DJI IndonesiaDJI Mini 3 Pro secara resmi dirilis 10 Mei 2022 kemarin. Seri terbaru ini memiliki beberapa keunggulan dari seri sebelumnya. Baik itu dari dimensi drone dan pembaruan fitur. Tak heran jika banyak para pecinta teknologi drone berharap lebih pada spesifikasi DJI Mini 3 Pro ini. Seperti apakah? Berikut ulasannya yang dirangkum oleh tim Doran Gadget.

Spesifikasi DJI Mini 3 Pro Secara Umum

Berikut spesifikasi dari drone DJI Mini 3 Pro secara umum seperti dilansir dari website resmi DJI pasca peluncurannya. Mulai dari perangkat drone hingga fitur-fitur unggulan yang ditawarkan.

 Dimensi dan Berat 145×90×62 mm (dilipat)
71×245×62 mm (tidak dilipat)
251×362×70 mm (tidak dilipat dengan baling-baling)
<249 gram
 Jarak Penerbangan 18 km mode FCC dengan Intelligent Flight Battery dengan kecepatan angin 43.2 Kph
 25 km mode FCC dengan Intelligent Flight Battery Plus dengan kecepatan angin 43.2 Kph
 Waktu Penerbangan 34 menit dengan Intelligent Flight Battery dengan kecepatan angin 21.6 Kph
 47 menit dengan Intelligent Flight Battery Plus dengan kecepatan angin 21.6 Kph
 Temperatur Operasi -10° hingga 40°C
 Sistem Sensor Forward, Backward, Downward
 Sensor Kamera 1/1.3 Inci CMOS dengan 48 Pixel
 Lensa Kamera FOV: 82.1°
 Format Equivalent: 24 mm
 Aperture: f/1.7
 Focus Range: 1 m to ∞
 Format Foto JPEG/DNG (RAW)
 Mode HDR Foto: HDR supported in Single Shot mode
 Video: HDR supported when shooting at 24/25/30fps
 Ukuran Gambar Maksimal 4:3: 8064×6048 (48 MP), 4032×3024 (12 MP),16:9: 4032×2268 (12 MP)
 Resolusi Video 4K: 3840×[email protected]/25/30/48/50/60fps
 2.7K: 2720×[email protected]/25/30/48/50/60fps
 FHD: 1920×[email protected]/25/30/48/50/60fps
 Slow Motion: 1920×[email protected]
 Mode Quickshot Dronie, Helix, Rocket, Circle, Boomerang, Asteroid
 Baterai 2453 mAh Li-Ion (Intelligent Flight Battery)
 3850 mAh Li-Ion (Intelligent Flight Battery Plus)
 Waktu Pengisian Daya 64 menit (Intelligent Flight Battery)
 101 menit (Intelligent Flight Battery Plus)
 Remote Control DJI RC Model RM330
 Koneksi Bluetooth 5.2, WiFi

Baca juga: Keunggulan DJI Mini 3 Pro dari Seri Sebelumnya

Fitur DJI Mini 3 Pro

Tak hanya mengenai spesifikasi DJI Mini 3 Pro secara umum saja, hal yang cukup menarik untuk disimak dari drone terbaru ini adalah mengenai fitur-fitur yang disematkan. Melansir dari website DJI dan berbagai sumber terpercaya lainnya, berikut beberapa fitur unggulannya yang perlu Anda ketahui.

1. Desain Ultra Ringan dan Ergonomis

Seperti halnya seri Mini sebelumnya, pada Mini 3 Pro dirancang dengan bobot yang ringan. Bahkan pada seri ini lebih ringan kurang dari 249 gram saja. Keunggulannya, memudahkan pengguna dalam melakukan manuver di udara. Bahkan, Anda bisa menyimpannya di tas ukuran kecil saat traveling.

Di samping itu, dengan bobot drone kurang dari 250 gram, lebih aman dan nyaman serta minim regulasi. Terutama di negara-negara tertentu, hal ini akan membuat pengguna lebih leluasa saat mengoperasikannya.

2. Nikmati Waktu di Udara Lebih Lama

Keunggulan lainnya dari spesifikasi DJI Mini 3 Pro adalah dari sektor baterainya. Berbeda dari sebelumnya, terdapat dua jenis baterai yang bisa dipilih yakni Intelligent Flight Battery dengan kemampuan di udara hingga 34 menit. Selain itu juga ada Intelligent Flight Battery Plus dengan waktu penerbangan di udara lebih lama yakni 47 menit.

Daya tahan baterai yang lama ini dipengaruhi pula oleh bobot drone yang ringan. Dengan begitu, baterai tidak mengeluarkan daya kerja cukup tinggi sehingga membuatnya lebih boros. Di samping itu, adanya Intelligent Flight Battery Plus adalah pilihan tepat bagi para pengguna dalam pengambilan gambar lebih lama dan ini merupakan terobosan terbaru dari DJI.

Baca juga: 5 Cara Membedakan Baterai Drone DJI Asli dan Palsu

3. Spesifikasi DJI Mini 3 Pro – Sektor Kamera

Beralih ke fitur kamera DJI Mini 3 Pro, sebenarnya cukup mumpuni di kalangan menengah maupun profesional. Ini bisa dilihat dari adanya sensor kamera yang cukup besar dan didukung aperture f/1.7 yang dapat mengambil gambar hingga resolusi 48MP. Begitu juga dengan video hingga 4K/60fps.

Sementara itu, untuk mendapatkan hasil bidikan terbaik, kamera dapat berputar hingga 90° pada mode True Vertical Shooting. Tak cukup sampai di situ saja, beberapa fitur kamera yang disematkan di antaranya adalah Focus Track Suite, Quick Shots, Mastershots, hingga Hyperlapse.

4. Fitur Sensor Rintangan

DJI menyematkan fitur sensor rintangan untuk penerbangan drone yang lebih aman dan nyaman. Misalnya dengan adanya Tri-Directional Obstacle Sensing (Forward, Backward, dan Downward). Sensor ini juga dilengkapi dengan fitur Pilot Assistance System (APAS) 4.0.

Berkat fitur APAS 4.0 ini, membuat drone dapat menghindari rintangan dengan baik. Sebagai tambahan, dengan adanya FocusTrack dapat menjaga drone pada posisi terbaik secara otomatis saat terbang di udara dan berada di jalur yang tepat.

5. Terintegrasi dengan DJI Remote Controller

Jadikan pengalaman penerbangan lebih baik dengan menggunakan DJI Remote Controller yang dapat digunakan pada DJI Mini 3 Pro. Remote control ini didesain dengan menggunakan fitur touchscreen dengan layar yang cukup lebar 5.5 inci. Selain itu, remote control ini terintegrasi dengan aplikasi DJI Fly.

Baca juga: 3 Aplikasi Drone DJI untuk Smartphone dan Tablet

6. Layanan DJI Care Refresh

Selain memberikan kecanggihan fitur dan teknologi pada drone, DJI juga memberikan layanan terbaik kepada konsumen setianya. Salah satunya adalah dengan adanya DJI Care Refresh. Hal ini untuk menjaga drone dalam kondisi baik selama penerbangan dan penggunaan. DJI Care Refresh merupakan garansi untuk drone seperti dari tabrakan, terkena air, dan kerusakan lainnya yang ter-cover. Selengkapnya mengenai layanan tersebut, Anda bisa klik di sini.

7. Spesifikasi DJI Mini 3 Pro dari Segi Harga

Selanjutnya adalah mengenai harga yang dipasarkan. Untuk sementara waktu, pembelian dapat dilakukan melalui sistem pre-order. Harga yang ditawarkan sebagaimana dilansir di laman DJI adalah 668US$ (tanpa remote control). Sedangkan untuk drone DJI Mini 3 Pro  yang dilengkapi remote DJI RC-N1 harganya sekitar 759US$.

Lalu, untuk DJI Mini 3 Pro dengan DJI RC dibanderol seharga 909US$. Sebagai catatan, harga tersebut dapat berubah di beberapa negara termasuk di harga distributor Indonesia. Hal itu karena adanya kebijakan fiskal dan pajak masuk atas barang impor.

Baca juga: Syarat dan Cara Klaim Garansi Drone DJI yang Perlu Anda Tahu

Penutup

Setidaknya, itulah beberapa spesifikasi DJI Mini 3 Pro beserta fiturnya yang perlu Sobat Doran ketahui. Anda bisa mendapatkan drone DJI Mini 3 Pro dengan sistem pre-order di Doran Gadget selaku authorized dealer DJI Surabaya, DJI Jakarta, DJI Semarang, dan DJI Bali. Periode pre-order mulai tanggal 10-24 Mei 2022. Untuk informasi lebih lanjut Anda bisa hubungi CS kami via WhatsApp dengan cara klik di sini.

Artikel terkait:

× WhatsApp