Spesifikasi Sensor Kamera DJI Zenmuse H30 Series

DJI EnterpriseDJI kembali merilis produk di seri enterprise yakni kamera Zenmuse H30 Series. Kamera ini disebut-sebut sebagai seri flagship dari sebelumnya. Dimana menggabungkan keunggulan dari teknologi thermal dan night vision untuk berbagai misi inspeksi hingga keamanan publik. Seperti apa kecanggihannya? Simak review DJI Zenmuse H30 Series dalam artikel kali ini!

Spesifikasi DJI Zenmuse H30 Series

Mengenai spesifikasi DJI Zenmuse H30 Series secara umum bisa dilihat pada tabel berikut:

Dimensi dan bobot 170×145×165 mm / 920±5 Gram
Power H30: 26 W
H30T: 28 W
IP Rating IP54
Kompatibilitas Drone DJI Matrice 300 RTK (dengan DJI RC Plus)
DJI Matrice 350 RTK
Gimbal Stablizer 3-axis (tilt, roll, pan)
Sensor Zoom Camera 1/1.8-inch CMOS, Effective Pixels: 40 MP
Sensor Wide-Angle Camera 1/1.3-inch CMOS, Effective Pixels: 48 MP
Pencitraan Thermal Uncooled VOx Microbolometer
Software Pendukung Pemetaan DJI Terra, DJI FlightHub 2
Software Pendukung Infrared DJI Thermal Analysis Tool 3

Baca juga: Apa Itu Thermal Drone dan Fungsinya? Berikut Penjelasannya!

Keunggulan Fitur DJI Zenmuse H30 Series

Ada beberapa alasan mengapa kamera DJI Zenmuse H30 Series layak dipilih. Khususnya untuk penggunaan berkala besar di dunia industri hingga keamanan publik. Itu karena keunggulan fitur canggih yang dimiliki, di antaranya adalah:

1. Tampilan Gambar yang Lebih Jelas

Spesifikasi DJI Zenmuse H30 Series (5)
sc: DJI Enterprise

DJI Zenmuse H30 Series dibekali dengan kamera 40MP yang mampu menghadirkan zoom dalam kualitas yang jernih. Anda bisa memilih opsi optical zoom sampai dengan 34x pembesaran atau 400x pembesaran untuk digital zoom. Begitu pun saat kondisi berkabut, pengguna dapat mengaktifkan fitur Electronic Dehazing untuk meningkatkan kejernihan gambar yang ditangkap.

Dengan algoritma stabilisasi kamera yang ditingkatkan, dapat meminimalisir guncangan ketika proses pengambilan gambar menggunakan telephoto. Hasil gambar tetap terlihat jelas tanpa adanya blur karena guncangan. Sebagai contoh untuk mengambil gambar inspeksi pada SUTET yang tinggi.

Adanya laser Range Finder membuat pengukuran di jarak yang jauh semakin mudah. Dengan pembaruan 2.5 kali lebih baik dibanding generasi sebelumnya, laser tersebut dapat mengumpulkan informasi dan posisi objek dari jarak 3 meter sampai 3000 meter.

Baca juga: Rekomendasi Drone Night Vision DJI Enterprise untuk Inspeksi Malam

2. Dukungan Night Vision yang Diperbarui

Spesifikasi DJI Zenmuse H30 Series (1)
sc: Drone Nerds

Pemantauan dan inspeksi di malam hari dan kondisi minim cahaya jadi tak masalah. DJI Zenmuse H30 Series memiliki dukungan Night Vision yang diperbarui. Salah satunya adalah kamera wide-angle maupun kamera zoom bisa beralih secara otomatis ke mode Night Scene saat berada di kondisi minim cahaya. Hal ini akan membuatnya lebih efisien ketika mengambil gambar full color.

Masih dalam skenario Night Scene aktif, mendukung untuk penggunaan IR Light yang berfungsi untuk meningkatkan infra merah. Selain itu, juga ada NIR Ilumination yang dapat memperkuat kekontrasan gambar. Terutama untuk area yang gelap dan terang. Ini akan memudahkan tim dalam penggunaan subjek tertentu pada misi SAR maupun inpseksi konservasi satwa liar saat malam hari.

Di sisi lain, kamera wide-angle dan zoom menggunakan algoritma gambar cerdas dengan mengaktifkan fitur Smart Capture. Ketika fitur ini diaktifkan, maka secara otomatis kamera akan menilai tingkat kecerahan lingkungan sekitarnya. Dengan begitu, akan menghasilkan foto dengan transisi yang alami dan detail.

3. Tangguh di Kondisi Ekstrem

Spesifikasi DJI Zenmuse H30 Series (2)
sc: Drone Life

Dalam membahas review DJI Zenmuse H30 Series, penting juga untuk mengetahui performanya. Dimana untuk seri Zenmuse H30T dilengkapi dengan kamera zoom 32x pembesaran beresolusi 1280 x 1024. Kamera tersebut mampu melakukan pengukuran suhu mulai dari -20°C sampai 1600°C (2912° F). Ketangguhan kamera ini dapat membantu pemadam kebakaran mendeteksi titik panas, hingga penyelamatan korban maupun mendeteksi pergerakan satwa liar di alam.

Kamera juga dapat mengaktifkan fungsi Ultra-High Resolution (UHR) yang memastikan gambar tetap jernih. Apalagi mendukung Link Zoom yang membuat operator lebih mudah dalam mengukur gambar thermal dan visible light bersamaan. Tentu, ini akan membantu dalam menemukan subjek yang lebih cepat dan efisien.

Bodi kamera dirancang dengan material tangguh yang tahan di berbagai kondisi. Ditambah lagi dengan dukungan sertifikasi ketahanan air dan debu IP54. Pengguna dapat mengoperasikan kamera ini di suhu ekstrem sekalipun  -20° hingga 50° C (-4° hingga 122° F).

Baca juga: 5 Drone Thermal Terbaik untuk Proyek Anda

Penggunaan Kamera DJI Zenmuse H30 Series

Spesifikasi DJI Zenmuse H30 Series
sc: Peta Pixel

Kamera DJI Zenmuse H30 Series dapat diintegrasikan dengan drone DJI Enterprise lainnya, seperti drone DJI Matrice 350 RTK. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Keamanan Publik: dapat digunakan pihak kepolisian dan lembaga lain dalam memantau keamanan publik, khususnya di malam hari. Seperti respon cepat, rekonstruksi, dan forensik kecelakaan. Termasuk dalam misi penyelamatan korban maupun mitigasi bencana bagi tim SAR.
  • Pemadam Kebakaran: perangkat ini juga bisa digunakan untuk menangani kebakaran di area perkotaan dengan cara mendeteksi suhu dari drone, guna melokalisasi titik panas. Selain itu, dapat digunakan untuk memantau kebakaran hutan, titik api, hingga mitigasi penempatan sumber daya.
  • Inspeksi di Sektor Industri Kelistrikan: digunakan untuk memantau dan inspeksi kerusakan infrastruktur kelistrikan di area yang sulit dijangkau. Seperti yang berada di atas menara SUTET. Ini akan menghemat waktu dan meminimalisir risiko kecelakaan kerja sepenuhnya dibanding menggunakan cara tradisional.
  • Inspeksi Sektor Tambang dan Migas: digunakan untuk inspeksi dan monitoring infrastruktur tambang dan migas. Begitu pun untuk melakukan monitoring saluran pipa gas, hingga eksplorasi kilang migas di lautan lepas.

Tidak hanya itu saja, kamera ini juga dapat digunakan untuk pemantauan dan inspeksi di sektor konservasi. Baik itu konservasi perairan maupun konservasi kehutanan. Dalam hal konservasi kehutanan, tidak hanya digunakan dalam memantau vegetasi saja, melainkan juga pemantauan terhadap pergerakan fauna yang ada di hutan tersebut. Terutama untuk satwa-satwa yang dilindungi.

Baca juga: 7 Penerapan Drone Inspeksi untuk Berbagai Industri & Publik

Penutup

Spesifikasi DJI Zenmuse H30 Series (3)
sc: Helicam

Dari review DJI Zenmuse H30 Series di atas, dapat disimpulkan jika sensor kamera ini sangat membantu dalam hal inspeksi. Khususnya di sektor industri besar, keamanan publik, dan lain sebagainya. Terlebih untuk instansi seperti SAR, kepolisian, dan lain lembaga terkait lainnya. Ingin tahu informasi lebih lanjut seputar produk ini dan sensor kamera terbaik DJI Enterprise? Anda bisa klik di sini!

Semoga bermanfaat!

*Baca juga artikel lainnya dari Doran Gadget di Google News dan WA Channel

Artikel terkait:

>