drone lalu lintas - FI

Doran GadgetDrone lalu lintas semakin populer sejak beberapa waktu belakangan. Pasalnya, drone terbukti lebih efektif dalam membantu kinerja kepolisian. Di Indonesia, penerapan drone untuk lalu lintas digunakan dalam patroli keamanan dan ketertiban, hingga pemantauan terhadap infrastruktur jalan. Apa saja manfaatnya? Simak selengkapnya dalam ulasan kali ini.

Apa Itu Drone Lalu Lintas?

drone polisi (1)
sc: Youtube/DJI

Sebelum beranjak pada pembahasan manfaat penerapan drone ini, ada baiknya Anda untuk ketahui apa itu drone lalu lintas. Secara umum, perangkat ini diartikan sebagai drone yang digunakan untuk memantau lalu lintas jalan raya dan infrastruktur transportasi lainnya.

Drone ini biasanya dilengkapi dengan kamera dan peralatan sensor lainnya yang memungkinkannya untuk mengumpulkan data tentang lalu lintas, mengawasi kemacetan, dan memberikan informasi real-time kepada operator atau pihak berwenang yang bertanggung jawab atas pengaturan lalu lintas.

Adapun teknologi kamera dan sensor yang dimaksud antara lain seperti LIDAR yang digunakan untuk memantau kecepatan kendaraan, Radio Frequency identification (RFID), maupun kamera thermal untuk mengecek temperatur di area tertentu. Bahkan, yang terbaru adalah menggunakan algoritma kecerdasan buatan (AI) dalam memprediksi lalu lintas.

Baca juga: Kapan Drone Ditemukan? Ini Sejarah, Jenis, dan Harga Drone!

Manfaat Penerapan Drone Lalu Lintas

Jika ditanya apakah ada manfaat signifikan dari penggunaan drone untuk lalu lintas, maka jawabannya adalah ada. Khususnya dalam hal pemantauan secara langsung, kecelakaan, hingga patroli yang lebih efektif. Berikut uraian selengkapnya:

1. Pemantauan Arus Secara Real-Time

drone lalu lintas
sc: YouTube/DatafromSky

Drone dapat memberikan pandangan dari udara yang memberikan informasi secara langsung atau real-time tentang keadaan lalu lintas di sebuah lokasi tertentu. Seperti di titik yang rawan kemacetan pada jam-jam tertentu, misalnya saat pagi hari ketika mobilitas orang berangkat kerja dan di sore hari saat pulang kerja.

Manfaat inilah memungkinkan otoritas lalu lintas dan pihak berwenang untuk segera mengidentifikasi kemacetan, kecelakaan, atau pelanggaran lalu lintas lainnya. Jadi, pihak kepolisian dapat memantaunya melalui ruang kontrol khusus dan menganalisis kondisi tersebut kapanpun.

Baca juga: 5 Manfaat Drone untuk Kepolisian dan Rekomendasinya

2. Respon Kecelakaan yang Lebih Cepat

drone lalu lintas (4)
sc: FlytBase

Kecelakaan lalu lintas tidak dapat diprediksi kapan terjadinya. Namun, dengan melakukan pemetaan titik-titik rawan yang tepat, setidaknya dapat mencegah hal buruk yang akan terjadi. Pemantauan secara berkala menggunakan drone di jalanan yang jauh dari pusat layanan seperti di jalan tol memberikan manfaat besar.

Sebagai contoh, ketika terjadi kecelakaan di tengah-tengah jalan tol. Laporan secara real-time dari drone tersebut akan diteruskan ke otoritas kepolisian untuk direspon lebih cepat. Sehingga, pihak kepolisian akan menerjunkan tim penyelamat dan mudah berkoordinasi dengan otoritas lain seperti rumah sakit apabila diperlukan.

3. Drone Lalu Lintas Membantu Rekayasa Jalur

drone lalu lintas (1)
sc: Drone DJI

Saat diterbangkan, drone akan mendokumentasikan kondisi baik dengan video maupun foto. Data yang dikumpulkan ini berisi pergerakan lalu lintas, titik rawan kemacetan, dan lainnya. Dengan begitu, data ini juga bisa dijadikan sebagai bahan untuk membantu otoritas kepolisian dalam manajemen lalu lintas.

Misalnya saja dalam pengalihan arus atau rekayasa jalur. Khususnya saat ada acara khusus seperti perjalanan besar, pertandingan olahraga, atau demonstrasi publik, drone kepolisian dapat digunakan untuk memantau kerumunan massa dan memastikan keamanan publik. Sehingga, traffic berjalan dengan baik dan tidak memperparah kemacetan.

Baca juga: 10 Merk Drone Terbaik di Dunia Sejauh Ini

4. Inspeksi dan Pemeriksaan Kondisi Jalan

drone lalu lintas (3)
sc: High Exposure

Infrastrukur jalan menjadi faktor penting bagi keamanan dan kenyamanan pengguna. Terlebih lagi untuk pengguna kendaraan yang melintas. Baik itu di jalan raya, jalan tol atau bebas hambatan, jembatan, hingga terowongan. Dimana area tersebut menjadi titik rawan apabila terdapat kerusakan.

Sebagai contoh mengenai kondisi jalanan berlubang hingga memantau sambungan kerangka di jembatan. Pemantauan dan inspeksi yang dilakukan secara konvensional akan memerlukan waktu lebih lama. Maka, dengan drone inspeksi menjadi lebih cepat dan dapat segera melakukan tindakan perbaikan sehingga meminimalisir risiko kecelakaan.

5. Patroli Keamanan Lebih Efektif

drone lalu lintas (2)
sc: Halo Robotics

Terakhir, pemanfaatan drone mampu membantu pihak kepolisian bekerja lebih efektif dalam hal patroli keamanan yang rutin. Khususnya di area dengan traffic yang tinggi dan di waktu-waktu tertentu. Dalam hal ini, tentu tingkat pelanggaran berpotensi meningkat.

Oleh karena itu, drone ini dapat mendeteksi adanya pelanggaran tersebut. Sebagai contoh pelanggaran batas kecepatan, menerobos lampu merah, dan pelanggaran lainnya yang mungkin sulit dipantau dengan metode konvensional. Hasil rekaman foto maupun video dari drone ini pun bisa dijadikan sebagai bahan bukti apabila diperlukan.

Baca juga: Mengenal Teknologi LiDAR Drone dan Manfaatnya untuk Inspeksi

Penutup

drone polisi (2)
sc: copter

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa keberadaan drone lalu lintas memberikan banyak manfaat terhadap pengawasan dan membantu pihak kepolisian. Dengan begitu, lebih responsif, praktis, efisien, dan dapat memangkas biaya yang dikeluarkan untuk operasional konvensional.

Pemanfaatan drone ini lebih lanjut dalam jangka panjang secara perlahan dapat meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Konsultasikan dengan kami untuk produk-produk drone terbaik untuk sektor industri dan pelayanan publik melalui admin WhatsApp Doran Gadget di nomor 0878-3460-1568.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

×