Merk HP Terbaik

Doran Gagdet – Tahun 2023 telah melewati masa Quarter 2 (Q2), selama perjalanan setengah tahun ini ada beberapa merk HP yang mendapatkan predikat terbaik versi IDC (International Data Corporation) dan Canalys. Untuk menentukan merk HP terbaik, mereka melakukan survey sepanjang tahun dan memantau data penjualan dari masing-masing brand. Berikut urutan merk hp terbaik 2023 di dunia dan di Indonesia diantaranya:

Merk HP Terbaik Menurut IDC Q1 2023

Worldwide Smartphone Top Companies Q1 2023

Sama seperti tahun sebelumnya, pembelian smartphone secara global di Q1 tahun 2023 ini kembali menurun hingga 14,6% menjadi 286.7 unit. Penurunan yang terus terjadi selama 7 kuartal berturut-turut ini disebabkan karena keadaan pasar yang tidak stabil akibat inflasi dan ketidakpastian ekonomi makro. 

Menurut IDC, Samsung masih berada di urutan atas sebagai merk hp terbaik di Q1 2023 ini. Hal ini masih sama dengan nilai sebelumnya, setelah Samsung ada Apple dengan market share 20,5% dan Xiaomi 11,4%. Sementara Oppo berada di peringkat keempat dengan 10,2% dan Vivo di peringkat akhir dnegan market share 7,6%. 

Worldwide Smartphone Top Companies 2023

Sebelumnya, Samsung juga menjadi nomor 1 untuk Q3 di tahun 2022 ini meskipun menurun 7.8% dibanding tahun sebelumnya. Disusul oleh Apple yang naik sedikit dengan market share 17,2% di tahun ini. Kemudian peringkat ketiga masih disandang oleh Xiaomi dengan market share 13.4% yang menurun 8,6% dibanding tahun sebelumnya. 

Posisi selanjutnya diduduki oleh Vivo dan Oppo yang memiliki nilai market share yang sama yaitu 8,6%. Namun Vivo masih lebih unggul dibandingkan Oppo sehingga Vivo berada di urutan keempat dan Oppo berada di posisi kelima. 

Baca juga: Ternyata Ini Penyebab Layar HP Berwarna Ungu!

Urutan Brand HP Terbaik Menurut Canalys Q1 2023

merk hp terbaik canalys

Sama seperti IDC, Canalys juga menyebutkan ada penurunan pengiriman smartphone secara global hingga 13% atau sebanyak 269,8 juta unit di Q1 2023 ini. Meskipun masih belum tahu kapan penjualan akan naik, namun Samsung masih memegang peringkat pertama merk HP terbaik versi Canalys dengan market share 22% meskipun mengalami penurunan unit hingga -18%. 

Berbeda dengan Samsung, Apple yang ada di peringkat kedua dengan market share 21% mengalami peningkatan unit hingga +3%. Menjadi satu-satunya brand yang mengalami peningkatan di Q1 tahun ini. Sementara Xiaomi 11%, Oppo 10%, dan Vivo 8% yang berada di peringkat 3, 4, dan 5 mengalami penurunan pertumbuhan unit (unit growth) hingga -22%,- 8%, dan -17%. 

Merk HP Terbaik

Sebelumnya, sama seperti versi IDC, Samsung juga menempati posisi pertama sebagai merek HP terlaris di Q3 2022 meskipun pengiriman HP Samsung menurun di kuartal kedua dibanding sebelumnya. Menurut Canalys, semua pengiriman smartphone turun 9% di seluruh dunia dibanding Q3 2021. Alasannya adalah karena kondisi ekonomi yang tak menentu sehingga masyarakat cenderung menunda untuk membeli HP baru. 

Menurut data yang dimiliki Canalys, Samsung, Apple, dan Xiaomi masih berada di urutan 3 teratas. Xiaomi masih menjadi tiga besar karena ia mampu menjual produk mumpuni dengan harga 40%-75% lebih murah dibandingkan Samsung dan Apple. Namun untuk pasar flagship masih dikuasai oleh Samsung dan Apple. 

Sedangkan Vivo dan Oppo sedang berusaha keras untuk memperjuangkan tempatnya di pasar Internasional dan menjadi pesaing utama dari Xiaomi. Berbeda dengan data IDC, Oppo memiliki market share 10% dan Vivo sebesar 9% sehingga Oppo menempati posisi keempat yang disusul Vivo pada posisi kelima. 

Baca juga: 3 Cara Mudah Menghubungkan HP ke TV Tanpa Kabel

Bagaimana dengan Brand HP Terbaik di Q2 2023?

TOP 5 Merk Smartphone Terbaik di Dunia Q2 2023

Pada quarter kedua tahun 2023, terdapat beberapa perubahan. Ini dilihat dari pengiriman HP ke berbagai penjuru dunia. Dalam posisi lima besar masih dikuasai brand HP terbaik yang cukup terkenal karena inovasi teknologi yang dimilikinya. IDC melansir lima besar HP di Q2 2023 yang cukup diminati antara lain:

  • Samsung dengan market share hingga 20.2%
  • Apple dengan market share hingga 16.0%
  • Xiaomi dengan market share hingga 12.5%
  • OPPO dengan market share hingga 9.6%
  • Transsion dengan market share hingga 9.5%

TOP 5 Merk Smartphone Terbaik di Dunia 2023

Perlu diketahui, Transsion sendiri merupakan sebuah konsorsium untuk brand Tecno dan Infinix. Dimana kedua brand ini memang cukup menanjak dalam hal pembelian dan diminati oleh masyarakat dalam beberapa waktu belakangan. Sebagai catatan, data tersebut diperoleh dari  IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker pada pemutakhiran per tanggal 27 Juli 2023.

Baca juga: 30+ Rekomendasi HP Terbaik 2023

5 Besar Merek HP Terbaik di Indonesia Q1 2023

TOP 5 Merk Smartphone Terbaik di Indonesia 2023

Dapat dilihat pada data di atas, tidak terjadi perubahan yang signifikan terhadap urutan merek HP terbaik di Indonesia menurut IDC pada tahun 2022-2023 di quartal yang sama (Q1). Samsung berada diurutan pertama, disusul Oppo, Vivo, Xiaomi, Realme dan merk HP lainnya. Namun, Pasar smartphone Indonesia mengalami penurunan penjualan yang signifikan pada kuartal pertama tahun 2023. Penjualan turun 11,9% dari tahun ke tahun dan 7,2% dari kuartal ke kuartal, menjadi 7,9 juta unit saja.

Penjualan smartphone di kategori entry level (kurang dari Rp.3 Juta) meningkat sedikit menjadi 76% dari pasar smartphone keseluruhan Indonesia. Tetapi jika dibandingkan dengan quartal yang sama, masih turun 8% YoY. Smartphone kelas midrange (Rp.5 Juta – Rp.10 Juta) pun tidak lebih baik, yakni turun 35% YoY.

Sedangkan, perangkat pada kelas flagship (lebih dari Rp.10 Juta) tumbuh 71% YoY, yang dipimpin oleh Samsung dan Apple. Smartphone 5G juga meningkat 38% YoY, mencapai 18% dari total pasar smartphone Indonesia, dan naik dari 11% pada periode yang sama tahun lalu.

Vanessa Aurelia, Associate Market Analyst di IDC Indonesia, mengatakan bahwa pasar smartphone berkinerja jauh lebih rendah dari tahun lalu meskipun periode Ramadan lebih awal tahun ini. Hal ini karena pembelian konsumen lebih difokuskan pada pakaian, makanan, dan perjalanan, daripada perangkat elektronik. Permintaan diperkirakan akan tetap rendah dan tanpa katalis utama, sehingga pasar akan turun dalam single digit.

Merek HP Terbaik di Indonesia Q2 2023

5 Merk HP Terbaik di Indonesia Q2 2023

Pasar smartphone Indonesia mengalami penurunan untuk kuartal kedelapan berturut-turut pada kuartal kedua tahun 2023. Namun, secara musiman, pasar ini tumbuh 13,8% dari kuartal ke kuartal. Hal ini karena sebagian besar pemain kunci meningkatkan pengiriman mereka di segmen level awal. Akibatnya, pangsa pasar smartphone 4G meningkat menjadi 86%, sedangkan pangsa pasar smartphone 5G menurun 4,3%. Smartphone dengan harga lebih tinggi di segmen flagship (diatas Rp.10 Juta) tumbuh 71%, karena Samsung dan Apple bertarung sengit di segmen tersebut.

Sementara itu, adopsi smartphone 5G di Indonesia berjalan lambat karena beberapa faktor. Pertama, pangsa pasar smartphone 5G masih sangat kecil dibandingkan dengan smartphone 4G. Kedua, smartphone 4G dengan harga yang sama sering memiliki spesifikasi yang lebih baik. Ketiga, konektivitas 5G masih terbatas di area tertentu. Hal ini membuat fitur 5G pada smartphone saat ini belum cukup memberikan daya tarik lebih bagi konsumen baru potensial.

Peta persaingan merek HP terbaik di Indonesia pada kuartal 2 tahun 2023 ini memang tidak banyak berupah. Urutan pertama masih dipegang oleh Samsung, kemudian disusul oleh OPPO, Vivo dan Xiaomi. Menariknya urutan kelima yang sebelumnya dipegang oleh Realme, sekarang ditempati oleh Transsion. Belakangan ini Transsion Holdings memang tengah naik daun berkat hadirnya Infinix, itel, dan Tecno. Hal ini dikarenakan HP buatan Transsion tersebut memiliki sepesifikasi yang gahar dengan harga yang cukup terjangkau.

Baca juga: 5 Brand HP Terbaik 2021-2022 di Dunia, Siapa Juaranya?

Penutup 

Itulah 5 urutan merk hp terbaik 2023 di dunia dan di Indonesia yang bisa Anda pilih. Bagi Anda yang ingin membeli smartphone dari Xiaomi, Samsung, hingga Apple kini bisa Anda dapatkan di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual mendapatkan garansi resmi TAM dan iBox. Unduh aplikasi Doran Gadget di sini dan untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

>