Doran GadgetAplikasi pemetaan drone jadi salah satu bagian penting dalam mengamati objek di berbagai proyek. Aplikasi mapping ini ada yang dari pabrikan dan pihak ketiga. Adapun fitur yang bisa digunakan seperti pemetaan bentang alam atau topografi, kesehatan tanaman, mengetahui cuaca, dan lain sebagainya. Apa saja yang bisa Anda pilih? Simak ulasannya di artikel yang sudah dirangkum tim Doran Gadget ini.

Aplikasi Pemetaan Drone

Berikut beberapa aplikasi pemetaan drone yang bisa Anda gunakan untuk berbagai keperluan proyek Anda. Mulai dari pemetaan letak geografis, pertanian, dan lain sebagainya.

1. Litchi

Rekomendasi yang bisa Anda gunakan untuk pemetaan pertama yakni Litchi. Aplikasi pemetaan ini berbayar dan dapat digunakan untuk sistem operasi Android dan iOS. Kerennya lagi, aplikasi Litchi ini bisa digunakan dalam pengaturan autopilot pada drone. Drone DJI yang kompatibel untuk aplikasi ini di antaranya seri Mavic, Phantom, Inspire, dan Spark.

Lalu, fitur unggulan lainnya adalah pengguna bisa mengaktifkan first person dan waypoint menggunakan VR. Ada juga mode fokus untuk gerakan horizontal dengan menggunakan gimbal. Mode orbitnya pun lebih stabil saat mengelilingi orbit dan memiliki sistem pengendalian yang berbasis Bluetooth dengan koneksi stabil.

Baca juga: 4 Spesifikasi Drone untuk Pemetaan

2. WebODM

Aplikasi pemetaan drone berikutnya WebODM yang cocok untuk penggunaan pemetaan di lapangan. Aplikasi ini dirancang khusus untuk berbagai platform drone seperti DJI Air 2S. Berbagai data yang bisa diperoleh dari pemetaan menggunakan WebODm di antaranya Ground Control Points (GCP) dan Orthomosaic hingga 3D Models.

Berbagai fitur lainnya adalah Point Clouds dan Contours untuk melihat bentang alam. Kemudian, untuk pemetaan yang berkaitan dengan agraria, WebODM dapat dilihat untuk melihat kesehatan tanaman, pengukuran tinggi, dan memproses data dari gambar multispektral. Aplikasi pemetaan drone ini berbayar dengan harga mulai dari 29US$ per bulannya.

3. Aplikasi Pemetaan Drone – Dronelink

Ketiga ada Dronelink yang memungkinkan pengguna untuk menerbangkan drone secara otomatis. Termasuk mengembangkan model 3D dari objek yang dipetakan dengan cepat hanya dalam hitungan detik.

Keunggulan dari Dronelink adalah ada fitur yang mampu merekam objek pemetaan hingga 360°, orbit, dan lainnya. Hanya saja, sebagian review dari beberapa pengguna menyebutkan ada beberapa kendala seperti setting kamera yang terbatas. Selain itu, saat Dronelink digunakan untuk drone DJI Air 2S dan Mini 2 pada perangkat iOS, pengguna tidak bisa mengakses histogram, fokus target, dan beberapa fitur lainnya.

Baca juga: Aplikasi Dronelink Kini Tersedia untuk Pemetaan Drone DJI

4. Pix4D

Jika Anda menginginkan aplikasi pemetaan drone dengan beberapa fitur yang cukup lengkap, maka Pix4D bisa dijadikan pilihan. Khususnya pemetaan dalam bentuk fotografi dan lainnya. Beberapa aplikasi yang mendukung untuk Pix4D di antaranya adalah Pix4D Mapper, Pix4D Survey, dan Pix4D Matic, serta Pix4D Cloud.

Aplikasi pendukung di atas mampu memberikan hasil lebih jernih untuk fotografi pemetaan drone. Misalnya ketika menggunakan drone DJI Mavic Air 2S dalam resolusi 5.4K. Aplikasi ini memang berbayar, tapi pengguna bisa mencoba trial yang diberikan secara gratis selama 15 hari.

5. DJI FlightHub2

Aplikasi dan software yang terakhir bisa Anda pilih adalah DJI FlightHub 2. Fokus dari software ini adalah melakukan pengumpulan data yang berhubungan dengan topografi alam. Berbagai fiturnya pun sudah disinkronisasikan dengan komputasi awan (cloud) dan kompatibel untuk drone DJI seri Enterprise seperti DJI M30 Series dan M300 RTK.

Pemetaannya menggunakan fitur 2.5D Base Map yang menangkap data-data mengenai ketinggian, bentang alam dan melakukan pengaturan penerbangan dengan mudah. Perekaman objek semakin jelas hingga sudut 360° berkat fitur Panorama Sync. Ditambah lagi dengan fitur pendukung lain seperti Live Annotations untuk menandai garis, titik, dan pola pada peta.

Baca juga: Mengenal Software DJI FlightHub 2 untuk Pemetaan Drone

Mana Aplikasi Pemetaan Drone Terbaik?

DJI Phantom 4 Pro, dji phantom, phantom 4, dji phantom 4 pro+, harga drone phantom 4, harga dji phantom 4

Lantas, mana aplikasi pemetaan drone terbaik untuk digunakan? Hal itu memang tergantung pada kebutuhan dan keperluan Anda. Biasanya, yang cukup sering digunakan adalah Litch dan FlightHub untuk drone DJI. Selain itu, pastikan aplikasi tersebut  kompatibel dengan perangkat drone yang Anda gunakan.

Dapatkan drone pemetaan terbaik dari DJI hanya di Doran Gadget. Sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali, kami menjual produk original dengan garansi resmi dan berbagai promo menarik lainnya. Informasi lebih lanjut, hubungi CS kami via WhatsApp di sini. Follow Instagram Doran Gadget untuk mengetahu berbagai promo yang berlaku.

Artikel terkait:

>