Penerapan Drone Inspeksi (2)

Doran GadgetPenerapan drone inspeksi saat ini mulai berkembang. Baik itu untuk dunia industri berskala menengah hingga besar maupun untuk pelayanan publik.  Tentu, dengan drone membuat semuanya menjadi lebih mudah dan efisien. Apa saja industri yang memerlukan drone dalam melakukan inspeksi? Anda bisa simak ulasannya di artikel ini!

Penerapan Drone Inspeksi

Ada beberapa sektor industri penting dan pelayanan publik yang perlu menggunakan drone untuk melakukan inspeksi mereka. Di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Inspeksi dalam Industri Kimia

drone untuk industri minyak dan gas
sc: dji-official.com

Industri kimia jadi sektor industri yang cukup krusial. Sebab, industri ini harus mengelola bahan berbahaya setiap harinya. Maka dari itu, inspeksi harus dilakukan dengan rutin untuk menghindari kecelakaan kerja. Dengan drone, pemantauan visual lebih baik dan karyawan terhindar dari kontaminasi bahan berbahaya.

Adapun bagian yang dapat dilakukan pemeriksaan menggunakan drone antara lain pada sistem saluran dan kabel, saluran penghisap, tangki penyimpanan bahan, dan tangki fermentasi. Termasuk juga pemantauan pada kontainer penyimpanan. Jika kontainer ini tidak dikelola dengan baik, dapat menimbulkan masalah serius.

Baca juga: 5 Rekomendasi Drone Inspeksi Terbaik untuk Industri

2. Inspeksi pada Pembangkit Listrik

Penerapan Drone Inspeksi (1)
sc: DJI

Bagi sektor pembangkit listrik, inspeksi rutin wajib dilakukan untuk memastikan semua infrastrukturnya berjalan dengan baik. Misalnya pada menara SUTET dan bagian-bagian penting lainnya yang memiliki aliran listrik tinggi. Hanya saja inspeksi dengan cara lama akan membahayakan pekerja dan memakan waktu lama.

Penggunaan drone mengatasi kedua masalah ini, memungkinkan perusahaan mendapatkan jawaban lebih cepat atas masalah yang dihadapi serta tetap menjaga keselamatan para pekerja. Drone bisa diandalkan menilai kondisi turbin angin, memeriksa kondisi cerobong asap, dan bahkan mengawasi pembakar batubara. Termasuk pada pembangkit listrik tenaga air, tenaga nuklir, maupun panel surya.

3. Inspeksi dalam Memantau Konstruksi

sc: Aeromotus

Berikutnya, drone inspeksi bisa digunakan dalam memantau suatu proyek konstruksi. Dengan begitu, para manajer proyek dan supervisor  memantau kemajuan setiap proyek secara cepat dan hemat biaya. Tak hanya itu saja, drone dapat membantu memberikan informasi menyeluruh pada situs konstruksi secara akurat.

Sebagai contoh, drone bisa dijadikan perangkat dalam membuat pemetaan area secara mendetail. Perusahaan maupun kontraktor pun jadi lebih mudah dalam menentukan lokasi terbaik pada proyek konstruksi. Termasuk dalam mengidentifikasi potensi masalah yang ada seperti masalah pada tanah, area sekitar konstruksi, timbunan, hingga keselamatan para pekerja.

Baca juga: 5 Manfaat Drone untuk Infrastruktur dan Konstruksi

4. Penerapan Drone Inspeksi Infrastruktur

sc: DJI

Selain konstruksi, penerapan drone inspeksi penting dilakukan pada sektor infrastruktur untuk pelayanan publik. Beberapa di antaranya seperti inspeksi pada jalur kereta api, turbin angin, inspeksi untuk jalan raya, jembatan, landasan pacu maupun menara udara di bandara. Drone dinilai lebih baik karena mampu menghasilkan visualisasi yang jelas dan baik.

Sebagai contoh untuk melakukan inspeksi visual pada infrastruktur jembatan, seorang pekerja harus naik ke posisi tinggi seperti menara dan membawa alat yang berat. Ini akan memakan waktu lama dan berisiko. Dengan drone, semua bisa dilakukan dalam waktu hitungan jam saja dan itu sudah menyeluruh.

5. Inspeksi di Industri Pertambangan

manfaat drone untuk pertambangan
sc: halorobotics.com

Monitoring dan inspeksi sangat penting untuk kesuksesan setiap operasi pertambangan, terutama dalam hal tailing dams. Tailing dams digunakan sebagai bendungan untuk menyimpan limbah atau material berkualitas rendah tersebut setelah dipisahkan dari bahan berharga. Bendungan ini memiliki potensi berbahaya bagi lingkungan, masyarakat sekitar, dan juga bagi mereka yang bertugas memantau dan memeriksa keberlanjutan bendungan tersebut.

Penggunaan drone untuk monitoring dan inspeksi tidak hanya terbatas pada tailing dams. Drone juga sering digunakan untuk tambang bawah tanah, terutama dalam inspeksi situs tambang bawah tanah untuk area stopes (area bawah tanah yang terbentuk setelah dilakukan peledakan di area tertentu). Area-area ini perlu dianalisis mengenai stabilitas, menentukan jumlah backfill yang tepat, dan mengidentifikasi area yang membutuhkan dukungan tambahan.

Baca juga: 4 Rekomendasi Drone Tambang DJI Beserta Perangkatnya

6. Industri Pertanian (Agraria)

Drone pertanian, Harga drone pertanian, Fungsi drone pertanian, Drone pertanian DJI, DJI Agras (2)
sc: DJI Agriculture Series

Industri pertanian atau agraria juga banyak memanfaatkan drone untuk membantu inspeksi mereka. Begitu pun dengan industri sektor peternakan. Para pemilik lahan dapat menggunakan drone untuk memantau kesehatan tanaman, memantau ternak, hingga perencanaan irigasi. Terlebih lagi untuk area lahan yang cukup luas.

Bagi pertanian, drone dapat mendeteksi tanaman dengan mengirimkan inspeksi secara visual. Dengan begitu, Anda lebih mudah memantau mana tanaman yang sehat dan memerlukan perawatan. Untuk peternakan, drone membantu mengidentifikasi bahan berbahaya yang dapat menyebabkan masalah pada hewan ternak.

7. Inspeksi Sektor Keamanan Publik

drone polisi (1)
sc: Youtube/DJI

Penerapan drone inspeksi yang terakhir adalah untuk sektor keamanan publik. Keberadaan drone untuk aktivitas pelayanan publik sangat membantu di setiap misi. Contohnya untuk menemukan orang hilang dalam misi SAR, pemantauan kebakaran hutan, pemantauan satwa dalam area konservasi, dan lain sebagainya.

Drone ini biasanya dilengkapi dengan kamera dan sensor khusus dalam menghasilkan peta orthomosaic. Adanya kamera thermal juga mampu membantu menemukan korban yang berada di bawah puing-puing dengan deteksi melalui suhu tubuh. Dengan begitu, penanganan korban dapat dilakukan dengan segera.

Baca juga: 5 Fungsi dan Manfaat Penggunaan Drone Lalu Lintas

Penutup

Spesifikasi DJI Zenmuse L2 (2)
sc: DJI Enterprise

Itu dia Sobat Doran contoh dan penerapan drone inspeksi untuk sektor industri maupun pelayanan publik. Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan jika drone memberikan dampak yang signifikan bagi perkembangan industri modern. Pengerjaan dan pengawasan proyek pun menjadi lebih baik, praktis, efisien, dan meminimalisir risiko terburuk bagi para petugas inspeksi.

Dapatkan drone inspeksi terbaik dari DJI Enterprise hanya di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual adalah barang original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, ada layanan after sales yang bisa didapatkan di setiap pembelian. Informasi pengadaan dan seputar produk hubungi kami via WhatsApp dengan klik di sini!

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>