Doran GadgetPerkembangan teknologi pada drone terus mengalami kemajuan selama beberapa tahun belakangan. Jika awalnya drone digunakan untuk misi militer, selanjutnya pesawat tanpa awak ini dikembangkan untuk merekam video dan fotografi dari angkasa. Sampai yang terbaru adalah penggunaan drone dalam berbagai proyek vital seperti pemetaan.

Salah satu teknologi yang dikembangkan untuk pemetaan adalah LiDAR drone. Seperti apa mengenai teknologi ini dan manfaat serta penggunaannya? Berikut ulasannya yang telah dihimpun oleh tim Doran Gadget.

Mengenal Teknologi LiDAR

LiDAR merupakan singkatan dari Light Detection and Ranging. Teknologi ini menggunakan laser dalam mengumpulkan informasi dan data mengenai permukaan. Data tersebut akan diproses dan hasilnya bisa berbentuk model 3D. LiDAR untuk pertama kali dikembangkan era 1960-an untuk pemetaan di proyek tertentu seperti saluran air, sungai, dan sebagainya.

Adapun cara kerja teknologi LiDAR drone adalah dengan menembakkan laser dengan tenaga tinggi ke sasaran yang akan dipetakan termasuk mengukur pulsa laser. Kemudian, pulsa laser inilah yang dipantulkan kembali dalam mengumpulkan informasi dan data area yang dipetakan.

Terdapat tiga poin penting dalam cara kerja LiDAR. Pertama, mengenai berapa lama waktu yang diperlukan untuk pulsa laser kembali. Kedua, dari segi intesitas dan kekuata kembalinya pulsa laser. Ketiga, mengenai sudut pantulnya. Selanjutnya, data-data tersebut diproses melalui software 3D yang khusus untuk pemetaan dengan GPS maupun data INS agar lebih akurat.

Baca juga: Apa Itu Thermal Drone dan Fungsinya? Berikut Penjelasannya!

Apa Itu LiDAR Drone?

Setelah mengetahui mengenai teknologi LiDAR, kini penting pula untuk diketahui apa itu LiDAR drone. Pada dasarnya, secara sederhana adalah drone yang dilengkapi teknologi sensor LiDAR. Penggunaan sensor LiDAR pada drone memang dikembangkan sejak beberapa tahun belakangan. Dahulu, LiDAR hanya dapat dipasangkan di pesawat terbang saja.

Untuk pemetaan 3D dengan skala penuh pun menjadi lebih baik dan efisien. Hal itu memungkinkan dan informasi yang lebih akurat. Bahkan, drone dengan fixed-wing memiliki cakupan LiDAR hingga 4 mil persegi untuk sekali terbang. Akan tetapi, perlu dilihat pula jenis drone yang digunakan. Sebab, hal itu akan berpengaruh pada hasil data yang dipindai.

Baca juga: Cara Pemetaan Menggunakan Drone untuk Proyek Anda

Manfaat dan Penggunaan LiDAR Drone

Penggunaan LiDAR drone biasa dilakukan untuk sektor-sektor tertentu. Untuk inspeksi proyek, drone ini digunakan untuk bidang pertambangan, pertanian, arkeologi, pembangunan infrastruktur, bidang kehutanan, hingga sektor keamanan dan kepolisian. Misalnya saja penggunana LiDAR untuk mengukur kecepata mobil di jalanan.

Sementara itu, manfaat drone yang menggunakan teknologi LiDAR ini cukup besar dampaknya bagi perkembangan proyek. Terutama dari segi efektivitas, efisiensi, hingga keakuratan data yang dihasilkannya. Berikut lebih lengkapnya:

  1. Drone LiDAR membuat biaya untuk inspeksi lebih efisien dibandingkan dengan menggunakan cara konvensional seperti menggunakan pesawat terbang atau helikopter.
  2. Informasi yang dihasilkan lebih akurat dan detail. Terlebih drone jenis ini memiliki jarak jangkau pemetaan area yang cukup luas. Bahkan dapat menjelajah area yang cukup sulit dijangkau sekalipun.
  3. Mempermudah proses penelitian dan pengembangan sebuah proyek dalam waktu yang tidak terlalu lama.
  4. Penggunaan drone LiDAR lebih aman dan tidak memerlukan perizinan yang cukup rumit dibandingkan dengan menggunakan sarana lainnya.
  5. Kinerja dalam misi pencarian dan penyelamatan lebih baik. Sebab, menggunakan teknologi khusus yang memudahkan pencarian sehingga hal tersebut akan meminimalisir korban dan kerugian.

Baca juga: Manfaat Pencitraan Multispektral dalam Pertanian Menggunakan Drone

Penutup

Itu dia Sobat Doran ulasan mengenai teknologi LiDAR drone dan manfatnya untuk berbagai proyek kerja Anda. Dari ulasan di atas dapat disimpulkan bahwa teknologi ini memiliki berbagai manfaat dalam memudahkan pekerjaan termasuk proyek vital hingga misi pencarian dan penyelamatan.

Kini, Anda bisa mendapatkan drone terbaik beserta aksesorisnya hanya di Doran Gadget. Sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, DJI Bali, dan DJI Manado, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini dan follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang berlangsung.

Artikel terkait:

>