Handy Talky vs Walkie Talkie_

Doran GadgetBanyak orang mungkin beranggapan jika handy talky (HT) dan walkie talkie adalah perangkat yang sama. Memang, secara fisik keduanya memang mirip dan fungsinya tak jauh berbeda. Yakni untuk komunikasi dua arah yang praktis. Namun, jika dilihat lagi, ada beberapa perbedaan handy talky dan walkie talkie. Penasaran apa saja? Simak selengkapnya!

Perbedaan Handy Talky dan Walkie Talkie

Berikut sejumlah perbedaan antara handy talky dan walkie talkie dari berbagai aspek. Mulai dari desain, fitur, hingga penggunaan untuk berbagai aktivitas sebagaimana dilansir dari berbagai sumber:

1. Desain dan Dimensi Perangkat

tips memilih handy talky (1)
sc: Walkie Talkie Solutions

Perbedaan pertama bisa dilihat dari segi desain dan dimensi perangkatnya. Handy Talky cenderung memiliki ukuran yang cukup besar. Begitu pula bobotnya yang lebih berat dibadingkan dengan walkie talkie. Hal itu dimungkinkan karena adanya perangkat tambahan seperti baterai yang berukuran besar maupun material yang digunakan.

Berkat desain yang rugged, HT banyak dipilih dan dijadikan untuk berbagai misi dan memperlancar komunikasi. Sebab, handy talky dirancang tangguh terhadap berbagai kondisi cuaca dan lingkungan. Baik cuaca panas, hujan, maupun ekstrem. Beda dengan walkie talkie yang cenderung ringkas namun tidak begitu tangguh. Biasanya sangat cocok untuk penggunaan outdoor dengan mobilitas tinggi.

Baca juga: 10 Handy Talky Terbaik Harga Terjangkau untuk Komunikasi

2. Frekuensi Jarak Jangkau

Selanjutnya perbedaan handy talky dan walkie talkie yakni mengenai frekuensi dan jangkauannya. Di Indonesia, frekuensi dan penggunaan keduanya diatur dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 4 Tahun 2015 tentang Ketentuan Operasional dan Tata Cara Perizinan Penggunaan Spektrum Frekuensi Radio (Permenkom 4/2015).

Kementerian Komunikasi dan Informatika menyaratkan frekuensi yang bisa digunakan di rentang 150 – 174 MHz untuk pita VHF. Sedangkan untuk pita UHF di rentang 300 – 380 MHz. Perlu diketahui pula, frekuensi HT lebih rendah dan itu dapat menjangkau lebih luas. Termasuk di area yang memiliki rintanga seperti gedung, pohon, dan objek lain. Sementara, walkie talkie frekuensinya bervariasi dan cenderung memiliki jarak jangkau lebih pendek sampai dengan 2.5 kilometer saja.

3. Ketahanan Baterai

tips memilih handy talky (3)
sc: Freepik

Tak hanya desain dan frekuensinya, mengingat kedua perangkat digunakan portable, maka ketahanan baterai menjadi penting pula. Terdapat dua model tipe baterai baik pada HT maupun walkie talkie. Yakni baterai kering atau konvensional dan ada pula yang menggunakan baterai yang bisa diisi ulang.

Untuk HT dengan tipe analog, menggunakan baterai kering sudah cukup. Namun, jika menggunakan jenis digital, maka pilih tipe baterai yang rechargeable. Terlepas dari itu semua, patut diakui jika baterai HT memang lebih unggul. Bahkan, beberapa dapat tahan hingga 24 maupun berhari-hari. Inilah yang membuatnya banyak dipilih untuk berbagai misi.

Baca juga: 10+ Perlengkapan Naik Gunung yang Wajib Dibawa

4. Fitur Unggulan yang Dimiliki

Fitur tambahan dari keduanya juga penting untuk dipertimbangkan. Saat ini, HT sudah dibekali dengan sejumlah fitur canggih. Dengan begitu, dapat membantu pengguna saat mengoperasikannya. Misalnya saja fitur VOX untuk berkomunikasi tanpa memencet tombol. Begitu pula dengan yang lain seperti emergency, DTMF, backlight, dan dapat terhubung maupun diprogram melalui komputer atau laptop.

Di sisi lain, fitur walkie talkie cukup terbatas. Dengan kata lain lebih mengarah ke fitur dari fungsi komunikasi secara mendasar. Meski begitu, beberapa mungkin telah disempurnakan dengan fitur terkini. Misalnya adanya fitur koneksi Bluetooth untuk menghubungkan ke jaringan seluler.

5. Harga yang Dipasarkan

Perbedaan handy talky dan walkie talkie yang terakhir ialah dari segi harganya. Pada umumnya, handy talky dipasarkan dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan walkie talkie. Perbedaan harga ini adalah hal yang wajar. Mengingat handy talky memiliki sejumlah fitur unggulan dan lebih canggih.

Sementara itu, walkie talkie terjangkau. Yakni mulai di kisaran puluhan ribu rupiah sampai dengan ratusan ribu rupiah. Bandingkan dengan HT, bahkan ada yang dijual hingga jutaan rupiah. Oleh karena itu, apabila untuk hobi dan mempertimbangkan harga lebih murah, walkie talkie bisa jadi alternatif.

Baca juga: 7 Penerapan Drone Inspeksi untuk Berbagai Industri & Publik

Mana yang Tepat untuk Anda?

Handy Talky Terbaik
sc: Herda Radio

Dari ulasan di atas, manakah yang tepat untuk Anda? Semua tergantung pada kebutuhan penggunaan. Apabila untuk komunikasi dengan lancar dan menginginkan frekuensi menengah hingga jarak jauh, maka HT bisa dijadikan pillihan. Mengingat kemampuan dan fiturnya yang bisa diandalkan. Khususnya untuk koordinasi di masa darurat seperti tanggap bencana, pemantauan keamanan, event besar, dan lain sebagainya.

Akan tetapi, jika digunakan untuk lingkup terbatas seperti hanya di dalam atau antar ruangan kantor yang tidak begitu luas, walkie talkie dirasa sudah cukup. Apalagi pertimbangan lainnya dari segi budget. Walkie talkie lebih praktis, bahkan oleh para pemula maupun anak-anak dapat menggunakannya untuk berkomunikasi dua arah.

Baca juga: 7 Tips Memilih Handy Talky yang Tepat Sesuai Kebutuhan

Penutup

Handy Talky JETE

Nah, kini Anda sudah tahu bukan apa saja perbedaan handy talky dan walkie talky? Selain memilih sesuai penggunaan dan kebutuhan, pastikan juga Anda mendapatkan handy talky terbaik di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget yang menjual handy talkie terbaik dari JETE Indonesia.

Semua barang yang kami jual adalah produk original dengan garansi resmi pabrikan. Tak hanya itu saja, Anda pun bisa mendapatkan harga terbaik dan penawaran menarik lainnya di promo-promo tertentu. Khususnya untuk pembelian melalui website dan aplikasi Doran Gadget. Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

>