8 Tips Memilih Drone Untuk Fotografi Udara

fotografi drone dji original dji phantom dji mavic

Dorangadget.com Fotografi udara menggunakan drone memungkinkan Anda untuk mengambil foto yang sebelumnya hanya dapat diambil dari helikopter, pesawat atau harus menaiki bangunan yang tinggi. Saat ini, banyak fotografer yang membeli drone untuk mengasah skill fotografi mereka. Selain itu, pemandangan dari atas juga lebih memanjakan mata.

Jika Anda tertarik dengan fotografi udara, dalam artikel ini, DJI Surabaya akan membahas 8 tips memilih drone yang tepat. Anda harus memilih dengan benar agar Anda mendapatkan kepuasan dari hobi dan Anda tidak perlu membeli drone lagi setidaknya untuk waktu yang lama.

Berikut 8 Tips memilih drone untuk fotografi udara:

1. Kualitas Gambar yang Paling Penting

fotografi udara drone dji original dji phantom dji mavic

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang kamera, Anda pasti tahu bahwa sensor secara langsung mempengaruhi kualitas gambar. Ini juga berlaku untuk drone fotografi. Di pasar drone, sensor 1 inci muncul sebagai standar baru yang digunakan oleh drone seperti Mavic 2 Pro baru dan drone profesional seperti  Phantom 4 Pro V2.0.

Drone fotografi profesional paling tangguh yaitu Inspire 2 menggunakan kamera Zenmuse X5, menggunakan sensor CMOS 4/3 inci. CMOS yang lebih besar membuatnya lebih mudah untuk merekam dengan kualitas tinggi dalam cahaya rendah. Tetapi untuk memotret siang hari, menggunakan Mavic Pro dan Phantom, keduanya sanggup memberikan gambar berkualitas tinggi.

2. Apakah Membutuhkan Video 4K?

Resolusi video drone dapat bervariasi dari HD kualitas rendah hingga 4K. Jika pengeditan video Anda melibatkan penambahan filter dan mengunggah ke Facebook atau Instagram, merekam dalam 1080p sudah cukup. Tetapi jika Anda seorang vlogger atau Anda ingin merekam video sinematik, sebaiknya Anda menggunakan 4K.

Pengeditan video akan mengurangi resolusi rekaman karena penskalaan, pemutaran, dan pemotongan. Jika Anda memulai dengan materi sumber 1080p, video yang dihasilkan mungkin terasa kurang tajam. Video 4K memberi Anda banyak piksel ekstra untuk dimainkan.

Anda juga dapat melihat frame per second (fps) yang tercantum dalam spesifikasi drone. Fps menentukan berapa banyak gambar yang dapat diambil kamera setiap detiknya. 24fps hingga 30fps merekam rekaman yang mulus. Namun, untuk efek khusus seperti slow motion, Anda mungkin memerlukan 60fps.

3. Support Format Raw / DNG

fotografi udara drone dji original dji phantom dji mavic

Jika Anda tidak melakukan editing dengan Lightroom atau Photoshop, abaikan bagian ini. Tetapi hampir setiap fotografer mengedit foto mereka dengan cara dan aplikasi yang bermacam-macam. Jika drone fotografi dapat memotret foto RAW / DNG, ini memungkinkan pengeditan yang lebih luas untuk hasil yang Anda inginkan.

Format RAW / DNG adalah format mentah foto. Sebuah foto akan merekam semua data yang diterima oleh sensor kamera ini sangat membantu untuk pemotretan malam hari. Format RAW / DNG membuat fotografer bereksperimen lebih luas.

4. Drone Mampu Melayang Dengan Stabil

Kemampuan drone yang mampu terbang dengan stabil sangat penting untuk kualitas gambar. Jika drone tidak dapat terbang dengan stabil, drone akan menghasilkan gambar yang kabur. Saat melayang dengan stabil, drone membutuhkan sistem kontrol penerbangan dan sensor onboard yang canggih.

Dalam hal ini, banyak pilot setuju bahwa drone DJI adalah model terbaik saat ini untuk fotografi drone. 

5. Pilih Drone Fotografi Dengan Gimbal Terpasang

Gimbal adalah peralatan penting untuk video yang stabil. Beberapa drone kamera murah hanya menawarkan gimbal sebagai aksesori atau tidak sama sekali. Tanpa gimbal, perekaman video akan terasa kasar.

Selalu ingat untuk memilih drone kamera dengan gimbal terpasang untuk menghindari hal ini. Seri DJI Phantom dan Mavic 2 baru juga menggunakan gimbal 3 sumbu kecil yang dirancang untuk drone yang lebih kecil. 

6. Memiliki Durasi Terbang yang Lama

fotografi udara drone dji original dji phantom dji mavic

Kebanyakan drone fotografi yang ada di pasaran tidak dapat terbang lebih dari 30 menit. Drone dengan waktu penerbangan lebih dari 20 menit dianggap level teratas dalam industri drone. Salah satu drone dengan durasi terbang cukup lama adalah Mavic 2 yang mampu terbang maksimal 31 menit.

Anda tetap harus mempelajari teknik terbang untuk mendapatkan gambar terbaik. Memaksimalkan setiap detik demi detik yang Anda miliki. Membeli baterai tambahan juga disarankan untuk durasi yang lebih lama.

7. Drone Memiliki Fitur Cerdas

Drone fotografi yang bagus biasanya mahal. Bukan hanya karena kualitas gambarnya bagus dan sistem kontrol penerbangannya bagus. Tapi juga karena dilengkapi dengan fungsi cerdas untuk mendukung pemotretan.

Drone dapat melacak Anda secara otomatis, terbang di sepanjang titik jalan, mengambil foto narsis dengan gesture, dan banyak lagi. Drone fotografi yang berbeda memiliki fitur unik yang juga berbeda. Zoom Mavic 2, misalnya memiliki lensa zoom optik dua kali yang memungkinkan pengguna untuk melakukan bidikan close-up tanpa mengganggu subjeknya.

Phantom 4 Pro dilengkapi dengan rana mekanis untuk memotong distorsi saat memotret objek yang bergerak dengan kecepatan tinggi, sedangkan Inspire 2 tingkat profesional mendukung kontrol operator ganda.

8. Pilih Drone yang Sudah Terkenal

Katakanlah Anda menemukan masalah dengan drone Anda. Dengan model drone sudah dikenal banyak orang, Anda bisa dengan cepat menemukan solusi melalui pilot lain di forum online, grup media sosial atau malah teman Anda. Sementara itu, ada ribuan video tips dan tutorial yang tersedia di YouTube, yang dapat membantu Anda menjadi pilot dan fotografer drone yang lebih baik. Anda juga dapat membeli berbagai macam aksesori pihak ketiga.

fotografi udara drone dji original dji phantom dji mavic

Baca: 8 Fitur dan Spesifikasi DJI Mavic Air 2 FLY More Combo

Rekomendasi Drone Fotografi Udara Terbaik

Jika Anda hobi fotografi dan ingin mendalami fotografi udara menggunakan drone. Berikut rekomendasi drone yang sesuai dengan tips yang sudah kami sebutkan diatas:

Mavic 2 Zoom

Rekomendasi pertama untuk memotret dari ketinggian yang sesuai dengan deskripsi diatas yakni DJI Mavic 2 Zoom. Jadi untuk kebutuhan foto atau video, drone ini sanggup diandalkan. Spesifikasinya bisa dibilang mampu memberikan hasil yang menakjubkan.

Yaitu memiliki sensor 1/2.3 CMOS Effective Pixels 12 million. Memiliki lensa FOV: 83° (24 mm), 48° (48 mm 35 mm setara dengan format: 24-48 mm bukaan Aperture: f/2.8 (24 mm)–f/3.8 (48 mm) Shooting Range hingga 0.5.

Untuk ISO pada manual dar 100-3200, shutter speed sampai 1/ 8000s yang cocok untuk membidik target yang bergerak cepat. Video support 4K, sanggup memotret file RAW/DNG. Baterainya berkapasitas 3850mAh yang bisa membuat Anda terbang selama 31 menit dalam kondisi tanpa angin.

Mavic 2 Pro

Rekomendasi kedua drone untuk memotret dari atas yakni Mavic 2 Pro yang dilengkapi dengan sensor 1 CMOS Effective Pixels 20 million. Memiliki lensa FOV 77° 35 mm setara dengan format 28 mm Aperture: f/2.8–f/11 Shooting Range: 1 m.

Untuk ISO, dalam mode manual bisa dari 100-12800, shutter speed sampai 1/8000s yang membuatnya bisa menjepret objek bergerak dengan cepat. Untuk video sudah support 4K, bisa menghasilkan format JPEG, RAW / DNG. Mavic 2 Pro juga mampu terbang 31 menit tanpa angin.

Mavic Air 2

Rekomendasi selanjutnya yakni Mavic Air 2 pada bagian kameranya, memiliki sensor 1/2 CMOS 48MP dengan focal length 24mm bukaan diafragma 2.8 dengan iso 100-6400 dalam mode manual. Mavic Air 2 bisa menghasilkan gambar dengan format JPEG dan DNG yang seperti RAW pada kamera DSLR.

Kapasitas baterainya sebesar 3500 mAh mampu membuatnya melayang selama 34 menit. Drone DJI ini sudah memakai 3 axis gimbal yang membuatnya bisa tetap stabil untuk merekam video atau untuk mengambil foto pemandangan yang menakjubkan.

Fotografi Udara Dengan Phantom 4 Pro V2.0

fotografi drone dji original dji phantom dji mavic

DJI Phantom merupakan pesawat drone dengan body paling besar dari seri-seri yang disebutkan sebelumnya. Meskipun memiliki paling besar, itu sebanding dengan hasil yang akan Anda dapat ketika melakukan fotografi udara. Phantom 4 Pro V2.0 memiliki sensor dan kecepatan yang luar biasa.

Sensor kamera DJI Phantom V4 Pro V2.0 sebesar 1 CMOS. Untuk kebutuhan video, ISO dari 100-6400 dalam mode manual dan untuk foto mampu 100-12800 dalam mode manual. Format foto yang dihasilkan yakni JPEG, DNG atau RAW dan keduanya secara bersamaan. Sedangkan untuk video, MP4, MOV, H.264 dan H265.

Baca: Review & Spesifikasi Drone DJI Mini 2 yang Membuatnya Lebih Baik Dari Mavic Mini Sebelumnya

Penutup

Itulah beberapa rekomendasi Drone untuk fotografi udara. Kenapa semuanya drone DJI? Itu karena performanya, baik dari kamera juga mesinnya ketika terbang, cukup mengesankan. Dengan harga yang sudah ditentukan, Anda akan mendapatkan kepuasan jangka panjang seperti hasil gambar yang bagus dan drone yang bisa diandalkan untuk berbagai kesempatan. Manfaatkan promo Drone DJI untuk mendapatkan drone impianmu dari DJI Surabaya.

× Whatsapp