04. olahraga indoor

Doran GadgetMenjaga kekuatan otot menjadi hal yang penting bagi seorang pelari. Maka tak heran jika seorang pelari melakukan aktivitas untuk menjaga kekuatan otot tersebut. Namun, apabila hal tersebut dilakukan tanpa melakukan latihan keseimbangan tentu kurang tepat dan justru meningkatkan potensi cedera.

Manfaat Latihan Keseimbangan bagi Pelari

latihan kekuatan, smartwatch garmin original

Dengan melakukan latihan keseimbangan secara teratur bagi seorang pelari, ada banyak manfaat yang bisa dirasakan. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Memulihkan Kondisi Tubuh

Manfaat mengenai pentingnya menjaga latihan keseimbangan atlet atau pelari ialah untuk memulihkan kondisi tubuh. Apakah Anda selama ini memaksa tubuh untuk beristirahat tanpa melakukan apapun setelah melakukan aktivitas yang berat? Cara seperti ini memang kurang tepat, sebab otot yang kaku tanpa melakukan peregangan bisa saja menjadi salah satu penyebab cedera.

Perhatikan waktu istirahat yang cukup berdasarkan tipe latihan dan jarak tempuh lari Anda. Sebagai contoh, saat Anda mengikuti balapan atau race dengan jarak tempuh cukup panjang, disarankan untuk beristirahat setiap mil yang Anda tempuh untuk menjaga keseimbangan stamina tubuh.

Jangan lupa untuk selalu memantau kelelahan tubuh melalui fitur Body Battery seperti yang terpasang di beberapa jam tangan Garmin. Bila Body Battery menunjukkan angka lebih rendah dari normal, itu tandanya Anda disarankan bersitirahat untuk memulihkan energi kembali.

2. Sebagai Pelengkap Kombinasi Olahraga

06. olahraga indoor

Melatih keseimbangan juga menjadi pelengkap dari aktivitas latihan menjaga kekuatan otot tubuh. Terutama di bagian-bagian utama seperti lengan, kaki, bahu, pinggul, punggung, perut, dan dada. Bagi seorang pelari, aktivitas menggabungkan olahraga satu dengan lainnya atau cross-training dapat mempercepat pemulihan.

Tentunya hal itu dibarengi dengan asupan nutrisi dan gizi seimbang dan sehat. Kemudian, untuk melakukan cross-training dengan latihan keseimbangan, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu. Hal ini karena sebagian aktivitas mungkin tidak sesuai dengan kondisi fisik seseorang.

Baca juga: 5 Olahraga Indoor untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Saat di Rumah Saja

3. Latihan Keseimbangan Menjaga Fleksibilitas

Bagi seorang pelari, selain otot dan tubuh yang kuat penting pula untuk menjaga pola pengistirahatan otot. Namun, bukan berarti mengistirahatkan kinerja otot ini membuat Anda tidak melakukan olahraga dan aktivitas sekali. Melainkan, mengurangi porsi olahraga berat dan menggantinya dengan aktivitas yang dapat meningkatkan fleksibilitas.

Untuk hal ini, Anda bisa memilih beberapa olahraga dan aktivitas ringan yang direkomendasikan. Misalnya saja dengan melakukan yoga, pilates, dan tai-chi. Aktivitas ringan tersebut selain mampu meregangkan otot sehingga lebih fleksibel dan meminimalisir cedera, juga bermanfaat bagi keseimbangan kesehatan mental. Anda pun terhindar dari burnout dan lebih fokus untuk race berikutnya.

Memantau Latihan Keseimbangan dengan Jam Tangan Garmin

Garmin Forerunner 55

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa latihan keseimbangan menjadi hal penting bagi seorang pelari untuk menjaga kesehatan fisik maupun psikis. Agar lebih mudah dalam memantau kondisi tubuh saat melakukan latihan di atas, Anda bisa menggunakan jam tangan Garmin.

Beberapa seri yang mendukung untuk aktivitas lari Anda adalah seri Garmin Forerunner. Dapatkan jam tangan ini hanya di Doran Gadget sebagai distributor resmi Garmin Indonesia. Barang yang dijual merupakan produk asli atau original dengan harga bersaing. Informasi lebih lanjut mengenai produk Garmin hubungi CS kami via WhatsApp atau follow Instagram dan join Telegram Doran Gadget.

Selamat mencoba!

Artikel terkait:

>