Doran GadgetBanyak orang yang mempermasalahkan bagian kakinya yang besar, padahal badan mereka biasa-biasa saja. Jika Anda adalah salah satu orang yang memiliki permasalahan tersebut, Anda bisa melakukan olahraga lari atau olahraga terkait kaki lainnya. Hal ini dikarenakan olahraga lari bisa membuat otot kaki ramping.

Olahraga Lari Membuat Otot Kaki Ramping?

Olahraga lari memang membuat otot kaki ramping, namun pastikan untuk tidak salah kaprah, karena jika salah teknik larinya, Anda malah bisa membuat otot kaki menjadi lebih besar. Jika Anda melakukan lari jarak pendek dengan kecepatan penuh (sprint), maka Anda bisa membuat otot kaki Anda menjadi lebih besar. Sebaliknya, jika Anda melakukan lari jarak jauh dengan kecepatan lambat maka akan membuat otot kaki menjadi lebih ramping. 

Selain berlari jarak jauh, Anda juga bisa melakukan kegiatan berjalan kaki secara rutin. Jika kebiasaan ini dilakukan mampu mengecilkan betis dengan lebih mudah dan efektif. Lakukan jalan pagi atau sore selama 30 menit setiap harinya. Hal ini juga bisa mejaga dan memelihara kesehatan jantung Anda. 

Baca juga: 5 Perlengkapan Lari yang Stylish dan Bikin Nyaman

Cara Mengecilkan Paha dan Betis 

Selain menggunakan olahraga lari untuk membuat otot kaki ramping, Anda bisa melakukan beberapa olahraga lainnya dengan cara berikut ini. 

1. Naik Turun Tangga 

Cara satu ini bisa Anda lakukan setiap harinya, karena kebiasaan lari naik turun tangga sebanyak beberapa kali akan meningkatkan detak jantung, membakar kalori, dan membuat betis ramping. 

2. Deadlift 

Untuk mendapatkan tubuh bugar dan pungguh bawah yang kokoh, Anda bisa menggunakan deadlift. Gerakan deadlift menggunakan semua otot tubuh bagian bawah, meskipun melelahkan, namun Anda telah membakar kalori yang cukup besar. 

Baca juga: 7 Rekomendasi Jam Tangan Lari Terbaik 2022

3. Kardio 

Olahraga kardio juga bisa Anda gunakan untuk mengecilkan paha dan betis. Mulai dari bersepeda, lari sore, hingga lompat tali. Lakukan olahraga kardio selama satu jam dalam satu minggu berturut-turut untuk mendapatkan otot kaki yang ramping. Pastikan olahraga lari yang membuat otot kaki ramping adalah lari dalam jarak jauh dengan kecepatan yang lambat. 

4. Jongkok – Squat 

Meskipun terlihat merepotkan, namun jongkok atau squat memberikan pola yang tepat bagi Anda yang ingin membentuk bagian bawah tubuh menjadi lebih baik. Dimana squat mampu membakar lemak karena olahraga ini menggunakan semua otot tubuh bagian bawah dan inti. Akhirnya akan membuat tubuh menjadi lebih kuat, lebih kencang, dan lebih ramping. 

5. Yoga 

Olahraga satu ini juga bisa dilakukan untuk mengecilkan betis hingga paha. Karena gerakan yoga sendiri mampu meningkatkan kekuatan otot tubuh, meredakan nyeri sendi, memperbaiki fleksibilitas dan postur tubuh, hingga menjaga keseimbangan tubuh. 

Baca juga: Pentingnya Latihan Keseimbangan bagi Pelari

Penutup 

Itulah alasan mengapa olahraga lari disebut mampu membuat otot kaki Anda menjadi lebih ramping, selain itu Anda juga bisa melakukan olahraga lainnya di atas. Jika Anda ingin membuat otot kaki lebih ramping, Anda bisa mengguanakn bantuan dari smartwatch Garmin yang mempu mengatur pilihan olahraga yang tepat untuk Anda dan mengetahui kebutuhan stamina dan menjaga kesehatan tubuh Anda sat berolahraga. 

Dapatkan berbagai jenis smartwatch Garmin original hanya di Doran Gadaget selaku official store Garmin Jakarta, Garmin Surabaya, Garmin Bali, dan Garmin Semarang. Unduh aplikasi Doran Gadget di sini untuk pengalaman belanja online yang lebih mudah. Terkait informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami di sini. 

Artikel terkait:

× WhatsApp