Spesifikasi DJI Mini 4K_

DJI IndonesiaPabrikan drone terkemuka DJI kembali merilis seri terbaru DJI Mini 4K pada 29 April 2024 lalu. Namun, perilisan ini tidak dipublikasikan secara luas dan hanya dipasarkan di Amerika Serikat saja. Termasuk penjualannya hanya ada di store resmi DJI Amazon UK dan DJI Amazon US. Hal itu membuat para pecinta drone penasaran seperti apa spesifikasi DJI Mini 4K tersebut. Berikut ulasannya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Spesifikasi DJI Mini 4K

Spesifikasi DJI Mini 4K (1)
sc: Endgadget

Sekilas spesifikasi DJI Mini 4K ini cukup mirip dengan seri DJI Mini 2 SE. Namun, di seri Mini 4K dibekali kamera 4K Ultra HD yang membedakannya dengan seri Mini 2 SE. Adapun fitur-fitur unggulannya antara lain jarak jangkau penerbangan yang mampu hingga radius 10 kilometer (6.2 mil). Ini berkat dukungan transmisi DJI OcuSync 2.0.

Dengan tipe quadcopter, drone mampu terbang dengan kecepatan sampai 16 m/detik dan memiliki ketahanan angin level-5. Ketinggian maksimum yang dapat dijangkau oleh drone ini adalah sekitar 4.000 meter atau 13.123 kaki. Drone mampu terbang di ketinggian tersebut berkat bobotnya yang tidak terlalu berat, yakni di bawah 250 gram.

Berkat bobot tersebut, para pengguna di Amerika Serikat tak perlu lagi mendaftarkan ke Federal Aviation Administration (FAA). Beda halnya dengan drone yang memiliki bobot lebih dari itu, diperlukan izin terlebih dahulu untuk penerbangannya.

Apalagi drone dengan bobot di bawah 250 gram hanya ditujukan untuk para pehobi saja dan tujuan rekreasi di kawasan udara yang sudah ditentukan. Fitur penting lainnya yang memberikan rasa aman bagi para pengguna pemula adalah adanya sensor tabrak omni-directional. Begitu pula dengan adanya fitur Return to Home (RTH) yang membuat drone kembali ke titik awal penerbangan apabila terjadi kondisi darurat seperti kehilangan sinyal GPS maupun daya baterai yang menurun.

Baca juga: 25+ Rekomendasi Drone DJI Terbaik 2024 untuk Kebutuhan Anda

Fitur Kamera Unggulan

Spesifikasi DJI Mini 4K
sc: Tech Radar

Tak hanya secara umumnya saja, spesifikasi DJI Mini 4K yang juga jadi perhatian adalah fitur kamera yang dimilikinya. Melansir dari laman Tech Radar, disebutkan bahwa drone ini mampu merekam video dalam resolusi 4K sampai dengan 30 frame tiap detiknya. Selain itu, juga mampu merekam dalam 2.7K/60p. Termasuk bitrate video yang ditingkatkan hingga 100Mbps untuk menghasilkan kualitas video yang unggul.

Namun, tidak disebutkan sensor apa yang digunakan. Kemungkinan besar, DJI Mini 4K mengadposi sensor 12MP 1/1.3 inci seperti halnya pada drone DJI Mini 2. Performa dalam pengambilan gambar juga semakin stabil berkat dukungan 3-Axis Gimbal dan EIS. Begitu pun dengan kemampuan pembesaran (zoom) digital hingga 2X. Dengan begitu, dapat memungkinkan pengguna membidik subjek lebih dekat dari udara.

Adapun beberapa mode yang dapat digunakan untuk menghasilkan foto lebih baik, nampaknya tidak jauh berbeda dengan drone terbaik DJI lainnya. Misalnya saja mode Quickshot yang dibagi lagi menjadi beberapa mode seperti Circle, Rocket, Dronie, Boomerang, Helix, hingga Panorama. Hasil rekaman pun akan terlihat dinamis.

Baca juga: Spesifikasi DJI Mini 4 Pro: Drone Ringan dengan Fitur Unggulan

Harga DJI Mini 4K

Spesifikasi DJI Mini 4K (2)
sc: Tech Radar

Berbicara mengenai harga, bisa dibilang cukup murah di kalangan pemula. Terlebih lagi untuk drone DJI Mini Series. Harga jual di Amazon sendiri seperti dilansir Lowyat drone ini dijual dengan beberapa paket mulai dari 299US$ untuk versi standar dengan dilengkapi controller DJI RC-N1C.

Sementara itu, opsi dengan dua buah baterai dan baterai tambahan dijual mulai 348US$. Lalu, untuk paket penjualan Fly More Combo yang termasuk dengan dua baterai tambahan, dual charging hub, dan tas khusus dibanderol seharga 449US$.

Baca juga: Syarat dan Cara Klaim Garansi Drone DJI yang Perlu Anda Tahu

Akankah Rilis di Indonesia?

Spesifikasi DJI Mini 4K (3)
sc: DroneXL

Lantas, apakah drone ini akan dirilis di Indonesia? Hal itu masih belum ada konfirmasi secara pasti dari pihak pabrikan. Namun, jika dilihat dari spesifikasinya apabila dipasarkan di tanah air, tentu akan banyak peminat yang ingin memilikinya. Terutama para pilot drone pemula. Jadi, ada baiknya Sobat Doran untuk bersabar menunggu rilis dari DJI.

Bagi Anda para pehobi drone, kini bisa join di Doran Gadget Drone Community di WhatsApp sekarang juga. Di sini, Anda dapat berdiskusi langsung dengan para pilot drone andal dan mengetahui informasi seputar dunia drone yang up to date. Tunggu apa lagi, join sekarang juga dan jadilah bagian dari salah satu komunitas drone terbesar saat ini.

Artikel terkait:

>