Doran GadgetTempat wisata di Bali memang tidak pernah sepi dikunjungi wisatawan. Baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Ini karena di Pulau Dewata menawarkan panorama alam yang menakjubkan. Mulai dari pantai, perbukitan, gunung, dan wisata alam lainnya.

Bahkan, Anda bisa mengabadikan panorama tersebut melalui udara menggunakan drone. Mana saja tempat spot foto drone di Bali yang menakjubkan? Berikut ulasannya yang sayang untuk dilewatkan.

Tempat yang Dilarang untuk Foto Drone di Bali

fitur rth drone DJI
sc: DJI

Sebelum menuju ke tempat wisata di Bali dengan drone view terbaik, ada baiknya untuk memperhatikan terlebih dahulu peraturan hingga larangan yang ada. Untuk hal yang sifatnya komersial, tentu Anda harus memiliki izin yang dikeluarkan oleh pihak terkait. Kemudian, pastikan pula jika Anda tidak menerbangkan drone di area yang dilarang. Misalnya sekitar bandara, kompleks militer maupun kawasan terlarang lainnya.

Begitu pun dengan tempat-tempat yang dianggap sakral dan memiliki privasi bagi masyarakat setempat. Khususnya di area peribadatan maupun saat berlangsungnya aktivitas peribadatan tersebut. Misalnya saja tempat yang tidak boleh mengambil foto dengan drone antara lain di Tanah Lot, Uluwatu, Trita Empul, Pantai Pandawa, dan Tirta Gangga.

Kebanyakan, di Pura besar memang dilarang, apalagi kalau ada aktivitas ibadah karena dinilai bisa mengganggu kekhusyukan berdoa. Akan tetapi, di beberapa Pura diperbolehkan dengan catatan tidak ada aktivitas peribadatan. Selain itu, mendapatkan izin dari pemangku adat dan keagamaan maupun otoritas setempat.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 5 Aturan Penggunaan Drone di Indonesia

Tempat Wisata di Bali untuk Spot Foto Drone

Berikut beberapa rekomendasi spot foto di Bali yang memiliki panorama pemandangan alam yang indah dan menakjubkan untuk diabadikan:

1. Pantai Balangan

Tempat Wisata di Bali - Pantai Balangan
sc: Expedia

Bali memang terkenal dengan pantainya. Selain Pantai Sanur dan Pantai Kuta, ada beberapa yang bisa Anda eksplorasi. Salah satunya adalah Pantai Balangan yang ada di kawasan Kuta Selatan, Badung, Bali. Kontur alamnya terdiri dari pantai curam dengan tebing yang menjulang di bagian sisi-sisinya.

Perpaduan pasir pantai putih dan tebing inilah yang memberikan pemandangan menakjubkan dari udara. Anda dapat merekam dan mengambil foto dari atas tebing yang masih asri. Namun, saat mendaki tangga menuju tebing, sebaiknya Anda berhati-hati.

Baca juga: 10 Spot Foto Terbaik untuk Menerbangkan Drone di Jawa Timur

2. Terasering Ceking Gianyar

Tempat Wisata di Bali - Terasering Ceking
sc: Bali Government Tourism Office

Jika Anda ingin mendapatkan spot foto drone lain yang penuh kehijauan, cobalah untuk mengunjungi area persawahan Terasering Ceking yang berlokasi di Tegalang, Gianyar, Bali. Alamat tersebut sebenarnya tidak terlalu jauh dari Ubud, dan di sepanjang perjalanan Anda akan disuguhkan hamparan hijau memanjakan mata.

Tak heran jika pemandangan eksotis dari udara di sini menarik perhatian banyak orang. Bahkan, beberapa film tanah air maupun internasional banyak mengambil latar di lokasi ini. Tujuannya untuk menggambarkan kesan Bali yang khas. Terutama dengan paduan antara sistem perairan Subak, pepohonan kelapa yang menjulang, hingga hamparan padi hijau.

3. Danau Batur

Tempat Wisata di Bali - Danau Batur
sc: IdeTrips

Keindahan Danau Batur sayang untuk Anda lewatkan dan diabadikan dengan drone. Oleh karena itu, kurang pas rasanya jika ke Bali tidak memasukkan Danau Batur ini ke wishlist perjalanan Anda. Sebab, tak hanya hamparan birunya air danau saja yang tersaji di sini, tetapi juga pemandangan Gunung Abang dan Gunung Batur sebagai latarnya.

Lokasi favorit untuk menerbangkan drone di kawasan Danau Batur adalah dari atas Penelokan maupun di pinggir Danau Batur. Namun, jika Anda menginginkan pemandangan secara keseluruhan dan area yang mengelilingnya, maka merekam dan memfoto dari Penelokan adalah pilihan yang tepat.

Baca juga: 8 Tips Memilih Drone untuk Fotografi Udara

4. Bukit Gunaksa

Tempat Wisata di Bali - Buikit Gunaksa
sc: Bali Travel Diary

Tempat wisata di Bali yang menawarkan panorama yang indah lainnya adalah Bukit Gunaksa. Lokasinya pun tidak jauh dari pusat kota Denpasar. Anda hanya perlu menuju arah timur sekitar 45 menit dari Denpasar ke perbukitan Gunaksa dengan melewati Jalan By-Pass Ida Bagus Mantra.

Setelah sampai di kawasan ini, Anda akan disuguhkan pemandangan perbukitan Gunaksa dan latar belakang Gunung Agung yang tinggi menjulang. Tentu, keberadaan Gunung Agung tersebut dapat memberikan impresi lebih pada foto drone yang dibidik. Kemudian, di bawah bukit pun terhampar persawahan hijau nan luas.

5. Air Terjun Tibumana

Tempat Wisata di Bali - Air Terjun Tibumanas
sc: Omnivagant

Bosan dengan suasana pantai? Anda bisa mencoba mengunjungi pesona Air Terjun Tibumana. Nama lain dari air terjun ini adalah Air Terjun Kembar. Sebab, terdapat dua air terjun yang mengalirnya bersamaan dari ketinggian kurang lebih 20 meter. Lokasinya berada di Susut, Bangli, Bali.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi kawasan ini adalah saat musim hujan karena curah air tinggi. Namun, Anda tidak diperbolehkan mandi di kawasan sini. Untuk menuju lokasi, pengunjung harus melewati anak tangga terlebih dahulu. Barulah pada saat berada di sekitar lokasi, Anda bisa menerbangkan drone dengan ketinggian tertentu.

Baca juga: 5 Drone Terbaik untuk Content Creator

6. Batu Putih Pantai Melasti

Tempat Wisata di Bali - White Rock Melasti
sc: TripAdvisor

Saat Anda mengunjungi Pantai Melasti, pastikan untuk mengeksplorasi seluruh area di sini. Hal ini karena keindahannya seolah tak pernah habis untuk dinikmati. Lokasi ini berada di daerah Ungasan, Badung, Bali. Jika Anda berangkat dari Pantai Kuta maka waktu yang diperlukan untuk ke tempat ini sekitar 25 menit saja.

Selain hamparan pasir putih yang luas, tebing batu putihnya menjadi salah satu spot foto di Bali terbaik. Apalagi kalau Anda mengabadikannya dengan menggunakan drone. Tentu, hamparan pasir putih dan bebatuan yang tinggi menjulang di sekitarnya juga akan terfoto secara menyeluruh.

7. Taman Bunga Gemitir

Tempat Wisata di Bali - Taman gemitir
sc: Good News from Indonesia

Taman bunga gemitir memang menjadi tempat wisata baru di Bali yang instagramable dan cocok untuk bikin konten. Sebagai informasi, bunga gemitir sering digunakan oleh masyarakat Bali untuk upacara keagamaan. Tak heran jika banyak dibudidayakan di berbagai tempat sehingga menjadi hamparan bunga nan indah.

Saat ini, ada beberapa taman bunga gemitir yang bisa difoto dari udara. Di antaranya adalah Kebun Bunga Gemitir Karangasem, Kebun Bunga Marigold Badung, Kebun Bunga Gemitir Klungkung, dan lain sebagainya. Saat cuaca cerah adalah waktu yang pas untuk memotretnya dari udara karena sepanjang area kebun terhampar bunga dengan warna orange cerah.

Baca juga: 5 Cara Membawa Drone di Pesawat Terbang yang Aman

8. Area di Sekitar Patung Catur Muka

Tempat Wisata di Bali - Catur Muka
sc: The Bali Bible

Bagi Anda yang ingin mengambil footage di area perkotaan, maka pilihannya adalah sekitaran Patung Catur Muka yang ada di Denpasar. Mengingat patung ini dikenal sebagai landmark kota Denpasar dengan aktivitasnya yang dinamis dari waktu ke waktu.

Keunikan dari patung ini adalah memiliki empat wajah dengan menghadap pada mata arah angin. Keberadaan patung tersebut juga berada di persimpangan jalan utama yang ramai lalu lalang kendaraan bermotor. Dengan begitu sangat cocok untuk dijadikan foto perkotaan Bali modern dan masih mempertahankan budayanya.

9. Nusa Penida

Tempat Wisata di Bali - Pantai Kelingking
sc: Digital Travel Couple

Nusa Penida memang dikenal dari dulu dengan pemandangan alam berupa pantai yang menakjubkan. Salah satunya adalah Pantai kelingking yang beberapa waktu belakangan ramai di media sosial. Hal tersebut karena hamparan pasir putihnya yang berkilau disertai kondisi alam yang masih asri di sekitarnya.

Seperti namanya, jika dilihat dari atas pantai ini memang terlihat seperti jari kelingking. Kerennya lagi, pintu masuknya ada di tebing yang memanjang ke arah samudera. Tempat ini juga menjadi favorit untuk berfoto. Namun jika Anda menggunakan drone, perhatikan pula kecepatan angin saat menerbangkannya.

Baca juga: 5 Drone untuk Traveling di Pantai, Abadikan Impresif!

10. Kawasan Canggu

Tempat Wisata di Bali - Batu Bolong Canggu
sc: Conde Nast Traveler

Terakhir, ada kawasan Canggu yang dikenal sebagai salah satu lokasi populer di Bali. Hal ini memang bukan tanpa alasan, karena di Canggu banyak spot menarik mulai dari hiburan modern hingga spot pemandangan alam yang tidak kalah menakjubkan. Sebut saja seperti Batu Bolong, Pantai Echo, Pantai Seseh, Pantai Pererenan, hingga Pantai Berawa.

Ada pula vila yang berada di tepian sawah dan lengkap dengan kolam renang untuk keluarga. Jadi, Anda bisa merekam aktivitas dan panorama alam sekitar sembari liburan bersama keluarga. Menarik bukan? Apalagi saat menerbangkan drone dalam kondisi cuaca yang cerah.

Penutup

sc: DJI

Menarik bukan Sobat Doran, beberapa tempat wisata di Bali yang cocok untuk spot foto drone di atas? Mana tempat yang akan Anda kunjungi di tahun ini? Di mana pun tempatnya, pastikan lakukan persiapan dengan matang. Mulai dari akomodasi hingga perlengkapan drone yang akan dibawa nantinya.

Termasuk mematuhi semua peraturan maupun larangan yang ada. Jangan sampai karena ketidaktahuan Anda menjadi salah paham saat mengambil foto dari udara. Terlebih lagi jika Anda melakukan pengambilan foto atau video untuk aktivitas komersial.

Selamat mencoba!

Artikel terkait: