Doran GadgetDrone tidak hanya digunakan untuk mengambil foto dan video yang sinematik untuk keperluan pembuatan film saja. Di sisi lain, keberadaan drone kini sangat membantu dalam pemetaan di proyek-proyek tertentu. Khususnya pemetaan dengan area yang luas dari udara. Seperti apa tahapan dan cara pemetaan menggunakan drone ini? Simak ulasannya yang telah dihimpun oleh tim Doran Gadget dari berbagai sumber.

Tahapan Pemetaan Menggunakan Drone

Berikut beberapa tahapan yang perlu dilakukan untuk pemetaan menggunakan drone. Mulai dari proses awal hingga pemrosesan gambar.

1. Menyusun Flight Plan dengan Baik

Sebagai tahapan awal, Anda perlu membuat perencanaan penerbangan (flight plan). Di sini, Anda perlu mengetahui drone apa yang sesuai untuk proyek. Contohnya adalah drone DJI Phantom Series maupun DJI Mavic Pro Series. Termasuk juga gambaran area yang akan dipetakan dengan format SHP maupun KML.

Penting pula bagi Anda untuk menentukan aplikasi apa yang akan digunakan dalam mendukung pemetaan nantinya. Bisa dengan menggunakan aplikasi dari pihak ketiga maupun aplikasi dari pabrikan seperti aplikasi DJI Terra maupun DJI FlightHub untuk pemetaan menggunakan drone DJI.

Baca juga: 5 Aplikasi Pemetaan Drone untuk Proyek Anda

2. Pengukuran dan Pemasangan Waypoint

Selanjutnya, dalam pemetaan menggunakan drone tentukanlah pengukuran dan pemasangan titik bantu atau disebut juga waypoint. Titik bantu ini diperlukan dalam meningkatkan akurasi ketika melakukan pengukuran area dengan drone. Biasanya, pengukuran dan pengamatan titik bantu ini dengan cara metode jaring. Hal ini agar dapat mempertimbangkan bentuk jaringan atau kekuatannya.

Ketika menentukan titik bantu atau waypoint ini, pastikan di area untuk pemetaan tidak ada pohon. Terutama pohon yang cukup tinggi agar drone bekerja dengan optimal. Begitu juga dengan area pemetaan proyek tidaklah terlalu besar maupun terlalu kecil. Untuk hal ini, Anda dapat menginstall software seperti mission planner.

3. Tahapan Lepas Landas

DJI Phantom 4 Pro, dji phantom, phantom 4, dji phantom 4 pro+, harga drone phantom 4, harga dji phantom 4

Tahapan  yang ketiga ialah lepas landas. Di sini, pastikan semua tahapan di atas sudah terancang dengan baik. Saat proses take-off  ini pengguna haruslah menyambungkan donre DJI dengan smartphone menggunakan aplikasi DJI Fly. Setelah itu, lakukan konfirmasi apabila drone sudah siap diterbangkan.

Di sisi lain, jika menggunakan drone custom untuk proyek tertentu sepertu air mapper maupun air surveyor, dapat dilakukan dengan transmitter khusus saat arming. Sebagai catatan, saat lepas landas pastikan fitur RTH drone sudah aktif dan cuaca dalam kondisi bagus. Misalnya tidak berangin, berkabut, mendung, dan hujan.

Baca juga: 4 Spesifikasi Drone Untuk Pemetaan

4. Pemetaan Menggunakan Drone – Akuisisi Data

Tahapan keempat ialah proses akuisis data. Terdapat dua metode yang bisa dipilih oleh surveyor. Yakni menggunakan fotogrametri dengan format kecil drone dan pengukuran teliti yang menggunakan GPS geodetik. Tujuannya untuk mendapatkan koordinat dari titik bantu tadi yang dapat dijadikan acuan untuk sistem koordinat peta.

Pengambilan gambar atau foto dapat dilakukan setelah premark telah terpasang. Namun, di sini yang harus diperhatikan ialah syarat minimal pengambilan datanya yakni 70% sidelap dan overlap pada tingkat 80%.

Selanjutnya, Anda dapat melakukan pengecekan kualitas data yang sudah diambil dengan dua cara. Pertama, menggunakan quality control premark dengan GPS geodetik. Ini ditujukan agar posisi premark sudah tepat. Kedua, kontrol dengan meliputi area dengan memperhatikan overlap dan sidelap sesuai ketentuan dan drone menjangkau seluruh area yang dipetakan.

5. Peninjauan Foto dan Pemrosesan Gambar

Tahapan pemetaan menggunakan drone yang terakhir ialah melakukan peninjauan dan pemrosesan gambar. Di sini, Anda bisa menggabungkan data dari premark maupun data GPS geodetik. Selanjutnya, data tadi diolah menggunakan software LIDAR. Adapun tahap pemrosesan ini terdiri atas orthomosaic image (3D) hingga map layout serta reporting.

Untuk melakukan proses pengunggahan ini, biasanya memerlukan waktu beberapa menit. Bahkan memakan waktu beberapa jam. Hal tersebut tergantung pada koneksi internetnya. Dalam tahapan ini, Anda dapat pula menghapus atau meninjau kembali foto yang dinilai kurang relevan.

Baca juga: Mengenal Software DJI FlightHub 2 untuk Pemetaan Drone

Penutup

DJI Phantom 4 Pro, dji phantom, phantom 4, dji phantom 4 pro+, harga drone phantom 4, harga dji phantom 4

Setidaknya itulah tahapan dan cara pemetaan menggunakan drone yang bisa dilakukan untuk membantu proyek Anda. Terutama untuk proyek berskala besar dengan cakupan area yang cukup luas. Kini, Anda bisa mendapatkan drone untuk pemetaan dari DJI hanya di Doran Gadget.

Sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, ada berbagai promo dan program menarik untuk pembelian melalui store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi selengkapnya, hubungi CS kami via WhatsApp di sini dan jangan lupa follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang berlaku.

Artikel terkait:

× WhatsApp