06. olahraga indoor

Doran GadgetOlahraga penting bagi kita untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. Namun, kenyataannya banyak orang yang tidak sempat olahraga karena aktivitas yang padat setiap harinya. Terlebih lagi di masa pandemi, mengharuskan siapa saja untuk mengurangi kegiatan termasuk ke gym.

Meski begitu, Anda tak perlu khawatir. Agar tetap sehat, Anda pun bisa melakukan olahraga indoor di rumah baik sendiri maupun bersama keluarga. Apa saja berbagai ragam olahraga di dalam ruangan ini?

Ragam Olahraga Indoor untuk Kesehatan Tubuh

Berikut beberapa rekomendasi olahraga di dalam ruangan yang direkomendasikan oleh para pakar kebugaran untuk membakar kalori maupun menjaga kondisi tubuh menjadi lebih baik.

1. Yoga untuk Menyelaraskan Tubuh dan Pikiran

01. olahraga indoor (1)

Yoga menjadi olahraga indoor paling banyak dilakukan sebagian besar orang saat di rumah saja. Olahraga ini pun banyak dipilih karena mudah dilakukan dan sederhana. Yang perlu Anda butuhkan di sini adalah matras dan tempat yang nyaman dan mendukung.

Mulailah dengan mengatur pernapasan dan pusatkan pikiran secara perlahan. Lakukanlah hingga beberapa saat, kemudian barengi dengan gerakan-gerakan dengan rileks. Selain membantu sirkulasi peredaran darah, yoga juga dapat menyeleraskan tubuh dan pikiran. Sehingga Anda bisa lebih fokus dalam beraktivitas dan merasa tenang.

2. Skipping di Halaman dan Teras Rumah

02. olahraga indoor

Berikutnya Anda bisa melakukan skipping atau lompat tali. Mungkin olahraga indoor ini terlihat sederhana. Namun, tahukah Anda jika olahraga ini memiliki manfaat yang baik untuk menurunkan berat badan karena dapat membakar kalori dengan cepat.

Di samping itu, skipping  juga dapat melatih kekuatan otot kaki, kecepatan, hingga kesehatan jantung. Lakukanlah pada pagi hari maupun sore hari. Pastikan area yang untuk skipping cukup luas dan tidak ada sesuatu yang menghalangi, agar tali yang digunakan tidak tersangkut dan membahayakan Anda.

3. Olahraga Indoor Menggunakan Sepeda Statis

03. olahraga indoor

Bersepeda akan mengasyikkan bila dilakukan di luar ruangan. Dengan begitu, Anda bisa menjelajah tempat-tempat baru dan menaklukan tantangan. Namun, tak ada salahnya mencoba olahraga sepeda indoor di dalam rumah. Sensasi dan manfaat yang didapat juga tidak kalah seperti bersepeda di luar ruangan.

Saat ini beberapa industri olahraga pun menciptakan sebuah sepeda statis dengan dilengkapi berbagai ragam fitur unggulan. Salah satunya adalah Garmin Tacx Boost. Tak hanya dibekali dengan fitur khusus saja, sepeda statis pun bisa dilipat sehingga tidak memakan tempat.

Baca juga: Garmin Tacx Boost: Cara Baru Olahraga Nyaman di Rumah

4. Senam Aerobik bersama Keluarga

05. olahraga indoor

Siapa bilang olahraga indoor hanya dapat dilakukan sendirian di rumah. Anda pun bisa mengajak anggota keluarga lainnya untuk berolahraga bersama. Misalnya saja dengan melakukan senam aerobik di ruangan yang lebih luas, di teras rumah, maupun di halaman belakang rumah.

Olahraga ini tentu mengasyikkan dan menyenangkan. Pilihlah musik dengan ritme-ritme sesuai gerakan dan putarlah menggunakan speaker bluetooth terbaik agar lebih nyaman. Mulai dari gerakan pemanasan, peregangan otot, hingga pendinginan dengan alunan musik yang lebih santai. Selain bisa mendengarkan musik melalui smartphone, kini smartwatch pun juga ada yang dilengkapi dengan fitur pemutar musik untuk menambah semangat saat olahraga.

5. Push Up dan Squats

04. olahraga indoor

Terakhir, olahraga indoor yang bisa Anda lakukan di rumah adalah push up dan squats. Bisa dibilang push up sebagai olahraga membakar kalori yang mudah dan praktis. Aktivitas ini pun dapat meningkatkan kekuatan otot, terutama untuk bagian bahu, otot dada, maupun trisep yang lebih kuat.

Sementara, squats menjadi latihan terbaik untuk menjaga bagian bawah tubuh dan bagian inti otot. Terutama pada bagian paha, bokong, dan dapat melancarkan sirkulasi pencernaan. Meski begitu, squats harus dilakukan dengan benar agar punggung tidak merasa sakit.

Gunakan Smartwatch Terbaik dalam Melakukan Olahraga Indoor

Dari ulasan di atas, dapat disimpulkan bahwa olahraga indoor sebenarnya tidak jauh berbeda dengan olahraga lainnya. Asalkan dilakukan dengan rutin dan asupan nutrisi yang cukup. Untuk mendukung olahraga di rumah, Anda bisa menggunakan smartwatch terbaik dari Garmin. Khususnya dalam memantau kadar oksigen dalam tubuh seperti fitur Pulse Ox, menghitung detak jantung, memantau kualitas tidur, tingkat hidrasi, dan lainnya.

Fitur tersebut hampir semua ada di jam tangan pintar Garmin misalnya Garmin Venu Series, Garmin Vivo Series dan juga Garmin Fenix. Termasuk pula pada smartwatch Garmin Forerunner 55

. Anda bisa mendapatkannya di Garmin Surabaya salah satunya di Doran Gadget sebagai authorized dealer di Indonesia. Semua barang yang dijual adalah barang asli dan memiliki garansi resmi. Proses transaksi hingga pengirimannya dijamin aman dan nyaman hingga sampai di tangan Anda.

Dapatkan pula kesempatan mendapatkan harga terbaik di setiap promo tertentu. Informasi lebih lanjut dan up to date mengenai smartwatch Garmin, join di channel Telegram Doran Gadget dari smartphone Anda.

Artikel terkait:

× WhatsApp