Doran GadgetDrone thermal saat ini banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Khususnya untuk misi penyelamatan, tugas kepolisian, maupun militer dalam batasan tertentu. Drone jenis ini berbeda dari drone konvensional, karena dilengkapi kamera yang mampu mendeteksi suhu panas. Bagi Anda yang ingin mencari drone thermal terbaik, ada baiknya untuk simak ulasannya secara lengkap dalam artikel kali ini.

Drone Thermal Terbaik

Berikut lima rekomendasi drone thermal terbaik yang bisa Anda gunakan untuk berbagai proyek hingga misi pencarian dan penyelamatan sebagaimana dirangkum dari laman Halo Robotics dan Digital Camera World.

1. DJI Matrice 300 RTK Zenmuse H20T

Rekomendasi drone thremal terbaik pertama adalah DJI Matrice 300 RTK Zenmuse H20T yang memiliki transmisi hingga 15 kilometer dengan waktu terbang maksimal 55 menit.  Selain itu dilengkapi dengan fitur 6 directional sensing & positioning. Adanya rating IP45 membuatnya tahan dalam kondisi debu, panas, maupun saat hujan.

Penggunaannya semakin mudah dengan adanya UAV Health Management System. Selain itu, fitur Zenmuse H20T menggabungkan kamera dengan resolusi 20MP Zoom Camera. Kemudian, juga ada 12MP Wide Camera. Kemampuannya semakin optimal dengan adanya laser range finder dengan jarak hingga 1.200 meter dan kamera thermal.

Baca juga: Apa Itu Thermal Drone dan Fungsinya? Berikut Penjelasannya!

2. DJI Matrice 30T Series

Selanjutnya adalah DJI Matrice 30 Series yang mampu beradaptasi dengan kondisi ekstrem sekalipun berkat adanya rating IP55. Waktu penerbangan drone ini sampai dengan 41 menit. Kamera thermalnya memiliki resolusi 640×512 pixel. Bobot drone sekitar 3.9 kilogram dan mampu dioperasikan hingga jarak 15 kilometer.

Penerbangannya semakin aman dengan adanya sensor binocular omnidirectional. Drone ini terintegrasi dengan AI sehingga backup lebih aman. DJI Matrice 30T Series ini dapat dioperasikan dengan ‘Super Mode’ dengan resolusi 1280×1024 untuk pencitraan thermal dan laser range finder. Pengoperasiannya juga mudah dengan menggunakan dual-remote.

3. Drone Thermal Terbaik – Autel EVO II Dual 640T Enterprise

Ketiga ada Autel EVO II Dual 640T Enterprise yang ringkas dengan warna orange yang khas. Visibilitas kameranya memiliki resolusi 8K (7680×4320 px). Selain itu, bobotnya pun cukup ringan sehingga mudah untuk bermanuver dengan waktu terbang hingga 42 menit. Kamera thermalnya didukung dengan teknologi FLIR dan displaynya memiliki beberapa mode.

Drone dilengkapi dengan Smart Controller dengan ukuran layar 9 inchi. Autel EVO II Dual 640T Enterprise sangat cocok untuk pemetaan 3D dengan skala kecil hingga menengah. Penerbangan semakin aman dan nyaman dengan adanya sensor binokuler omnidirectional. Selain itu, harga drone ini memang cukup terjangkau dibanding yang lainnya.

Baca juga: DJI Mavic 3 vs Mavic 3 Enterprise vs Mavic 3 Thermal – Ini Perbedaannya!

4. DJI Mavic 3T

DJI Mavic 3 tak hanya dirancang untuk fotografi dan videografi saja. Pihak pabrikan telah mengembangkan seri DJI Mavic 3T untuk pemetaan dengan kamera thermal. Salah satu keunggulannya adalah kemampuan zoom-nya hingga 56x Zoom Hybrid. Visibilitas kameranya memiliki resolusi 48MP +12 MP. Sementara untuk kamera thermal dapat digunakan pada 30fps dan resolusi 640×512 px.

Pengoperasiannya semakin mudah dengan menggunakan controller RC Pro dan mudah diintegrasikan dengan berbagai software pemetaan.  Drone dapat diterbangkan hingga jarak jangkau 15 kilometer dengan waktu terbang hingga maksimal 45 menit.  Drone lebih nyaman dengan sensor anti-tabrak di berbagai sisinya.

5. DJI Matrice 300 RTK Zenmuse H20N

Drone dengan fitur kamera thermal terbaik yang terakhir adalah DJI Matrice 300 RK Zenmuse H20N. Drone ini dilengkapi dengan dua buah Starlight Night Vision untuk kemampuan wide dan zoom di malam hari. Kamera thermal dan laser yang dimilikinya mampu mendeteksi manusia hingga jarak 3-1200 meter saat kondisi minim cahaya maupun gelap.

Drone dapat dioperasikan pada suhu 20°-50° Celcius dan memiliki rating IP44 yang tahan terhadap air dan debu. Penggunaan kameranya semakin optimal dengan fitur 20x Hybrid Optica Zoom. Sementara untuk kamera thermalnya memiliki resolusi 640×512 pixel. Dimana hal itu sangat cocok untuk misi penyelamatan.

Baca juga: 7 Rekomendasi Drone Tahan Air untuk Proyek Anda

Penutup

dji matrice 30 (4)

Itulah beberapa rekomendasi drone thermal terbaik yang bisa digunakan untuk misi pencarian dan penyelamatan. Drone tersebut sangat cocok digunakan untuk instansi dengan kewenangan tersebut seperti Badan SAR, Kepolisian, Pemadam Kebakaran, maupun militer dengan penggunaan terbatas. Termasuk untuk penggunaan proyek tertentu yang memerlukan analisis menggunakan kamera thermal.

Apapun pilihannya, pastikan sesuai dengan kebutuhan penggunaan. Selain itu, belilah di tempat terpercaya. Salah satunya adalah Doran Gadget, sebagai salah satu official store DJI Indonesia, kami menjual produk drone DJI original dengan garansi pabrikan. Informasi lebih lanjut mengenai produk dan ketersediaan barang, hubungi CS kami via WhatsApp di nomor 087834601568.

Artikel terkait:

>