatkan hasil lebih presisi dan akurat.
  • Tahan terhadap berbagai kondisi panas maupun lembap serta hujan dan kabut. Ini penting agar komponen drone tetap aman dan tidak kemasukan air yang membuatnya tidak optimal bahkan rusak.

Baca juga: Mengenal DJI M2EA – Drone Ergonomis dengan Kamera Thermal untuk Pemetaan

Penutup

Itu dia ulasan mengenai thermal drone yang memiliki fungsi sangat penting untuk pengamanan aset vital dan pemetaan. Penggunaan drone ini pun perlu pelatihan khusus dan keterampilan pilot drone. Sebab, hal ini tentu berbeda dengan drone konvensional. Khususnya dalam pengambilan gambar maupun pembacaan datanya.

Maka dari itu, selain memilih drone terbaik pastikan sumber daya untuk mengoperasikannya juga mumpuni. Anda bisa mendapatkan drone thermal DJI di official resmi seperti Doran Gadget selaku official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, DJI Bali, dan DJI Manado. Kami menjual drone original dengan garansi resmi pabrikan. Informasi lebih lanjut, hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

>