DJI IndonesiaIndustri pertambangan adalah sektor yang memerlukan akurasi data yang tinggi. Khususnya dalam hal pemetaan maupun inspeksi. Hal tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan drone. Selain akurasi tinggi, penggunaan drone tambang juga meningkatkan efisiensi dan keselamatan para pekerja tambang. Apa saja rekomendasi drone untuk pertambangan beserta perangkatnya? Simak ulasannya yang dihimpun dari laman Halo Robotics dalam artikel kali ini.

Kriteria Drone Tambang

DJI Phantom 4 Pro, dji phantom, phantom 4, dji phantom 4 pro+, harga drone phantom 4, harga dji phantom 4

Sebelum Anda melakukan pengadaan drone untuk pertambangan, terlebih dahulu perhatikan hal apa saja yang menjadi kriteria utamanya. Ini penting agar pemetaan dan semua proses inspeksi pertambangan berjalan dengan baik dan optimal. Berikut beberapa kriterianya yang perlu dipahami:

  • Pastikan drone memiliki ketahanan yang tangguh untuk kondisi maupun suhu di sekitar area operasional pertambangan.
  • Area lokasi operasional pertambangan memiliki jarak yang dapat dilalui drone. Termasuk jarak maintenance peralatan drone. Hal ini akan memudahkan ketika ada masalah pada drone.
  • Cakupan area pemetaan dan inspeksi pertambangan sesuai dengan flight time Anda pun perlu memastikan ketika drone mendarat, kondisi baterainya masih tersisa 20-30%.
  • Perhatikan tingkat akurasi data yang dikirim saat melakukan inspeksi untuk proses penerjemahan data. Misalnya medan yang bergelombang di area pertambangan.
  • Peralatan apa saja yang diperlukan setelah inspeksi dan pemrosesasn. Misalnya hardware maupun GCP. Termasuk juga software terbaik yang digunakan.
  • Pertimbangkan pula bagaimana kinerja drone tersebut apabila tidak menggunakan GPS. Begitu juga dengan kestabilan koneksi internet ketika melakukan pemrosesan data setelah diambil menggunakan drone.

Baca juga: Cara Pemetaan Menggunakan Drone untuk Proyek Anda

Drone untuk Pertambangan dari DJI

Berikut rekomendasi drone tambang beserta perlengkapan pendukungnya yang dapat Anda gunakan untuk proses inspeksi dan pemetaan. Khususnya pertambangan dengan area yang cukup luas dan produksi dalam jumlah besar.

1. DJI Matrice 300 RTK + DJI Zenmuse P1

Rekomendasi drone tambang yang pertama adalah DJI Matrice 300 RTK yang dikombinasikan dengan DJI Zenmuse P1. Kedua perangkat ini dapat digunakan untuk photogrammetry area pertambangan. Perangkat tersebut nantinya menghasilkan foto dalam bentuk orthomosaic yang akurat. Yakni pada 1:500 maupun 1:1000 tanpa menggunakan GCP. Termasuk dalam mengumpulkan informasi dalam format 2D maupun 3D lebih detail.

Keunggulan lainnya dari perangkat ini adalah mampu menghasilkan kualitas HD saat live streaming. Kemudian juga memiliki sistem Dual-RTK GNSS. Di tingkat akurasinya pun cukup unggul, bahkan hingga level sentimeter. Di sektor kamera pun unggul dengan 45 MP full-frame sensor untuk menghasilkan gambar lebih baik dan tajam.

Baca juga: DJI Matrice 300 RTK: Harga dan Spesifikasi

2. DJI Matrice 300 RTK + Hovermap

Selanjutnya ada DJI Matrice 300 RTK dengan Hovermap. Payload dari Emesent Hovermap ini pun sangat membantu drone untuk navigasi di berbagai kondisi. Termasuk di ruangan yang sempit maupun gelap dan tidak dapat dijangkau oleh pandangan manusia. Begitu pun saat tidak terjangkau sinyal GPS. Hal inilah yang membuatnya cocok untuk area pertambangan di bawah tanah sekalipun.

Keunggulan lainnya seperti pemetaan stopes dalam hitungan menit. Pemetaan menggunakan drone juga aman bagi para pekerja. Terutama dalam pemetaan aset kompleks di bagian atas permukaan tanah. DJI Matrice 300 RTK + Hovermap ini dapat digunakan untuk pemetaan 3D dengan basis SLAM. Drone juga memiliki pandangan omnidirectional, basis LiDAR, hingga GPS yang lebih akurat.

3. Drone Tambang – DJI Phantom RTK

Ketiga, Anda dapat memilih DJI Phantom RTK. Dimana drone ini cukup sering digunakan untuk proyek pemetaan maupun inspeksi di sektor pertambangan. Drone ini memiliki kemampuan untuk menangkap dan mengumpulkan informasi yang akurat hingga di tingkatan sentimeter. Data yang dikumpulkan termasuk pembuatan peta georeferenced dalam bentuk 2D maupun 3D untuk model lokasi proyek.

Drone dengan desain yang ringkas ini memiliki sejumlah keunggulan. Misalnya memiliki penadaan geografis yang rinci secara real-time. Kemudian, memiliki tingkat akurasi tinggi 1/10 ft yang dapat digunakan dalam pengukuran stockpile. Dari segi harganya pun, drone DJI Phantom RTK lebih terjangkau.

Baca juga: 4 Rekomendasi Drone RTK untuk Pemetaan Lebih Akurat

4. DJI Matrice 300 RTK + DJI Zenmuse L1

Terakhir yakni DJI Matrice 300 RTK + DJI Zenmuse L1. Kombinasi keduanya cocok untuk solusi pemetaan LiDAR. Hal tersebut karena memiliki tingkat akurasi yang tinggi hingga level sentimeter. IMU yang dimiliki DJI Zenmuse L1 juga akurasinya sangat tinggi. Inilah yang membuatnya bisa diandalkan dalam membuat informasi dalam bentuk 3D untuk operasi pada area yang luas sekalipun.

Adapun kameranya memiliki resolusi 45 MP full-frame sensor. Lalu, ada pula fitur automated inspection yang memudahkan pengguna. Termasuk data berupa real-time true color point clouds. Termasuk juga penggunan di berbagai kondisi cuaca maupun penerbangan dan operasional di malam hari.

Penutup

Itulah beberapa rekomendasi drone tambang beserta perlengkapannya yang bisa Anda pilih untuk melakukan inspeksi maupun pemetaan. Anda bisa mendapatkan drone untuk pertambangan dan perlengkapan pendukungnya di Doran Gadget. Sebagai official store DJI, kami menjual produk DJI Enterprise untuk industri dengan jaminan produk original dan harga terbaik. Informasi lebih lanjut mengenai produk dan pengadaan, hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>