Smart Trainer TACX NEO 2T – Membuat Tetap Bisa Olahraga Dari Rumah

Smart Trainer ACX NEO 2T

Dorangadget.com Bersepeda melewati berbagai tempat memang menyehatkan dan menyenangkan. Namun ketika bersepeda, apakah Anda juga merasa aman? Aman dari cuaca, dari tindak kejahatan, kecelakaan dan lain sebagainya yang membahayakan. Jika Anda sering mengalami perasaan tersebut, untuk meminimalisir dan menjaga tubuh tetap prima dengan bersepeda, Anda seharusnya menggunakan Smart Trainer/Turbo Trainer.

Mungkin Anda masih kurang familiar dengan Smart Trainer atau Turbo Trainer atau Bike Trainer. Alat tersebut merujuk pada sebuah perangkat yang sama. Yaitu sebuah alat yang akan membuat Anda bisa bersepeda tanpa harus keluar rumah dan tidak membutuhkan banyak tempat mirip dengan sepeda statis..

Dalam artikel ini, kita akan membahas Smart Trainer untuk membuat Anda tetap bisa bersepeda meski sedang dirumah.

Smart Trainer atau Turbo Trainer

Turbo Trainer ACX NEO 2T

Smart Trainer atau Turbo Trainer merupakan sebuah alat khusus yang menggunakan mesin, dengan alat ini memungkinkan Anda untuk memasangnya pada sepeda Anda. Cara kerja Turbo Trainer yakni dengan memberikan tahanan pada roda atau hub sepeda. Sehingga memberikan sensasi bersepeda yang hampir mirip dengan aslinya.

Perbedaan Dengan Roller Trainer

Roller Trainer sendiri adalah sebuah alat yang terdiri dari tabung yang berfungsi menahan laju perputaran roda sepeda. Ketika Anda menggunakan Roller Trainer untuk membuat sepeda statis, Anda harus selalu menjaga keseimbangan ketika mengendarainya.

Roller Trainer sepeda dijual dengan harga yang relatif lebih murah karena tidak memiliki mesin juga monitoring yang bisa terhubung pada gadget Anda. Roller Trainer biasanya memberikan pilihan gear untuk mengubah tahanan pada putaran roda. Namun untuk merubahnya harus dilakukan dengan turun dari sepeda.

Rekomendasi Smart Trainer atau Turbo Trainer Terbaik

Alat yang bisa membuat Anda tetap bersepeda di dalam rumah ini telah banyak dikembangkan. Sehingga Anda bisa menghubungkannya dengan GPS sepeda dengan berbagai sensor untuk melihat kecepatan, detak jantung, kalori dan lain sebagainya.

Salah satu rekomendasi Turbo Trainer untuk membuat Anda betah bersepeda di rumah adalah TACX NEO 2T. Smart Trainer NEO 2T ini mengalami banyak perubahan dari versi sebelumnya yang membuatnya layak untuk membuat Anda semakin prima.

Turbo Trainer TACX NEO 2T 

Turbo Trainer TACX NEO 2T memiliki peningkatan dari segi desain dan bahan yang digunakan. Dengan berbagai pembaruan yang dilakukan tersebut akan memberikan pengalaman lebih menyenangkan ketika Anda menggunakan sepeda statis.

Fungsi mesin pada smart Trainer akan memberikan tahanan untuk mensimulasikan tanjakan, jalan datar atau jalan menurun dengan baik. Sehingga Anda tidak akan bosan dan bisa melatih level sesuai kemampuan.

Beberapa kelebihan Smart Trainer TACX NEO 2T yakni:

Smart Trainer Dengan Suara Lebih Hening

Salah satu perubahan yang dilakukan untuk TACX NEO 2T yakni pada bagian magnet. Perubahan dari magnet tersebut semakin meminimalisir getaran dan mampu menghasilkan suara yang lebih tenang ketika Anda menggunakannya berlatih. 

Membuat Latihan Anda Lebih Nyaman

TACX NEO 2T memiliki respon yang sangat baik. Alat ini mampu bereaksi seketika pada perubahan-perubahan seperti kemiringan, kecepatan dan juga gerakan kiri kanan yang umum dilakukan saat mengayuh sepeda sekuat tenaga. NEO 2T sanggup mengikuti gerakan alami tubuh Anda ketika bersepeda.

Memiliki Inersia Dinamis

Inersia Dinamis berfungsi untuk mensimulasikan perjalanan bersepeda Anda seperti sedang bersepeda di luar ruangan. Inersia Dinamis mampu mengimbangi kecepatan, berat dan sudut kemiringan untuk membuat aktivitas bersepeda indoor semakin realistis.

 

Smart Trainer NEO 2T

Membuat Anda Merasakan Jalan

Fitur yang mampu membuat Anda merasakan sensasi bersepeda di luar ruangan. Seperti merasakan adanya batu, kerikil dan lain sebagainya. Fitur ini akan bekerja dengan aplikasi Tacx dan aplikasi Zwift.

Menggunakan Mesin Baru yang Lebih Bertenaga

Smart Trainer TACX NEO 2T menggunakan motor baru yang lebih bertenaga. Sehingga mampu menghasilkan tenaga lebih pada kecepatan rendah dan mampu memberikan sensasi berkendara secara lebih nyata. Terutama pada saat Anda mencoba jalur naik atau saat memacu kecepatan.

Memiliki Daya Cengkram yang Baik

Smart Trainer TACX NEO 2T terintegrasi dengan 32 magnet yang memungkinkan memiliki daya cengkram yang baik. Tingkat stabilitas dari NEO 2T sangat bisa diandalkan bahkan saat dipacu paling cepat sampai 2.200 watt.

Baca: Cara Menggunakan Heart Rate Monitor Garmin (HRM) Untuk Memantau Aktivitas Jantung Dengan Akurat

Tingkatkan Kemampuan Tubuh Anda

Anda bisa berlatih untuk meningkatkan kemampuan tubuh dengan latihan yang intens. Dengan alat ini Anda bisa merasakan tanjakan secara realistis sampai dengan tingkat kemiringan 25%.

Akurat & Handal

Kinerja dan kemajuan tubuh Anda akan diukur dengan konsisten. Informasi tersebut diambil dari kecepatan, gaya bersepeda Anda dan lain sebagainya.

Kompatibel Dengan Banyak Aplikasi

Turbo Trainer NEO 2T menggunakan konektivitas Bluetooth ANT+ FE-c yang membuatnya bisa terhubung dengan banyak aplikasi latihan. Beberapa aplikasi populer yang kompatibel dengan perangkat ini adalah Zwift dan Trainer Road.

 

Smart Trainer NEO 2TSmart Trainer NEO 2T

Memiliki Mode Mandiri

Anda bisa memilih mode pelatihan mandiri ketika tidak sedang terhubung. Dalam mode tersebut akan mensimulasikan jalan datar. Ketika Anda semakin cepat maka resistensi juga semakin cepat.

Kompatibel Dengan Berbagai Perangkat

Anda bisa menghubungkan Turbo Trainer dengan beberapa perangkat secara bersamaan. Jadi  bisa langsung menikmati aplikasi Tacx sekaligus melihat performa latihan Anda.

Memiliki Banyak Pilihan Untuk Latihan

Anda bisa menikmati dan memilih banyak video berkualitas tinggi yang akan membuat Anda merasakan pengalaman menaiki bukit di pegunungan Alpen atau jalan jalan di Milan.

Baca: Garmin Sepeda GPS – Cara Memasang Speed Sensor dan Cadence Sensor

Rencana Latihan Dari TACX

Anda bisa memanfaatkan rencana latihan secara terstruktur yang dirancang sesuai tingkat kemampuan tubuh Anda untuk memenuhi target. Anda juga bisa melakukan pertandingan dengan teman Anda, membagikan data GPS juga berlatih menggunakan peta 3D serta masih banyak lagi lainnya. Jika dibanding dengan bersepeda diluar, banyak juga manfaat menggunakan Bike trainer yang bisa Anda dapatkan.

Penutup

Kelebihan paling menonjol dari smart trainer adalah kemampuannya untuk terhubung pada beberapa aplikasi. Hal ini menjadikan Turbo Trainer sebagai alat yang ideal untuk pelatihan karena mampu memberikan progres dan data yang teranalisis pada komputer atau gadget. Cara pasang Bike Trainer TACX juga cukup mudah.

Smart Trainer TACX NEO 2T dengan konektivitas ANT+ atau bluetooth yang bisa dihubungkan pada berbagai perangkat seperti Smart TV juga berbagai aplikasi. Seperti RGT Cycling, Zwift, The Sufferfest dan lain sebagainya yang bisa memvisualkan suasana bersepeda. Dengan begitu meskipun hanya bersepeda dalam ruangan, Anda tidak akan merasa bosan dan yang terpenting Anda akan tetap aman.

× Whatsapp