Pace lari - FI

Doran GadgetOlahraga lari memiliki sejumlah istilah penting yang perlu diketahui, salah satunya adalah pace lari. Istilah tersebut banyak digunakan dalam berbagai perlombaan, khususnya untuk lari dalam jarak menengah dan jauh. Lalu, apa arti sebenarnya dan manfaat pace pada olahraga lari hingga cara mengoptimalkannya? Simak ulasannya dalam artikel kali ini.

Apa Itu Pace Lari?

sc: Pexels

Secara umum, dapat diartikan pace lari adalah sebuah metode atau pemodelan yang dilakukan oleh para pelari dalam menghitung ritme maupun kecepatan yang harus dipertahkan ketika lari di waktu tertentu. Pace ini membantu Anda mengatur kecepatan Anda selama lari jarak jauh, seperti maraton atau lari cross-country.

Biasanya, pace diukur dalam satuan waktu per unit jarak, seperti menit per mil atau menit per kilometer. Dengan kata lain, pace adalah seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk Anda menyelesaikan satu unit jarak tertentu saat Anda berlari dengan kecepatan konstan.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Macam-Macam Lari dalam Olahraga!

Manfaat Pace dalam Olahraga Lari

sc: Pexels

Ada banyak manfaat yang bisa diperoleh oleh para pelari saat menerapkan pace dalam latihan mereka. Beberapa manfaat utama tersebut di antaranya lebih mudah mengatur energi, ketahanan, dan performa. Berikut selengkapnya:

1. Membantu dalam Meningkatkan Ketahanan

Manfaat yang pertama adalah membantu dalam meningkatkan ketahanan fisik. Terutama untuk lari jarak jauh yang memang memerlukan stamina tinggi. Dengan mempertahankan pace yang stabil, setidaknya daya tahan tubuh juga tetap terjaga sampai garis akhir. Sebab tidak jarang kendala yang dihadapi para pelari adalah ketahanan tubuh dan itu berpengaruh pada performa.

Baca juga: Pentingnya Latihan Keseimbangan bagi Pelari

2. Mengatur Energi Saat Lari

Kedua, energi yang dikeluarkan saat lari lebih teratur. Terkadang bagi pemula, mengeluarkan energi maksimal di awal lari sering dilakukan. Namun, ketika di tengah perjalanan maupun menuju garis akhir, energi ini semakin berkurang. Oleh karena itu, menjaga pace juga bisa menghemat energi. Sebab, saat terlalu cepat, energi akan habis. Sebaliknya, apabila lari cukup lambat potensi kinerja tubuh tidak optimal.

3. Membantu dalam Meningkatkan Performa

Ketiga, pace membantu dalam menentukan performa pelari. Tidak hanya dalam lari jarak jauh saja, tetapi juga untuk jenis lari lainnya. Terkadang jenis lomba lari terdapat syarat pace berbeda pula. Maka dari itu, mengetahui rerata pace terbaik dalam lari, akan membantu meningkatkan performa dan kunci keberhasilan menyelesaikan perlombaan.

Baca juga: Sering Terjadi, Ini Kesalahan Saat Lari yang Harus Dihindari!

Bagaimana Memaksimalkan Pace Saat Lari?

spesifikasi Coros Pace 2 (3)
sc: coros

Memaksimalkan pace saat lari bisa dilakukan dengan beberapa cara. Baik latihan secara fisik hingga menjaga pola hidup sehat untuk mencapai angka yang optimal. Setidaknya, ini hal-hal yang perlu Anda perhatikan dan juga lakukan:

1. Latih Kecepatan dan Interval Lari

Cara yang cukup penting dalam meningkatkan pace lari adalah berlatih kecepatan. Lakukanlah hal ini dengan teratur. Di sini, Anda dapat mencoba untuk berlari dalam kecepatan lebih tinggi pada beberapa interval saat latihan. Kemudian, ketahui kapan waktu untuk melambat untuk mempertahankan ketahanan. Tujuannya adalah untuk mengetahui berapa kecepatan maksimal yang diperoleh di waktu tertentu.

Baca juga: 5 Perlengkapan Lari yang Stylish dan Bikin Nyaman

2. Pola Makan dan Asupan Nutrisi

Perhatikan juga pola makan dan asupan nutrisi Anda. Khususnya makanan maupun nutrisi yang bisa membantu untuk pembentukan pada jaringan otot agar lebih kuat. Ada baiknya Anda untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan protein dan karbohidrat yang tinggi. Makanan tersebut akan membantu tubuh lebih berenergi. Di samping itu, pastikan cairan dalam tubuh Anda dalam kondisi yang cukup dan jangan sampai dehidrasi.

3. Istirahat Cukup

sc: Pinterest

Olahraga memang penting, namun sebaiknya Anda juga jangan lupakan istirahat. Ingat, tubuh juga memerlukan waktu agar pulih kembali. Terutama setelah melakukan olahraga dan latihan dengan porsi yang cukup berat. Maka, jagalah pla tidur dan waktu istirahat yang cukup. Ini akan meningkatkan pace dan tubuh kembali bugar saat melakukan latihan berikutnya.

Baca juga: Olahraga Lari Membuat Otot Kaki Ramping, Benarkah?

4. Tentukan Target dan Tujuan

Anda pun dapat membuat target dan tujuan yang akan dicapai dalam pace ini. Contohnya, apakah Anda meningkatkan pace khusus dalam berolahraga lari di jarak jauh, menengah, maupun jarak dekat (sprint). Dengan target yang sudah dibuat, Anda pun lebih fokus nantinya dalam berlatih dan tidak terganggu hal lainnya. Selain meningkatkan performa ini juga dapat meningkatkan prestasi.

5. Lakukan Secara Konsisten

Setelah keempat hal sudah Anda terapkan, maka poin terakhir adalah menjaga konsistensi. Tidak mudah memang untuk menjaga konsistensi ini, namun dengan target yang sudah dibuat sebenarnya cukup membantu. Jagalah pace terbaik Anda selama lari dan berlatih. Bahkan, jika memungkinkan bisa ditingkatkan dari waktu ke waktu tanpa mengurangi performa.

Baca juga: 9 Tips Lari untuk Pemula yang Wajib Diketahui!

Perangkat untuk Menghitung Pace Terbaik

Spesifikasi Coros Pace 3
sc: Coros

Dari ulasan di atas dapat disimpulkan jika pace lari adalah kecepatan rata-rata untuk mengukur dalam jarak tertentu. Kini, mengukur kecepatan tersebut jadi semakin mudah dengan perangkat terbaik. Seperti smartwatch seri Coros Pace yang dirancang khusus untuk membuat lari Anda semakin nyaman. Termasuk juga dengan Coros Run Pod 2 yang bisa didapatkan di Doran Gadget.

Sebagai mitra resmi untuk penjualan Coros Surabaya, Coros Jakarta, Coros Semarang, Coros Bali, Coros Bandung, Coros Banjarmasin, dan Coros Manado, kami menjual produk original dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, dapatkan promo menarik untuk setiap pembelian di store maupun online.

Khusus untuk pembelian online di website dan aplikasi Doran Gadget, Anda akan mendapatkan poin belanja langsung. Kumpulkan sebanyak mungkin poinnya untuk ditukarkan dengan produk aksesoris gadget favorit. Hubungi kami via WhatsApp di sini untuk pertanyaan lebih lanjut dan follow Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang berlaku.

Artikel terkait:

>