Doran GadgetPerkembangan drone terus mengalami peningkatan sejak beberapa tahun belakangan. Hal tersebut tidak lepas dari kebutuhan masyarakat hingga industri untuk solusi fotografi, videografi, pemetaan, dan survei yang cepat dan efisien.

Perusahaan teknologi di dunia pun terus berinovasi dalam membuat drone terbaik mereka. Apa saja merk drone terbaik yang ada di dunia dan bisa jadi bahan pertimbangan Anda untuk memilihnya? Simak selengkapnya di artikel kali ini.

Merk Drone Terbaik

Berikut daftar merk drone terbaik yang memiliki pangsa pasar hampir di seluruh dunia dan banyak digunakan oleh masyarakat dalam berbagai kebutuhan.

1. DJI

sc: CineD

Berbicara tentang brand drone terbaik, tentu DJI banyak dikenal luas oleh masyarakat di dunia. Terutama untuk drone konsumen yang digunakan untuk keperluan fotografi maupun videografi. Perusahaan yang bermarkas di Cina ini bahkan menguasai pasar drone komersial dan sipil di dunia hingga 70%.

Selain drone konsumen, DJI juga memproduksi drone seri enterprise untuk industri, pemetaan, dan survei maupun keperluan inspeksi seperti DJI Phantom. Tak hanya itu, DJI juga memproduksi drone pertanian, salah satunya adalah drone jenis sprayer DJI Agras. Sementara, untuk drone konsumen yang terkenal di antaranya seri DJI Mavic 3, DJI Mini 3, dan DJI Inspire 3.

Baca juga: 10+ Drone DJI dengan Kamera Terbaik 2023

2. Autel Robotics

sc: PC Mag

Selanjutnya adalah Autel Robotics. Autel Robotics berdiri sejak tahun 2014 lalu. Perusahaan teknologi ini memiliki headquarter di Shenzen, Cina. Sementara untuk desain dan teknologinya dikembangkan di dua tempat. Yakni di Silicon Valley, Seattle, Amerika Serikat dan satu lagi ada di Eropa tepatnya di Munich, Jerman

Debut Autel dari tahun ke tahun di pangsa pasar drone cukup inovatif. Misalnya meluncurkan drone pertamanya X-Star dan di tahun 2016 meluncurkan X-Star Premium. Pada tahun 2020, setelah melakukan pengembangan intensif, Autel meluncurkan seri EVO, dimana setahun berikutnya yakni 2021 meluncurkan EVO II. Sampai saat ini, seri EVO menjadi drone terlaris Autel.

3. Parrot

sc: Fstoppers

Merk drone terbaik dunia ketiga ada Parrot yang berasal dari Perancis. Bisa dibilang Parrot jadi salah satu pemain lama perusahaan drone di dunia dan sudah ada sejak tahun 1994. Pada awalnya, produksinya hanya sebatas drone mainan saja dan dihentikan tahun 2019. Sejak saat itulah perusahaan ini mulai berfokus pada drone kamera untuk komersial.

Hal itu dapat dilihat dari diproduksinya drone Parrot ANAFI yang mendapatkan tren positif di pasaran. Selain itu, Parrot juga mengembangkan teknologi lainnya khususnya di teknologi aerial. Bahkan, kini Parrot juga menjalin kerjasama dengan Departemen Perusahaan Amerika Serikat dalam pengembangan pesawat pengintai jarak pendek.

Baca juga: 7 Jenis Drone yang Sering Digunakan untuk Berbagai Aktivitas

4. Yuneec

sc: Videomaker

Keempat yakni Yuneec International, yang merupakan perusahaan bidang pembuatan dan pengembangan drone dan pesawat terbang listrik. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1999 dan berkantor pusat di Kunshan, Cina. Sedangkan untuk operasional dan pengembangannya berada diJerman dan Amerika Serikat.

Yuneec memproduksi drone untuk sektor industri maupun konsumen. Termasuk juga memproduksi pesawat terbang listrik, seperti pesawat terbang sport elektrik yang dikenal dengan nama “Yuneec e-Spyder” dan pesawat terbang ringan elektrik “Yuneec e430”. Adapun drone mereka yang terkenal adalah Yuneec Mantis Q.

5. Merk Drone Terbaik – Skydio

sc: The Verge

Di nomor lima ada merk drone Skydio, dimana perusahaan ini berbasis di Redwood City, California, Amerika Serikat. Perusahaan ini didirikan pada tahun 2014 oleh sekelompok insinyur dan ahli robotika, termasuk mantan insinyur di Laboratorium Kecerdasan Robot NASA. Skydio terkenal karena mengembangkan drone yang memiliki kemampuan otonom yang tinggi.

Drone Skydio dilengkapi dengan teknologi pemrosesan citra, pemetaan 3D, dan kecerdasan buatan yang canggih. Bahkan, drone ini dapat secara otomatis menghindari rintangan dan navigasi dengan lancar, memungkinkan mereka untuk terbang dan merekam video dengan stabilitas tinggi dan kemampuan penangkapan gambar yang akurat.

Baca juga: Kapan Drone Ditemukan? Ini Sejarah, Jenis, dan Harga Drone!

6. Kespry

sc: Drone Below

Kespry cukup banyak dipilih sebagai drone untuk solusi industrial. Terutama untuk sektor pertambangan hingga konstruksi. Selain memproduksi drone, Kespry juga mengembangkan software yang terintegrasi dengan drone mereka. Dimana perangkat lunak ini membantu dalam proses pengumpulan data dan analisisnya. Khususnya dalam pemetaan dan survei.

Drone mereka dilengkapi dengan sensor dan kamera canggih yang dapat mengambil gambar dan data visual dari udara. Data ini kemudian diproses menggunakan perangkat lunak mereka yang kuat untuk membuat pemetaan 3D, survei lahan, menghitung volume material, dan menyediakan analisis yang mendalam tentang objek yang menjadi bahan analisisnya.

7. EHang

sc: Autoride

Drone EHang mungkin sedikit berbeda dari drone lain sebelumnya. Hal ini karena perusahaan yang berasal dari Cina dan berdiri sejak 2014 lalu berfokus pada pengembangan drone untuk transportasi udara. Salah satu produk paling terkenal dari Ehang adalah Ehang 184, yang dikenal sebagai “drone penumpang” atau “drone taksi”.

Ehang 184 merupakan moda transportasi udara yang bersifat otonom dan dirancang untuk mengangkut satu penumpang dalam penerbangan dengan jarak dekat dan singkat. Kemudian, perusahaan juga memproduksi drone EHang 216 dengan kapasitas dua penumpang yang berteknologi canggih.

Baca juga: Prestige Aviation Pesan 100 Taksi Drone EHang 216 yang Hadir di IIMS 2022

8. SenseFly

sc: Bots & Drones India

Kedelapan ada merk drone terbaik SenseFly yang berasal dari Swiss yang mengembangkan drone tipe fixed-wing.  Drone tersebut dikhususkan untuk penggunaan pemetaan maupun survei objek dari udara. Mulai dari pemantauan lahan di sektor pertanian, pemetaan dengan inframerah, dan lain sebagainya.

Salah satu produk yang terkenal dari Sensefly adalah eBee X yang diklaim memilki tingkat akurasi tinggi dan cepat. Selain itu, Sensefly juga memproduksi drone lainnya seperti Albris, eBee SQ, dan eBee Classic yang memiliki fitur dan keunggulan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan pemetaan dan pemantauan dari udara.

9. Delair

sc: Drone Below

Di nomor sembilan yakni Delair yang memproduksi drone untuk keperluan enterprise dan industrial. Misalnya digunakan untuk keperluan inspeksi, pemetaan, hingga survei area. Khususnya di sektor pertambangan, konstruksi, pertanian, utilitas, transportasi, minyak, dan gas.

Produknya yang terkenal adalah Delair UX11 yang merupakan drone tipe fixed-wing. Delair tidak hanya membuat drone. Mereka juga menawarkan paket lengkap perangkat lunak analitik khusus industri untuk pemrosesan data udara serta alat perencanaan penerbangan yang intuitif.

Baca juga: 7 Drone Murah Tahan Angin untuk Berbagai Aktivitas

10. ALTI

sc: Marques Aviation Ltd

Brand drone yang terakhir adalah ALTI. Perusahaan yang berasal dari Afrika Selatan ini memproduksi drone tipe fixed-wing untuk berbagai keperluan. Khususnya bagi dunia industrial atau enterprise. Drone produksi ALTI didesain lebih kokoh dan mengedepankan keamanan dan kenyamanan tinggi saat diterbangkan.

Hal itu membuatnya lebih presisi dalam pemetaan, survei geospasial, dan berbagai skenario yang memerlukan tingkat akurasi tinggi. Karena itulah drone ALTI cukup banyak diminati di Eropa dan kini mulai dikenal luas di dunia karena inovasinya dalam dunia industri.

Penutup

drone dji, cara klaim drone DJI
sc: DJI

Setidaknya itulah 10 merk drone terbaik yang ada di dunia sejauh ini. Pastikan Anda memilih drone terbaik sesuai dengan kebutuhuan dan penggunaan. Sebagai catatan, harga drone di setiap merk atau brand berbeda-beda. Hal itu dikarenakan fitur dan teknologi yang dimilikinya serta peruntukannya untuk bidang tertentu.

Selain itu, drone di atas merupakan drone sipil. Dengan artian, fungsinya lebih ke penggunaan kebutuhan industri maupun konsumen dan bukan untuk keperluan militer seperti drone tempur atau digunakan. Penggunaan drone sipil untuk militer biasanya hanya terbatas pada keperluan tertentu.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

×