drone dji, menerbangkan drone dji saat hujan (3)

DJI IndonesiaDrone DJI dikenal sebagai salah satu drone dengan spesifikasi dan performa yang unggul. Namun, yang sering menjadi pertanyaan adalah bisakah drone tersebut diterbangkan saat kondisi hujan? Berikut ulasannya yang perlu Anda ketahui dan telah dihimpun tim Doran Gadget dari berbagai sumber.

Drone DJI Terhadap Ketahanan Air

drone dji, menerbangkan drone dji saat hujan (1)

Hampir di semua produk drone dari DJI memiliki keandalan tersendiri dalam bermanuver. Namun, untuk ketahanan airnya memang tidak semua drone memiliki fitur dan spesifikasi ini. Hanya beberapa saja yang dilengkapi fitur tersebut. Untuk lebih lengkapnya mengenai drone DJI apa saja yang dibekali ketahanan air dan aman terbang saat hujan, berikut di antaranya:

 Tipe Drone  Amankah Diterbangkan Saat Hujan?
 DJI Mini / Mini 2  Tidak
 DJI Spark  Tidak
 DJI Phantom 3 / Phantom 4  Tidak
 DJI Mavic Air 2  Ya, dengan waktu yang sangat terbatas dan menggunakan pelindung saat hujan gerimis ringan
 DJI Mavic 2 Pro  Tidak
 DJI Mavic Air 3  Tidak
 DJI Matrice 200  Ya
 DJI Agras  Ya

Baca juga: Drone DJI Mana yang Cocok untuk Anda? Ini Panduan Memilihnya!

1. DJI Mini / Mini 2

01. dji mini 2, drone dji, smart controller

Di jajaran drone DJI, seri Mini dan Mini 2 termasuk dalam drone berukuran kecil dan ringan. Beratnya hanya 250 gram saja dan bisa digunakan untuk keperluan bagi pecinta fotografi dan videografi. Sehingga cocok bagi pemula dan ukurannya sangat ergonomis. Meskipun ringan dan kecil, kedua drone ini tidak bisa diterbangkan saat kondisi hujan.

2. DJI Spark

drone dji mavic mini vs dji spark

Selanjutnya ada DJI Spark yang juga memiliki bobot yang ringan sekitar 300 gram. Drone ini disebut-sebut sebagai salah satu drone dengan teknologi mumpuni dari DJI namun ukurannya ringan dan kecil. Misalnya fitur intelligent flight control dan kamera yang memukau. Akan tetapi, drone ini tidak bisa diterbangkan saat hujan.

3. DJI Phantom 3 / Phantom 4

dji phantom, dji phantom 4, dji phantom 4 pro, drone dji 10

Sedangkan untuk DJI Phantom sering dipilih untuk keperluan fotografi dan videografi outdoor yang bisa diandalkan. Ini karena memiliki rotor dan desain yang tangguh, ukurannya pun cukup besar. Namun, pengambilan gambar dan video pada objek hanya bisa dilakukan saat cuaca cerah saja Sobat Doran.

4. Drone DJI Mavic Air 2

Mavic Air 2 menjadi drone terbaik untuk berbagai keperluan seperti traveling. Keunggulannya adalah bisa dilipat dan mudah dibawa ke mana saja. Di sisi lain, drone ini juga bisa diterbangkan saat gerimis ringan dalam waktu yang sangat terbatas. Hal ini karena sedikit bagian terbuka yang membuat air bisa memasuki komponen. Namun, agar lebih aman Anda bisa menggunakan pelindung khusus.

5. DJI Mavic 2 Pro

drone untuk traveling dji mini 2 dji mavic 2 zoom dji mavic 2 pro dji mavic air 2

Di jajaran seri Mavic berikutnya adalah Mavic 2 Pro yang dikhususkan untuk penggunaan profesional karena kemampuan dan keunggulan kameranya. Meski Mavic 2 Pro dapat menahan air dalam jumlah sedikit, namun drone ini tidak mampu menahan air hujan dalam waktu lama. Jadi, tidak bisa diterbangkan saat hujan.

Baca juga: Perbandingan DJI Mavic 3 vs Mavic 2 Pro yang perlu Anda Tahu

6. DJI Mavic 3

dji mavic 3 vs dji mavic 2 (2)

Setelah sukses mengeluarkan seri DJI Mavic 2 Pro, beberapa waktu lalu DJI Mavic 3 diluncurkan sebagai generasi penerusnya. Drone ini dikhususkan bagi profesional dengan fitur kamera memukau seperti dukungan dari kamera Hasselblad. Sayangnya, Anda tidak diperkenankan untuk menerbangkan drone ini saat kondisi hujan.

7. Drone DJI Matrice 200

drone dji, menerbangkan drone dji saat hujan

Dari sekian produk drone DJI, nampaknya DJI Matrice 200 inilah yang memiliki kemampuan untuk terbang saat kondisi hujan. Hal ini karena drone tersebut dirancang untuk keperluan industri. Ketahanan airnya didukung dengan sertifikasi ketahanan air IP43. Jadi, jika Anda menginginkan drone yang bisa diandalkan saat hujan untuk keperluan industri.

8. DJI Agras

Drone pertanian, Harga drone pertanian, Fungsi drone pertanian, Drone pertanian DJI, DJI Agras (1)

Sama halnya dengan DJI Matrice 2000, DJI Agras merupakan drone untuk industri agraria yang dapat diterbangkan saat kondisi hujan. Drone pertanian ini memiliki delapan buah rotor yang membuatnya semakin powerful, namun di sisi lain juga lebih mahal. Oleh karena itulah peruntukannya memang difokuskan untuk keperluan industri pertanian saja.

Menerbangkan Drone DJI Saat Hujan

drone dji, cara klaim drone DJI

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa tidak semua drone DJI bisa diterbangkan saat hujan. Hanya drone khusus untuk keperluan industrial saja yang dapat melakukannya. Selain seri Agras dan Matrice 200, semua drone DJI tidak dinjurkan diterbangkan pada saat kondisi cuaca gerimis, hujan, dan berembun. Sebab, pada drone terdapat bagian-bagian yang terbuka.

Bagian inilah yang dapat membuat air hujan masuk dan membuat komponen menjadi rusak hingga memicu korsleting. Terlebih lagi, air hujan mengandung asam yang berpengaruh bagi komponen seperti menimbulkan karat. Agar lebih aman, ada baiknya Anda memberikan pelindung dari air hujan saat membawa drone ini.

Anda bisa mendapatkan drone DJI terbaik hanya di authorized dealer DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali. Semua barang yang kami jual asli dan memiliki garansi resmi pabrikan. Informasi lebih lanjut, Anda bisa hubungi kami via WhatsApp di sini atau melalui channel Telegram Doran Gagdet.

*Temukan informasi menarik lainnya seputar drone beserta aksesorisnya dengan klik tautan ini.

Artikel terkait:

×