Doran Gadget – Saat melakukan perjalanan baik itu keluar kota maupun keluar negeri, Anda mungkin akan menggunakan pesawat sebagai alat transportasi. Bagi pemilik drone dan ingin membawa dronenya pergi ke wilayah lain menggunakan pesawat, sebaiknya memastikan telah mengikuti aturan tentang membawa drone di pesawat terbang. Karena hal tersebut sudah merupakan regulasi dari pemerintah, untuk lebih jelasnya mari simak selengkapnya berikut ini. 

Aturan Membawa Drone di Pesawat Terbang

Kemenhub menerbitkan surat edaran terkait petunjuk teknis penanganan drone yang dibawa penumpang menggunakan pesawat udara. Dalam surat edaran AU.201/16/23/DJPU.DKP-2022 menyebutkan bahwa pesawat udara kecil tanpa awak yang dibawa penumpang ke dalam pesawat udara dilakukan oleh Badan Usaha Angkatan Udara dan Perusahaan Angkatan Udara Asing serta Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara dan Badan Usaha Bandar Udara. 

Drone yang dibawa juga harus memenuhi sejumlah kriteria seperti berikut ini. 

  • Baterai harus terpisah atau terlepas dari drone dan harus diangkut sebagai bagasi kabin.
  • Baterai harus mempunyai daya jam (watt-hour) tidak lebih dari 100 Wh. Jika kapasitas baterai antara 101 – 160 Wh maka tidak boleh lebih dari 160 Wh, bagi yang mempunyai daya jam lebih dari 160 Wh maka dilarang dibawa menggunakan pesawat udara.
  • Baterai cadangan baik lithium maupun non-lithium hanya boleh dibawa maksimal dua unit dan harus ditempatkan dalam bagasi kabin, baterai cadangan juga harus dilindungi secara terpisah sehingga tidak terjadi hubungan arus pendek. 

Baca juga: Intip Bahaya Menerbangkan Drone di Atas Tebing

Tips Membawa Drone di Pesawat Terbang

Setelah mengetahui aturan-aturan yang ada, dan drone Anda telah sesuai kriteria maka Anda bisa mengikuti beberapa tips membawa drone di pesawat terbang, selengkapnya di bawah ini

1. Baterai di Bawah 30%

Seperti aturan yang ada, baterai tidak boleh lebih dari 100 Wh dan 160 Wh. Karena itu Anda bisa memastikan baterai drone kapasitasnya berada di bawah 30% terutama jika baterai dan drone berada dalam satu penerbangan yang sama. 

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 5 Aturan Penggunaan Drone di Indonesia

2. Pisahkan Drone dan Baterai 

Sesuai dengan aturan, Anda wajib melepas baterai dan drone untuk urusan keamanan dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti korsleting karena arus pendek. Setelah sampai di tempat tujuan, barulah Anda bisa memasangnya kembali baterai tersebut ke dalam bodi drone untuk digunakan.

3. Gunakan LiPo Safe Bag

Gunakan tas khusus yang mampu menjaga baterai dengan baik, mulai dari kelembaban, tekanan, dan suhunya. Banyak maskapai penerbangan yang mewajibkan pengguna untuk menggunakan tas khusus baterai (safe bag) untuk traveling dengan membawa drone. 

Baca juga: Cara Mendapatkan Lisensi Pilot Drone, Ini Syarat dan Ketentuannya!

4. Gunakan Tas Khusus Drone

Tas atau case untuk drone juga wajib digunakan saat membawa drone di pesawat terbang. Pilih tas khusus drone yang cocok dengan drone milik Anda. Sehingga drone lebih aman saat dibawa dalam perjalanan jauh sekalipun. 

5. Simpan Drone dan Baterai di Kabin pesawat 

Pastikan untuk menyimpan baik baterai maupun drone di dalam kabin pesawat. Tujuannya agar jika terjadi sesuatu, maka Anda bisa dengan mudah mengambil tindakan dengan lebih tepat mengingat Anda yang lebih paham dengan barang bawaan Anda. Dalam hal ini, usahakan sudah lolos cek dari pihak bandara. Pilih tas yang paling compact dengan ukuran drone Anda supaya tidak kebesaran saat masuk kabin. 

Baca juga: 5 Fungsi Lisensi Pilot Drone yang Perlu Anda Tahu

Dapatkan Drone Terbaik dari DJI 

Itulah beberapa cara membawa drone di pesawat terbang dengan baik dan benar. Pastikan untuk selalu membawa drone dan baterai dengan tas khusus / safe bag. Bagi Anda yang ingin membeli drone, Anda bisa mendapatkan drone terbaik dari DJI di Doran Gadget selaku official store DJI SurabayaSemarang, Jakarta, dan Bali. Anda bisa mendapatkan drone DJI secara offline ataupun online dengan cara pembelian melalui website atau melalui aplikasi Doran Gadget yang bisa diunduh di sini. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami via WhatsApp di sini

Artikel terkait:

× WhatsApp