spot foto terbaik untuk drone - FI

Doran GadgetSpot foto terbaik di berbagai daerah saat ini banyak diburu oleh para pehobi fotografi drone. Jawa Timur adalah salah satunya yang memiliki destinasi wisata alam terbaik yang bisa dipilih.

Mulai dari alam pegunungan, pantai, air terjun, hingga pemandangan kota yang menakjubkan. Mana saja tempat terbaik untuk hunting foto drone di tahun ini? Simak ulasannya sampai tuntas, Sobat Doran!

Spot Foto Terbaik di Jawa Timur

Berikut spot terbaik untuk berburu foto terbaik dari angkasa menggunakan drone yang ada di berbagai kota di Jawa Timur.

1. Kawah Ijen

spot foto terbaik untuk drone (1)
sc: The Travel Author

Spot foto terbaik menerbangkan drone pertama adalah Kawah Ijen yang berada di Banyuwangi. Daya tarik dari destinasi wisata ini adalah pemandangan alam dengan tambang belerang yang terhampar. Di sini, Anda dapat melihat pula aktivitas penambang di pagi hari.

Saat malam hari, kawasan ini memiliki daya tarik yakni Blue Fire. Khususnya pada dini hari sekitar pukul 01:00 – 03:00 WIB. Jika ingin mendapatkan foto Blue Fire terbaik, pastikan drone Anda kompatibel saat diterbangkan malam hari atau kondisi yang minim cahaya untuk meminimalisir risiko.

Baca juga: 5 Tips Menerbangkan Drone di Malam Hari

2. Gunung Bromo

spot foto terbaik untuk drone
sc: Trip Advisor

Selanjutnya, kurang lengkap rasanya jika menyebut spot foto terbaik di Jawa Timur tanpa merekomendasikan pemandangan alam Gunung Bromo di Probolinggo. Waktu terbaik mengunjungi gunung dengan ketinggian sekitar 2.329 mdpl ini adalah saat musim panas. Sebab, saat difoto dari atas, aura magis dan kemegahan gunung ini akan terlihat jelas.

Saat pagi hari, Anda bisa mengabadikan momen matahari terbit menembus kabut di area Penanjakan. Alternatif lainnya adalah mengabadikan hamparan lautan pasir yang luas. Ada pula area lainnya yang menarik untuk diabadikan dari angkasa di kawasan Gunung Bromo, seperti Bukit Teletubbies.

3. Bukit Jaddih

spot foto terbaik untuk drone (2)
sc: Portal Bangkalan

Rekomendasi lokasi hunting foto drone Jawa Timur ketiga yakni Bukit Jaddih. Lokasinya ada di Kabupaten Bangkalan yang berjarak kurang lebih  27 kilometer dari Surabaya. Anda pun harus menyeberang ke Pulau Madura via Jembatan Suramadu atau menggunakan kapal laut yang tidak kalah indahnya.

Daya tarik bukit ini adalah pemandangan lokasi penambangan batu kapur yang sudah tidak digunakan lagi. Hal itu membuat bukit memiliki kontur yang menarik jika dilihat atau difoto dari angkasa. Jangan lupa, setelah berburu foto Anda dapat berburu kuliner lokal di sekitar lokasi untuk mengisi perut dan tentu rasanya menggoda selera.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 5 Aturan Penggunaan Drone di Indonesia

4. Taman Nasional Baluran

spot foto terbaik untuk drone (4)
sc: Dinas Pariwisata Kabupaten Situbondo

Di nomor empat kita beranjak ke ‘Africa van Java’ atau Taman Nasional Baluran yang berada di perbatasan antara Kabupaten Situbondo dan Kabupaten Banyuwangi. Dari Banyuwangi, memakan waktu sekitar 1.5 jam via jalur darat. Sepanjang perjalanan menuju taman nasional, Anda akan melewati hutan jati.

Setelah sampai di pos perhentian yakni di Bekol, terhampar savana yang luas dengan beraneka satwa seperti kerbau, rusa, merak, dan lainnya. Tentu, pemandangan ini sayang untuk dilewatkan dari bidikan kamera drone. Di sekitar Taman Nasional Baluran, juga terdapat Pantai Bama yang tekenal dengan keasrian dan hamparan pasir putih yang masih bersih.

5. Spot Foto Terbaik – Air Terjun Madakaripura

spot foto terbaik untuk drone (7)
sc: Trip Advisor

Masih di Probolinggo, spot foto drone kelima yang bisa dituju adalah Air Terjun Madakaripura. Aliran air di sini berasal dari mata air Gunung Bromo. Sebab, lokasinya pun tidak begitu jauh. Yakni kurang lebih 1 jam di sebelah utara Gunung Bromo. Konon, di sinilah Patih Gajah Mada dari kerajaan Majapahit bertapa.

Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 200 meter dan menjadi yang tertinggi di Pulau Jawa. Biasanya, travel agent memasukkan destinasi wisata ini satu paket dengan wisata Gunung Bromo. Abadikan momen terbaik Anda di sini pada siang hari dari angkasa untuk melihat keindahannya.

Baca juga: 5 Tips Bawa Drone Saat Liburan, Abadikan Momen Terbaikmu!

6. Panorama Surabaya Malam Hari

spot foto terbaik untuk drone (5)
sc: Facebook/Bangga Surabaya

Tidak hanya pemandangan alam saja, panorama kota Surabaya malam hari menarik untuk diabadikan. Sebagai ibukota Provinsi Jawa Timur, Surabaya memiliki sejumlah pemandangan menarik jika dilihat dari langit. Terutama saat malam hari yang gemerlapan dengan lampu yang berwarna-warni.

Beberapa spot yang menarik antara lain di pusat kota Surabaya, kawasan Surabaya Utara dengan latar pemandangan Jembatan Suramadu, maupun di sekitaran Tugu Pahlawan. Sebenarnya, masih ada tempat lain di Surabaya untuk dieksplor malam hari dari angkasa. Anda dapat menghubungi komunitas pecinta drone di kota ini untuk berburu spot bersama.

7. Pantai Tanjung Papuma

spot foto terbaik untuk drone (8)
sc: Fimela

Jawa Timur juga memiliki pemandangan pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Papuma yang berlokasi satu jam ke arah selatan Kabupaten Jember. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang memanjang. Selain itu, juga terdapat hamparan batu koral yang indah saat siang hari.

Pemandangan 360° di area sekitaran pantai bisa Anda saksikan dengan mendaki bukit Siti Hinggil. Mulai dari pemandangan pasir putih, batu koral, hingga perahu-perahu nelayan yang berjajar rapi bersandar dekat pantai. Untuk menerbangkan drone di sini, sebaiknya Anda perhatikan pula kecepatan angin yang ada dan ketinggiannya.

Baca juga: 7 Wisata Outdoor Terbaik Indonesia Ini Sudah Mendunia Lho!

8. Pulau Merah

spot foto terbaik untuk drone (6)
sc: Tiket.com

Sedikit ke timur, kita beralih ke kota tetangga Jember yakni Banyuwangi. Panorama di pantai ini selain pasir putih yang terhampar luas, juga terdapat bukit kecil dengan ketinggian 200 meter berwarna kehijauan dan tanah berwarna merah terletak di sekitaran bibir pantai. Anda bisa mengunjungi dengan berjalan kaki saat air pantai surut.

Keindahan lainnya dari pantai ini adalah ombaknya yang tinggi dan sering dijadikan destinasi untuk berselancar. Anda pun dapat mengabadikan bagaimana para surfer meliuk-liuk di tengah gulungan ombak pada kamera drone. Akan tetapi, perhatikan juga kecepatan angin saat menerbangkannya, ya!

9. Candi Penataran

spot foto terbaik untuk drone (3)
sc: Blitarkab.id

Suka mengunjungi situs sejarah? Candi Penataran yang ada di Blitar ini layak untuk dikunjungi. Selain memiliki nilai historis, pemandangan dari angksanya pun tidak kalah keren. Lokasi candi Hindu ini berada di sekitaran lereng Gunung Kelud yang memiliki hawa sejuk.

Dahulu, candi ini dibangun sejak era Kerajaan Kediri dan masih digunakan pada zaman Kerajaan Majapahit. Relief di candi ini juga tidak kalah menarik, seperti kisah epos Anoman Obong. Anda bisa melihat keindahan dan merasakan sensasi berbeda ketika melihatnya dengan menggunakan drone FPV.

Baca juga: 5 Drone Terbaik untuk Content Creator

10. Air Terjun Tumpak Sewu

spot foto terbaik untuk drone (9)
sc: Trip Advisor

Rekomendasi spot foto drone terbaik adalah Air Terjun Tumpak Sewu. Saking kerennya pemandangan dari atas, air terjun ini disebut-sebut mirip dengan Air Terjun Niagara yang ada di kawasan Amerika Utara. Lokasi air terjun ini berada di perbatasan antara Kabupaten Malang dengan Kabupaten Lumajang.

Apabila dilihat dari angkasa, air terjun ini memiliki bentuk yang unik. Yakni menyerupai tirai yang lebar. Hal itu berasal dari adanya aliran sungai yang bercabang dari Sungai Glidik. Adapun aliran airnya berasal dari mata air Gunung Semeru yang sejuk dan menyegarkan. Terutama saat berkunjung di siang hari.

Penutup

sc: DJI

Itulah beberapa spot foto terbaik untuk menerbangkan drone yang ada di Jawa Timur. Jadi, destinasi mana dulu yang akan Anda kunjungi, Sobat Doran? Ada rekomendasi lainnya? Anda bisa tambahkan sendiri. Jangan lupa untuk selalu pahami peraturan dan persyaratan saat menerbangkan drone di tempat tersebut, ya!

Selain itu, perhatikan juga faktor lain seperti kecepatan angin agar Anda dapat menerbangkan drone dengan nyaman. Kemudian, pastikan drone dalam kondisi prima ketika diterbangkan. Mulai dari kondisi baterai yang cukup, sinyal GPS yang menjangkau, dan lainnya.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

>