Garmin Tacx Boost: Cara Baru Olahraga Nyaman di Rumah

Tacx Boost

Garmin IndonesiaBerolahraga kini semakin mudah dan menyenangkan dengan Garmin Tacx Boost. Dengan tagline “Take Your Ride Inside”, ini adalah produk indoor trainer yang mudah digunakan, terjangkau, dan tidak bising. Tanpa perlu keluar dari rumah, Anda bisa berolahraga kapan saja sepanjang waktu.

Apa Itu Tacx Boost?

Tacx Boost adalah trainer magnetik yang dilengkapi flywheel dan resistensi yang dikendalikan secara manual. Resistensi ini bisa ditingkatkan hingga 10 kali lipat lebih tinggi, dikendalikan oleh tuas yang ada di bagian handle. Dibandingkan dengan Smart Trainer Tacx Neo 2T, alat ini lebih mudah dipasang dan digunakan, serta harganya jauh lebih terjangkau.

Tacx mengklaim bahwa flywheel ini mampu menciptakan kayuhan pedal yang lebih mulus dan realistis, dengan fitur closed resistance unit yang membantu mengurangi kebisingan. Ketika tidak dipakai, Tacx Boost bisa dilipat sehingga tidak memakan banyak ruang di rumah Anda.

Fitur Unggulan Garmin Tacx Boost Basic Trainer

Tacx Boost

Berikut ini adalah fitur-fitur Tacx Boost Basic Trainer yang dapat memberikan pengalaman indoor cycling lebih menyenangkan buat Anda.

  • Flywheel

Produk ini dilengkapi dengan flywheel seberat 1,6 kg. Kombinasi berat flywheel dengan kecepatan rotasi menciptakan inersia yang besar. Inersia inilah yang membuat kayuhan sepeda Anda menjadi lebih mulus seperti harapan Anda.

  • Resistance Level

Tingkat resistensi bawaan pada trainer ini memungkinkan Anda untuk mengontrol resistensi pada roda belakang ketika mengayuhnya. Anda dapat mensimulasi hingga mencapai kekuatan 1050 watt dengan tuasnya.

  • App Compatibility

Penggunaan bersama dengan Speed Sensor 2 dari Garmin akan memberikan pengalaman kekuatan virtual dalam berbagai aplikasi bersepeda seperti Tacx Training. Anda dapat menghubungkan Tacx Training dengan Garmin Connect untuk melihat riwayat bersepeda indoor yang akan tersinkronisasi secara otomatis.

Selain Tacx Training, aplikasi indoor cycling lain yang juga kompatibel dengan Tacx Boost adalah Zwift, Trainer Road, The Sufferfest, Skuga, Rouvy, Kinomap, BKool, dan VeloReality.

Tacx Boost

Mengapa Pilih Tacx Boost

Tacx Boost menawarkan banyak kemudahan, mulai dari proses setup yang singkat dan mudah, serta penyimpanan yang praktis di dalam rumah. Berikut ini beberapa alasan mengapa Anda harus memilih Tacx Boost.

  • Setup mudah

Anda tidak perlu menggunakan alat tambahan untuk setup trainer ini pertama kali. Cukup dengan dua kali klik, trainer indoor ini sudah bisa Anda gunakan. Pelajari cara setup produk ini pada bagian berikutnya.

  • Kecil namun stabil

Permukaan penyangga trainer ini cukup kecil, hanya 67,5 x 65 cm saja. Namun sangat kokoh dan mampu menahan beban.

  • Mudah disimpan

Tacx Boost

Didesain dengan ukuran yang compact, dapat disimpan dan mudah dilipat saat tidak digunakan.

  • Realistic ride feel

Flywheel trainer mampu menghasilkan kayuhan pedal dan mulus dan realistis, membuat Anda serasa sedang naik sepeda di jalanan sebenarnya.

  • Magnetic brake

Magnetic brake yang kuat memudahkan Anda untuk menambah tekanan atau menguranginya tanpa menggunakan tenaga tubuh Anda.

Setup Tacx Boost

Pasang setiap komponen Tacx Boost dengan mengikuti tahapan-tahapan berikut ini, seperti dikutip dari DesFit

Memasang unit resistance pada kerangka utama

  • Buka kerangka trainer, lalu letakkan di permukaan yang datar

Tacx Boost

  • Kemudian pasang resistance unit. Ada 3 pilihan pemasangan unit resistance yang bisa disesuaikan dengan diameter roda.

Tacx Boost

  • Pasangkan resistance pada kaitan yang ada pada kerangka utama. Kencangkan dengan kunci allen yang sudah disediakan di dalam box.

Memasang sepeda pada trainer

  • Gunakan Quick Release jika sepeda milik Anda disertai dengan Quick Release dan axle standar.
  • Masukkan sisi penggerak roda bagian belakang hingga pas di bagian sisi kiri dan kanan. Putar tuas pada trainer untuk mengunci roda. Pastikan roda terkunci dengan sempurna, tidak goyang atau kendor.

Tacx Boost

Mengatur unit resistance

  • Atur posisi unit resistance agar mendapatkan kontak yang maksimal dengan roda belakang.
  • Ketika tuas unit dinaikkan, roda tidak boleh bersentuhan dengan trainer.

Tacx Boost

  • Saat tuas unit diturunkan, roda belakang harus bersentuhan dengan trainer.

Tacx Boost

  • Titik penekanan pada kontak antara roda dengan unit resistance tidak harus terlalu kuat. Namun pastikan kontak tersebut aman dan konsisten terhadap seluruh permukaan roda.
  • Anda dapat mengatur intensitas tekanan melalui kenop yang ada di bagian bawah unit resistance.

Tacx Boost

Mengatur roda depan

  • Letakkan blok front riser di bawah roda depan.
  • Kaitkan pengendali resistance pada bagian setir, sesuaikan dengan ruang kosong di dekat pegangan setir.

Tacx Boost

  • Setup Tacx Boost telah selesai dan siap digunakan.

Dimana Bisa Mendapatkan Garmin Tacx Boost?

Tacx Boost menjadi solusi berolahraga yang nyaman tanpa perlu ke luar rumah. Trainer ini juga dirancang untuk Anda yang tinggal di bangunan sempit seperti apartemen, karena desainnya yang compact membuatnya mudah disimpan. Apalagi di tengah situasi pandemi saat ini, kesehatan menjadi hal yang paling penting dan menghindari kontak dengan orang lain harus dihindari sebisa mungkin. Garmin Tacx Boost kini sudah tersedia dengan harga Rp 5 jutaan.

Jangan lupa join di channel Telegram dorangadget.com untuk mendapatkan info terbaru seputar gadget dan promo.