dji matrice 30 (3)

DJI IndonesiaPabrikan drone terkemuka dunia DJI baru saja merilis drone terbarunya di seri Enterprise, yakni DJI Matric 30 atau lebih dikenal dengan DJI M30. Drone ini disebut-sebut sebagai drone paling tangguh saat ini. Itu karena drone dapat dioperasikan bahkan di saat kondisi cuaca ekstrem sekalipun seperti hujan berat maupun bersalju. Seperti apa ketangguhan di spesifikasi umum dan fiturnya? Doran Gadget merangkumnya untuk Anda.

Spesifikasi Umum DJI Matrice 30

dji matrice 30 (1)

Ketangguhan DJI Matrice 30 memang sudah tak diragukan, hal itu bisa dilihat dari spesifikasinya secara umum yang cukup berbeda bila dibandingkan drone DJI lainnya. Melansir dari laman resmi DJI sendiri menyebutkan spesifikasi umum DJI Matrice 30 adalah sebagai berikut:

 Dimensi  470×585×215 mm (Tidak dilipat dan tanpa baling-baling)
 365×215×195 mm (dilipat)
 Kamera  1/2″ CMOS, Effective pixels: 48M (Zoom)
 1/2″ CMOS, Effective pixels: 12M (Wide)
 Resolusi Foto dan Video  4K/30 fps (video), 8K (foto)
 Kamera Thermal  640×512 pixel radiometric
 Perlindungan  IP55
 Lama Waktu Terbang  41 Menit di udara
 Temperatur Suhu  20° sampai 50° Celcius
 Koneksi  WiFi 6, Bluetooth 5.1

Baca juga: Cara Mendapatkan Lisensi Pilot Drone, Ini Syarat dan Ketentuannya!

Fitur Pada Drone DJI Matrice 30

Selain tangguh dari segi spesifikasi umumnya, dalam melihat performa drone yang tangguh di berbagai kondisi cuaca ini, penting pula dilihat keunggulan fiturnya. Berbagai ulasan seperti Drone DJ, New Atlas, hingga The Verge menyebutkan jika drone ini dilengkapi fitur yang tak ada pada seri DJI lainnya. Berikut beberapa di antaranya:

1. Desain

dji matrice 30 (2)

Jika dilihat dari segi desain, drone ini lebih compact atau bisa dibilang versi yang lebih ergonomis dari DJI Enterprise Matrice 300. Kaki-kaki pesawat drone pun dapat dilipat, sehingga lebih mudah untuk diletakkan pada tas khusus saat di bawa ke mana saja. Bobotnya sekitar 3,7 kilogram dan sangat cocok untuk penggunaan di sektor enterprise.

Selain itu, drone juga mengantongi sertifikasi ketahanan terhadap air dan debu IP55. Hal tersebut memungkinkan drone untuk terbang dalam kondisi hujan berat maupun cuaca bersalju secara ekstrem. Tak sampai di situ saja, DJI mengklaim drone ini mampu beroperasi pada suhu ekstrem mulai dari -20° sampai 50° Celcius.

2. Kamera DJI Matrice 30

dji matrice 30 (7)

Berikutnya, berbicara soal kamera pada drone terbaik DJI untuk seri enterprice ini juga tak kalah tangguh. Kameranya sudah menggunakan sensor CMOS 1/2 “ dengan resolusi 48MP dan optik 5x-16x dan pembesaran digital hingga 200 kali. Sedangkan untuk wide-angle camera memiliki resolusi 12MP.

Kamera juga mampu merekam video dalam resolusi 4K/30 fps dan foto 8K. Fitur kamera lainnya yang menjadi andalannya adalah pemantau yang menggunakan teknologi laser yang dapat mengunci kordinat secara presisi hingga 1,2 kilometer. Kemudian, juga ada platform OcuSync 3 Enterprise serta terdapat kamera FPV. Sedangkan pada modael M30T terdapat fitur tambahan kamera thermal 640×512 pixel radiometric.

Baca juga: Drone DJI Mana yang Cocok untuk Anda? Ini Panduan Memilihnya!

3. Baterai Tangguh

dji matrice 30 (5)

Beralih ke sektor baterai, DJI Matrice 30  ini dibekali dengan BS30 Intelligent Battery Station. Yakni perangkat portable untuk pengisian daya baterai pesawat drone maupun remote controller. Perangkat ini memiliki fitur pengisian cepat berkat fitur TEC yang bisa mengisi baterai drone dari 20% hingga 90% selama 30 menit. Hal itu juga membuat drone dapat terbang hingga 41 menit di udara dengan jarak tempuh 7 kilometer FCC.

4. Remote Controller dan Software Terbaik

dji matrice 30

Ketangguhan DJI M30 ini pun juga terlihat dri remote controller yang digunakan untuk menerbangkan pesawat drone. Remote ini dibekali dengan enam buah tombol utama dan layar serta baterai dengan umur pemakaian hingga 6 jam dan dapat diisi ulang kembali.

Di samping itu, DJI juga membekali drone yang bisa terintegrasi dengan software seperti DJI Flighthub 2 Fleet Management Cloud maupun dock DJI. Dengan begitu, pengoperasian drone menjadi lebih mudah untuk menunjang pekerjaan enterprise.

5. Harga Drone DJI M30

dji matrice 30 (4)

Hal yang terakhir adalah mengenai masalah harga. Pihak DJI sendiri belum menjelaskan secara detail berapa harga untuk drone enterprise ini. Hanya saja di website resminya dijelaskan untuk harga paket drone yang lengkap dengan remote controller DJI RC Plus, dua buah TB30 Intelligent Flight Batteries, dan satu buah BS30 Intelligent Battery Station termasuk box khususnya tertera 9,999+$ untuk seri M30. Sedangkan untuk model M30T dengan paket yang sama harga yang ditawarkan 13,999+$.

Baca juga: 10+ Drone dengan Kamera Terbaik Saat Ini

Penutup

dji matrice 30 (6)

Dari ulasan di atas, dapat dipastikan bahwa DJI Matrice 30 menjadi drone unggul saat ini yang mampu bertahan di berbagai kondisi cuaca ekstrem sekalipun. Hal itulah yang membuatnya dapat diandalkan untuk menunjang pekerjaan dengan baik. Lantas, kapan drone DJI Enterprise ini mulai dipasarkan di Indonesia? Kita tunggu saja ya, Sobat Doran!

Anda bisa membeli berbagai produk unggulan DJI seperti drone, gimbal kamera, dan lainnya di Doran Gadget yang merupakan authorized dealer DJI Surabaya, DJI Semarang, DJI Jakarta, dan DJI Bali. Informasi mengenai pembelian dan pemesanan produk DJI hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait: