Doran GadgetDrone dilengkapi dengan remote controller untuk mempermudah pengoperasian ketika di udara. Misalnya saja pada drone DJI Mavic 3 hingga seri terbaru dengan harga terjangkau seperti DJI Mini 3 Pro. Bagi pengguna pemula, mungkin belum familiar dengan remote ini. Terutama mengenai fungsi tombol remote controller drone. Apa saja fungsi-fungsi tersebut? Anda bisa simak ulasannya yang telah dirangkum oleh tim Doran Gadget berikut ini.

Apa Itu Remote Controller Drone?

aplikasi drone DJI

Sebelum mengetahui fungsi tombol remote controller drone, ada baiknya Anda ketahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan alat ini. Secara sederhana, remote controller drone bisa diartikan sebagai perangkat yang dioperasikan oleh pilot drone untuk mengendalikan pesawat drone saat diterbangkan.

Remote ini bekerja dengan cara mengirimkan sebuah sinyal radio lewat pemancar atau transmitter. Nantinya, sinyal ini diterima receiver yang ada di pesawat drone. Biasanya, remote controller drone tidak dilengkapi dengan monitor atau layar First Person View (FPV) untuk drone konvensional. Beda halnya dengan remote pada drone FPV yang dilengkapi dengan goggle.

Baca juga: Cara Menghubungkan dan Menggunakan Remote DJI Mavic 3

Fungsi Tombol Remote Controller Drone

menghubungkan remote dji mavic 3 (1)

Tombol yang ada pada remote controller drone memang tidak kompleks. Meski hanya ada beberapa, namun memiliki fungsi dan kegunaan cukup penting saat melakukan manuver. Secara umum, setidaknya ada lima tombol utama pada remote dan fungsinya yang perlu Anda ketahui berikut ini.

1. Stik di Bagian Kiri

Tombol yang pertama adalah stik di bagian kiri. Fungsi tombol remote controller drone ini ialah mengatur manuver dan gerak drone. Biasanya, gerakan stik kiri ada dua yakni Yaw dan Throttle. Yaw adalah gerakan drone memutar yang searah jarum jam atau berlawanan di sumbu Y. Dengan begitu, dapat melingkat di udara. Sementara Throttle untuk gerakan drone naik turun di sumbu X.

2. Fungsi Tombol Remote Controller Drone – Stik Kanan

Berikutnya stik di bagian kanan. Fungsinya sebenarnya cukup sama hanya saja untuk digunakan dalam gerakan pitch dan roll. Pitch merupakan gerakan maju dan mundur saat drone diterbangkan. Roll ialah gerakan berguling atau memiringkan drone ke sisi samping kiri maupun kanan saat berada di udara.

3. Tombol Trim

dji mavic pro, dji phantom, cara pairing cara binding

Tombol yang ketiga disebut dengan Trim. Adapun fungsi dari Trim ini untuk mengatur keseimbangan drone ketika terbang. Sebab, terkadang drone bisa saja tidak seimbang ketika awal diterbangkan. Begitu juga saat orientasi saat terbang tidak stabil. Oleh karena itu, pilot drone harus jeli apakah drone dalam posisi stabil atau tidak saat diterbangkan.

Baca juga: Mengenal Software DJI FlightHub 2 untuk Pemetaan Drone

4. Fungsi Tombol Remote Controller Drone – Landing dan Take Off

Keempat yakni tombol Landing dan Take Off. Tombol ini wajib ada pada remote controller drone. Dengan menekannya, drone otomatis dapat diterbangkan maupun didaratkan. Adanya tombol ini memang sangat membantu bagi para pilot drone, termasuk pengguna pemula hanya dengan sekali tekan tombol saja.

5. Tombol RTH

menghubungkan remote dji mavic 3

Terakhir yakni tombol Return to Home (RTH). Tombol ini merupakan tombol keamanan untuk memerintahkan drone kembali pada posisi awal ketika take off. Keunggulan drone ini adalah sejauh apapun drone diterbangkan, akan kembali ke tempat semula. Hanya saja, untuk menggunakannya Anda perlu melakukan kalibrasi untuk GPS di perangkat drone untuk mengenali arah maupun lokasi.

Baca juga: Tutorial Menggunakan Remote Drone DJI Phantom 4 Pro

Penutup

Setidaknya, itulah beberapa hal mengenai fungsi tombol remote controller drone. Anda bisa mendapatkan remote ini beserta drone terbaik dari DJI hanya di Doran Gadget yang menjadi toko resmi DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali. Pembelian bisa dilakukan di jaringan store kami, marketplace, website, maupun aplikasi.

Produk yang kami jual merupakan barang asli dengan garansi resmi pabrikan. Selain itu, ada berbagai promo menarik yang bisa Anda dapatkan dengan mengecek promo di Instagram kami. Sedangkan untuk informasi pemesanan dan pembelian produk hubungi CS kami di sini via WhatsApp.

Artikel terkait:

× WhatsApp