DJI IndonesiaSpesifikasi DJI Agras T40 bisa dibilang cukup unggul. Khususnya untuk proyek agrikultur dengan cakupa area yang luas. Bahkan, disebut-sebut drone pertanian ini hanya memerlukan waktu sekitar 10 menit saja untuk cover penyemprotan area dengan luas 7 hektar. Seperti apa spesifikasinya secara umum dan apa saja fitur-fitur unggulan terbarunya? Kami telah merangkumnya untuk Anda dalam artikel kali ini.

Spesifikasi DJI Agras T40 Secara Umum

Berikut mengenai spesifikasi drone pertanian DJI Agras T40 secara umum dari segi desain dan fitur lainnya seperti dilansir dari laman DJI International:

Dimensi 2800 mm × 3150 mm × 780 mm (arms & propellers unfolded)
1590 mm × 1930 mm × 780 mm (arms unfolded, propellers folded)
1125 mm × 750 mm × 850 mm (arms folded)
Bobot 38 kg (tanpa baterai)
50 kg (dengan baterai)
Waktu di Udara Hovering without payload: 18 min (@30000 mAh & takeoff weight 50 kg)
Hovering and spraying with full payload: 7 min (@30000 mAh & takeoff weight 90 kg)
Hovering and speading with full payload: 6 min (@30000 mAh & takeoff weight 101 kg)
Radius Terbang 2000 meter
Kapasitas Baterai 3000mAh (Flight Intelligent Battery)
Mode Radar RD2484B
Pump Model Magnetic Drive Impeller Pump
Baling-Baling Diameter: 54 inci, Jumlah baling-baling:8

Baca juga: 5 Rekomendasi Drone Pertanian DJI untuk Aktivitas Agraria

Fitur DJI Agras T40

Setelah Anda mengetahui spesifikasi DJI Agras T40 secara umum, kini Anda pun perlu mengetahui fitur terbaru apa saja yang disematkan pada drone ini. Melansir dari laman Halo Robotics, beberapa pembaruan fitur utama ini meliputi Dual Automized Spraying System, Binocular Vision, Core Modules, IPX6K, dan sebagainya. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Payload yang Lebih Besar

Pembaruan fitur yang pertama adalah dari segi payload lebih besar. Yakni kapasitas dengan bobot maksimum hingga 50 kilogram. Tentu, hal tersebut lebih besar 30% dari sebelumnya. Ini juga dimungkinkan berkat dukungan coaxial twin rotor pada bodi drone. Tak hanya itu saja, desain ini juga terlihat lebih portable dan ergonomis. Pengurangan ukuran drone ini bahkan lebih ringkas 70% jika dibandingkan dengan seri yang sebelumnya.

Baca juga: DJI Agras T10 vs Agras T30: Mana Drone yang Tepat untuk Pertanian Anda?

2. Spraying dengan Sistem Terbaru

Pembaruan lainnya juga dapat dilihat dari sistem penyemprotannya. Setidaknya, di sektor ini ada lima poin penting yang mendukung sistem penyemprotan untuk lahan berskala besar jadi lebih baik, di antaranya:

  • Dual Atomized Centrifugal Sprinkler, yakni fitur yang memastikan tetesan penyemprotan dapat menyebar dengan merata. Penggunaan pestisida pun jadi lebih efisien. Adanya katup sentrifugalnya mampu mencegah kebocoran maupun pemupukan yang berlebihan.
  • Magnetic Driver Impeller Pump mampu membuat drone tahan korosi dan membuatnya lebih mudah dibersihkan setelah digunakan.
  • Dual Atomized for even Spraying adalah sistem otomasi ganda untuk penyemprotan yang lebibh merata.
  • Real-time Weighing yakni sensor penimbangan yang dapat digunakan dalam memantau jumlah penyebaran saat melakukan penyemprotan di lahan yang luas.
  • Fast Disassembly and Cleaning sistem untuk penyemprotan yang mudah dipasang dan dibongkar kembali hanya dalam 3 menit dan dapat dicuci dengan air.

3. Spesifikasi DJI Agras T40 – Fitur Tabrak

DJI juga mempertimbangkan faktor keamanan penerbangan drone pertanian DJI Agras T40. Ini dapat dilihat dari adanya teknologi Active Phased Array Radar + Binocular Vision. Penggabungan dua teknologi ini mampu memberikan sensor tabrak dengan sudut 360° horizontal omnidirectional. Dengan begitu, sensor dapat bekerja di berbagai sisi drone. Bahkan, drone mampu mendeteksi rintangan dari jarak kurang lebih 50 meter di sekitarnya. Dengan begitu, pilot drone lebih mudah mengantisipasi rintangan yang ada saat penyemprotan.

Baca juga: Manfaat Pencitraan Multispektral dalam Pertanian Menggunakan Drone

4. Pemetaan yang Dapat Disesuaikan

Spesifikasi DJI Agras T40 juga dapat digunakan untuk penyemprotan, penyebaran, hingga pemetaan. Dimana pemetaan ini dapat berjalan dengan baik dengan adanya kamera UHD dan dukungan gimbal yang bisa disesuaikan. Anda juga dapat membuat rute penerbangan lebih mudah di atas lahan pertanian berbukit menggunakan D-RTK Mobile Station secara langsung (real-time). Termasuk sistem pendeteksi batas dari permukaan tanah, rintangan, dan lainnya yang bekerja otomatis.

5. Tangguh di Segala Kondisi

Dari segi penggunaan, sebenarnya Anda tak perlu khawatir. Hal ini karena drone DJI Agras T40 memang dirancang khusus di area pertanian cukup kompleks sekalipun. Bahkan di segala kondisi. Semua komponen yang ada di drone ini telah melewati tes uji yang sangat ketat. Dengan begitu, membuat drone lebih baik dan penggunaan lebih aman dan yaman. Termasuk mencegah korosi, suhu yang tinggi maupun rendah, dan waktu penggunaan yang lama.

Baca juga: Amankah Menerbangkan Drone DJI Saat Hujan? Ini Jawabannya!

6. Spesifikasi DJI Agras T40 – Ultra Fast Charging

Untuk pengisian daya, Anda dapat menggunakan Generator Inverter yang multifungsi dengan daya 12.000W. Generator ini menggunakn teknologi EFI yang bisa menghemat bahan bakar hingga 15%. Sedangkan charging station-nya menghasilkan AC1500W. Daya tersebut mampu digunakan untuk remote control dan komponen lain. Sedangkan Flight Intelligent Battery di drone ini berkapasitas 30.000mAh dan dilengkapi air-coole dan dapat terisi penuh hanya dalam pengisian daya selama 9 menit saja.

7. Remote Control Lebih Upgrade

Terakhir, remote control DJI Agras T40 lebih upgrade dibanding sebelumnya. Hal itulah yang memungkinkannya melakukan penyemprotan area hingga 7 hektar dalam waktu hanya 10 menit saja. Remote memiliki layar sebesar 7 inci yang mampu menampilkan informasi lebih detail. Selain itu, tombolnya lebih fleksibel dan nyaman dioperasikan dalam waktu yang cukup lama sekalipun.

Baca juga: Manfaat Drone Pertanian untuk Aktivitas Agraria

Penutup

Itu dia Sobat Doran ulasan mengenai spesifikasi DJI Agras T40 beserta fitur-fitur terbarunya yang perlu Anda ketahui. Anda dapat membeli drone ini sesuai kebutuhan untuk proyek agrikultur dengan lahan berskala besar dan luas. Selain itu, belilah drone DJI di tempat terpercaya.

Salah satunya adalah Doran Gadget sebagai official store DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, DJI Bali, dan DJI Manado. Kami menjual produk original DJI dengan garansi resmi pabrikan. Untuk informasi mengenai produk dan pemesanan, hubungi CS kami via WhatsApp di nomor 087834601568.

Semoga bermanfaat!

Artikel terkait:

× WhatsApp