Doran GadgetMenerbangkan drone di malam hari memiliki tantangan tersendiri dibandingkan dengan menerbangkan dalam kondisi siang hari. Sebab, malam hari cenderung gelap dan jarak pandang terbatas. Namun, bukan berarti Anda tidak bisa menerbangkannya. Pengguna masih bisa menerbangkan drone tersebut dengan beberapa catatan. Apa saja? Simak ulasannya dalam artikel kali ini!

Hal Penting Saat Menerbangkan Drone di Malam Hari

Untuk menerbangkan drone di malam hari, sedikit berbeda dengan menerbangkannya di siang hari atau dalam kondisi terang. Berikut beberapa hal penting yang harus diperhatikan:

1. Patuhi Peraturan yang Ada

Drone tahan air terbaik

Hal penting pertama adalah Anda harus memahami peraturan menerbangkan drone yang ada. Dalam aturan internasional atau FAA drone dapat diterbangkan di malam hari. Namun, tidak melebihi jarak pandang yakni 400 kaki atau sekitar 122 meter. Sedangkan ketinggian penerbangan yang ideal malam hari ialah 91 meter.

Di Indonesia sendiri, aturan mengenai penerbangan drone sudah diatur dalam PM Perhubungan Nomor 37 Tahun 2020. Dengan membatasi ketinggian dan jarak terbang drone di malam hari ini bertujuan untuk melindungi drone dari hal tak diinginkan seperti menabrak objek atau terjatuh karena keterbatasan jarak pandang.

Baca juga: Intip Bahaya Menerbangkan Drone di Atas Tebing

2. Kondisi Cuaca Harus Bagus

Selanjutnya, pastikan kondisi cuaca cerah saat menerbangkan drone di malam hari. Hindari memaksakan menerbangkan drone pada saat kondisi cuaca kurang baik. Misalnya saja ketika cuaca mendung, kabut, atau gerimis, hingga kecepatan angin. Apabila Anda terpaksa harus menerbangkannya, maka ketahui cara menerbangkan saat hujan.

Beberapa drone memang memiliki ketahanan terhadap air. Namun, tetap saja hal itu perlu perhatian ekstra. Menerbangkan drone saat gerimis di malam hari tentu ada dua risiko. Yakni keterbatasan pandangan dan potensi air masuk ke komponen bagian dalam drone sehingga mengganggu performa dan bisa merusak komponen yang ada.

3. Menerbangkan Drone di Malam Hari – Pengaturan Kamera

Ketiga, karena menerbangkan drone di malam hari beda dengan siang hari maka pengaturan kamera perlu diperhatikan. Beberapa hal penting di kamera yang perlu diatur khusus di antaranya adalah:

  • Arahkan kamera ke manual dan pertahankan ISO di 100 agar noise gambar bisa diredam.
  • Periksa shoot atau bidikan visual dan kecepatan rana setidaknya sekitar 1.5-4 detik.
  • Ubahlah setting “White Balance” ke “Manual’ pada kisaran 2000-3000k. Kemudian, aturlah sesuai kebutuhuan.
  • Matikan LED depan sesaat ketika mengambil foto. Hal itu dilakukan agar warna merah yang ada tidak merusak snap dan hasil bidikan foto.

Setelah membuat foto dan video, periksa hasil bidikan dan editlah seperlunya agar gambar tetap estetik.

Baca juga: Amankah Menerbangkan Drone DJI Saat Hujan? Ini Jawabannya!

4. Terbang di Area yang Aman

Tips yang keempat, sebaiknya Anda harus terbangkan drone di area yang aman. Aman di sini adalah tidak terlalu banyak rintangan seperti gedung, pepohonan, dan lainnya. Selain itu, patuhi aturan menerbangkan di area terlarang seperti sekitar bandara, kompleks militer, maupun istana negara.

Jika harus menerbangkannya di area yang cukup ramai, seperti konser musik dan acara lainnya pertimbangkan ketinggian penerbangannya. Selain itu, pastikan juga drone dalam kondisi baik. Seperti baterainya yang cukup, fitur RTH yang diaktifkan, dan lain sebagainya.

5. Pencahayaaan yang Cukup

aplikasi drone DJI

Terakhir yang harus diperhatikan adalah, pastikan saat menerbangkan drone pencahayaannya cukup. Memang, sebagian besar drone dilengkapi dengan lampu dan penerangan. Namun, hal tersebut dinilai masih kurang.

Menyematkan lampu tambahan jadi alternatif yang bisa dipilih, meski begitu hal tersebut juga akan menambah bobot drone dan berpengaruh terhadap performanya. Oleh karena itulah, Anda dapat menerbangkan drone ini di sekitar area dengan penerangan yang cukup. Tujuannya agar drone tetap dalam pandangan dan aman diterbangkan.

Baca juga: 10 Tips Mencegah Drone Menabrak atau Jatuh

Penutup

Itu dia Sobat Doran ulasan mengenai apakah boleh menerbangkan drone di malam hari dan tips yang perlu diperhatikan. Dengan memperhatikan tips dan aturan yang berlaku tersebut, Anda akan merasa lebih nyaman dan aman. Terutama saat mengambil foto dan video di tempat yang ramai seperti konser musik dan lain sebagainya.

Hal penting lainnya adalah pastikan Anda menggunakan drone terbaik dan mumpuni. Seperti drone DJI yang bisa Anda dapatkan di Doran Gadget. Sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali, kami menjual drone original dengan garansi resmi pabrikan.

Raih kesempatan meraih harga terbaik di promo dan program tertentu. Informasi lebih lanjut, hubungi kami via WhatsApp  di sini. Jangan lupa untuk follow Instagram Doran Gadget dari HP Anda sekarang juga!

Artikel terkait:

× WhatsApp