Doran GadgetDrone jenis first person view (FPV) semakin populer sejak beberapa waktu belakangan. Berbeda dari drone pada umumnya, jenis FPV memberikan pengalaman yang imersif. Ini karena pilot drone akan merasakan sensasi ‘terbang’ dengan menggunakan kacamata khusus atau goggle.

Jadi, tangkapan gambar dan video pada drone dapat Anda langsung secara realtime melalui kacamata tersebut. Lalu, apa saja rekomendasi drone FPV terbaik yang bisa dipilih? Simak ulasannya di artikel ini sampai tuntas, Sobat Doran!

Drone FPV Terbaik

Beberapa rekomendasi drone FPV terbaik di tahun ini yang bisa jadi pertimbangan Anda untuk memilih mana yang terbaik. Dilansir dari laman Digital Camera World, berikut di antaranya:

1. DJI Avata 2

DJI Avata 2

DJI Avata hadir dengan berbagai pembaruan dari generasi yang pertama. Desain drone ini lebih besar, namun masih dengan cinewhoop yang memiliki pelindung layar. Sensor kameranya lebih besar dengan ukuran 1/1.3 inci. Hl ini membuat jangkauan FOV-nya menjadi lebih luas, bahkan bisa sampai 155°. Drone mampu merekam dan menyajikan video dengan kualitas terbaik melalui format HDR 4K/60fps. Keunggulannya adalah, pengguna dapat melakukan penyesuaian ketajaman maupun mengurangi tingkat noise-nya.

Ketahanan baterainya cukup besar dan bisa diisi daya dengan dua cara yakni menggunakan Charging Hub maupun mengisi daya secara langsung pada drone dengan baterai terpasang. Dengan sistem transmisi terbaru DJI O4 membuat jangkauannya lebih jauh. Tentu, drone ini bisa digunakan untuk berbagai mode manuver lebih baik dibanding sebelumnya.

Baca juga: Perbadingan DJI Avata 2 vs DJI Avata: Mana Lebih Unggul?

2. DJI Avata

Generasi pertama seri DJI Avata ini dirilis pada bulan Agustus 2022 lalu. Mengadopsi desain cinewhoop, drone ini pun terlihat lebih ringkas dan memiliki pelindung baling-baling untuk keamanan penerbangan lebih baik.

DJI Avata memiliki range maksimal 11.6 kilometer dengan kecepatan maksimal 96km/jam. Selain itu, digunakan di area indoor pun juga bisa dengan manuver-manuver yang lincah. Lama terbangnya adalah 18 menit dan dibekali kamera beresolusi 48MP dan 155° FOV serta 4K @60fps.

3. DJI FPV Combo

DJI FPV COMBO BLACK, Drone DJI FPV System, DJI Digital FPV System, DJI Indonesia, DJI Surabaya

Rekomendasi drone FPV terbaik berikutnya ada DJI FPV Combo. Disebut-sebut, drone ini jadi kelas atas untuk seri first person view setelah seri Avata. Hal itu karena mampu mencapai kecepatan tertinggi 140km/jam. Anda pun lebih leluasa karena drone memiliki jarak maksimum hingga 10km.

Waktu penerbangan drone lebih lama dari drone FPV lainnya yakni 20 menit. Begitu juga dengan kameranya sudah mengadopsi resolusi 4K dengan 150°FOV dan bisa digunakan hingga 120 FPS. Bagi para pilot drone kelas menengah hingga atas, drone ini sangatlah direkomendasikan.

4. Qwin Out F4 X1 FPV Drone

Selanjutnya ada Qwin Out F4X1 FPV Drone. Dimana drone ini memiliki bobot ganya sekitar 56 gram saja dengan lama penerbangan 1-10 menit di udara. Sementara itu, untuk kecepatan maksimalnya adalah 60 km/jam. Untuk kameranya menggunakan 1200TVL 180° FOV.

Berkat kamera tersebut, sebenarnya sudah cukup untuk mengambil gambar dengan kualitas bagus. Kerennya lagi, drone Qwin Out F4X1 memiliki jarak jangkau penerbangan hingga 1 kilometer. Adapun drone ini ditujukan bagi para pengguna atau pilot drone di tingkat pemula sampai kelas menengah.

Baca juga: Perbedaan Drone FPV DJI VS Drone Konvensional

5. Emax TinyHawk 3 RTF

Drone FPV terbaik kelima ada EMAX TinyHawk 3 RTF. Bobot drone ini sebenarnya tidak terlalu berat yakni 43.5 gram termasuk dengan baterainya. Resolusi goggle yang dimiliki adalah 480×480 dengan resolusi video NTSC/PAL. Jarak tempuhnya mampu hingga 100 meter dengan kecepatan maksimumnya 80km/jam.

Selain itu, drone cukup stabil saat diterbangkan dengan fitur Auto White. Tak heran jika EMAX TinyHawk 3 RTF sangat direkomendasikan bagi pemula. Hanya saja, dari ketahanan baterainya drone ini mampu diterbangkan sekitar 7 menit saja di udara.

6. iFlight Nazgul 5

Jika Anda menginginkan drone dengan manuver terbaik untuk freestyle, salah satu pilihannya adalah iFlight Nazgul 5. Dimana drone ini memiliki dimensi yang ringkas 90 x 104 x 19mm dengan bobot sekitar 440 gram. Jarak jangkaunya mampu hingga 100 meter dengan kecepatan maksimal hingga 140 km/jam.

Video resolusi yang dihasilkan dalam format NTSC/PAL dan kameranya bisa dipasangi dengan kamera GoPro dengan tambahan mount khusus. Material drone dari bahan karbon membuatnya lebih ringan nyaman untuk bermanuver. Khususnya lebih tahan banting untuk diterbangkan.

7. Beta FPV Cetus FPV

Drone terakhir yang bisa dimiliki adalah Beta FPV Cetus FPV dengan desain yang cukup ergonomis. Hal itu bisa dilihat dari bobotnya yang hanya 35 gram saja termasuk baterainya. Resolusi kameranya adalah 800×400 pixel dengan resolusi video NTSC. Kemampuan terbangnya mampu hingga 100 meter.

Di sisi lain, baterai Beta FPV Cetus FPV hanya mampu bertahan sampai 5 menit saja saat digunakan. Tentu, ini menjadi kelemahannya di sisi lain. Meski begitu, drone ini dapat digunakan oleh para pemula. Sebab, pengoperasiannya yang mudah dikendalikan. Stick controller pun dirancang khusus menyerupai stick console game.

Baca juga: Cara Menerbangkan Drone Jenis FPV, Ini yang Harus Diperhatikan

Penutup

Itu dia Sobat Doran beberapa rekomendasi drone FPV terbaik saat ini. Jika melihat dari ulasan di atas, untuk drone FPV dari DJI bisa jadi rekomendasi terbaiknya. Sebab, selain terjangkau untuk kalangan di Indonesia, drone tersebut memiliki sejumlah fitur-fitur unggulan yang dapat diandalkan. Kini, Anda bisa mendapatkan drone jenis FPV dari DJI hanya di Doran Gadget dengan jaminan produk original dan garansi resmi pabrikan. Selain itu, Anda pun berkesempatan mendapatkan harga terbaik di program Promo DJI Avata 2.

Ikuti juga WhatsApp Doran Gadget Drone Communtiy untuk mendapatkan informasi seputar teknologi dan drone secara up to date. Di sini, Anda juga dapat berkomunikasi dan bertukar informasi mengenai seluk beluk drone dengan para pakar dan pehobi lainnya. Termasuk mendapatkan informasi mengenai event drone yang digelar di tanah air. Selamat mencoba!

Artikel terkait:

>