Doran Gadget – Menerbangkan drone memang tidak bisa sembarangan. Meskipun ada klaim tentang drone yang tahan angin atau tahan badai, tetap saja untuk menjaga agar drone tidak rusak adalah memeperhatikan penggunaan dan wilayah drone di terbangkan. Bagi yang suka kegiatan ekstrem, sebenarnya ada bahaya saat menerbangkan drone di atas tebing. Apakah bahayanya? Mari simak selengkapnya berikut ini. 

Bahaya Menerbangkan Drone di Atas Tebing 

Meskipun drone sangat berguna untuk mengambil gambar dalam pemetaan atau melihat keindahan alam sekitar dengan menerbangkannya di atas tebing. Agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan, perhatikan juga bahaya menerbangkan drone di atas tebing yang akan dilansir dari droneflyingpro.com, selengkapnya di bawah ini!

1. Cuaca

Hal paling utama yang harus diperhitungkan saat menerbangkan drone adalah memperhatikan ramalan cuaca. Karena tidak semua drone tahan air dan angin kencang. Karena itulah, pastikan untuk mengetahui keadaan cuaca dengan baik saat menerbangkan drone. Terlebih lagi tentang hembusan angin dan pastikan drone tidak lebih tinggi dari dua pertiga dari kecepatan horisontal maksimum drone tersebut. Perhatikan juga terhadap updraught, karena drone tidak bisa berada di hembusan lebih dari dua pertiga kecepatan maksimum horisontalnya jika terbang di dekat tebih. 

Baca juga: Manfaat Pencitraan Multispektral dalam Pertanian Menggunakan Drone

2. Mengurangi Kekuatan Sinyal 

Ada kemungkinan drone akan sulit untuk menangkap sinyal jika diterbangkan di atas terbing. Karena itu tak heran banyak drone yang jatuh ke dasar jurang karena hal ini. Hal ini dikarenakan drone kemungkinan akan kehilangan sinyal WiFi yang bisa mengarahkannya untuk kembali ke tempatnya. Belum lagi bagi beberapa drone membutuhkan stabilitas sinyal yang tinggi untuk bsia digerakkan dengan mulus. Pastikan untuk memasang pelacak sehingga Anda masih bisa menemukan drone yang kehilangan kontak dengan remote controll atau menghilang total. 

 

3. Baterai Jadi Lebih Cepat Habis 

Percaya tidak percaya, alasan bahaya menerbangkan drone di atas tebing adalah karena baterai drone bisa habis dengan cepat jika diterbangkan pada tempat yang tinggi. Baik itu tebing atau hutan, Anda harus memastikan tahu kapan drone untuk pulang kembali mengingat baterainya bisa habis lebih cepat daripada yang diperkirakan. 

4. Updrafts 

Karena sifat alam, menerbangkan drone di atas tebing mampu menyebabkan updraughts yang signifikan terlebih ketika angin datang dari laut dan menabrak tebing yang mampu membuat drone menjadi tidak stabil. Belum lagi ketika pilot drone tidak tahu bagaimana menggunakannya dengan kecepatan vertikal atau horizontal yang bisa memperburuk keadaan drone. 

Baca juga: 5 Aplikasi Pemetaan Drone untuk Proyek Anda

Dapatkan Drone DJI Original di Doran Gadget 

Itulah bahaya menerbangkan drone di atas tebing yang harus Anda ketahui. Bila Anda ingin membeli drone DJI original, Anda bisa membelinya di Doran Gadget selaku official store DJI. Kunjungi store kami yang tersebar di kota Jakarta, Semarang, Bali, dan Surabaya. Anda juga bisa membelinya via online melalui website atau aplikasi kami yang bisa diunduh di sini. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami via WhastApp di sini. 

Artikel terkait:

× WhatsApp