Doran GadgetAplikasi screenshot laptop dan PC jadi salah satu andalan para pengguna perangkat digital ini. Khususnya saat menyimpan hal penting yang ada di layar. Mulai dari menyimpan materi ketika mengikuti webinar, kelas online, hingga video tutorial yang sedang diputar. Bahkan, tangkapan layar dari chat sebelum dihapus pengguna lainnya.

Saat ini memang banyak aplikasi yang menawarkan tangkapan gambar dan video di laptop dengan hasil kualitas baik. Namun, pastikan sesuai dengan kebutuhan dan penggunaannya, Sobat Doran. Apa saja aplikasi untuk screenshot terbaik 2023? Simak ulasannya sampai tuntas.

Cara Screenshot Laptop Manual

laptop tidak bisa terhubung ke hotspot hp
sc: Detik

Screenshot di laptop dapat dilakukan dengan cara manual. Di sini, pengguna perlu menekan tombol-tombol tertentu yang terdapat di keyboard. Misalnya saja untuk pengguna Windows, dapat dilakukan dengan menekan tombol seperti ‘PrintScreen’ atau bisa juga dalam keyboard tertulis ‘PrtSc’.

Saat menekan tombol tersebut, maka secara otomatis PC atau laptop Anda menangkap tampilan gambar di layar. Berkas hasil pengambilan gambar itu tersimpan di clipboard dan dipaste dengan menekan tombol ‘CTRL+V’ secara bersamaan.

Cara lainnya adalah dengan menekan tombol ‘Windows+PrintScreen’ bersamaan. Ini bisa Anda lakukan jika ingin menyimpan gambar dalam format PNG. Nantinya, gambar akan tersimpan di folder Pictures. Anda pun dapat menggunakan tombol ‘Windows+Shift+S’ pada tangkapan gambar sebagian. Bila menggunakan Windows 11, ada sebuah jendela yang bisa menentukan area mana untuk tangkapan layar yang diinginkan.

Bagi pengguna MacOs, tak perlu khawatir. Sebab, Apple juga menyarankan cara screenshot laptop dengan menekan ‘cmd+Shift+3’ jika menginginkan tampilan layar penuh. Namun, ini dapat disesuaikan dengan berbagai pilihan tampilan layar. Caranya dengan mengubah tombol angka ke ‘4’ ‘cmd+Shift+5’.

Baca juga: Touchpad Laptop Tidak Berfungsi? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya!

Aplikasi Screenshot Laptop Terbaik 2023

Selain cara manual, Anda pun dapat menggunakan aplikasi screenshot laptop dan PC agar lebih mudah hanya dalam satu klik saja. Berikut beberapa rekomendasinya yang bisa dipilih di tahun ini.

1. Lightshot

sc: YouTube Web Tech Express

Aplikasi yang pertama bisa Anda coba adalah Lightshot. Keunggulan dari aplikasi ini adalah penggunaannya yang sangat ringkas. Selain itu, juga dapat digunakan di berbagai sistem operasi baik Windows maupun MacOS. Saat mengaktifkannya, akan muncul tampilan area terang dan gelap untuk tangkapan layar yang diambil.

Kemudian, Anda bisa menyesuaikan area mana yang akan diambil gambar. Lanjutkan dengan klik ikon ‘Copy’ atau ‘Save’ untuk hasilnya. Di aplikasi screenshot laptop terbaik ini juga terdapat tools dasar. Misalnya kotak penunjuk, garis panah, dan pemotong gambar. Anda bisa menggunakannya secara gratis.

Baca juga: 10+ Aplikasi Edit Video Populer di HP 2023

2. TinyTake

sc: G2

Berikutnya yang wajib dicoba adalah TinyTake. Tidak hanya untuk mengambil gambar saja, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengambil tangkapan video. Bahkan, Anda bisa menyimpannya dalam tampilan layar penuh (fullscreen) maupun disesuaikan sesuai keiginan. Penggunaannya sangat mudah, saat terpasang dan digunakan bakalan muncul ikon TinyTake yang ada di toolbar dan bisa diakses.

Di sisi lain, untuk menggunakannya Anda harus login terlebih dahulu dengan akun TinyTake. Sebab, aplikasi ini menyediakan galeri secara online untuk menyimpan tangkapan layar foto maupun video. Untuk bisa menikmati berbagai fitur unggulannya, pengguna harus upgrade ke versi Pro.

3. PicPick

sc: Download Zone

Di nomor tiga ada sebuah aplikasi yang unik, Sobat Doran. Dimana aplikasi penangkap tampilan layar ini mengombinasikan screenshot dengan fitur edit khas seperti Microsoft Paint. Jadi, setelah mengambil atau menangkap layar, pengguna dapat langsung mengeditnya dengan sesuka hati sesuai keinginan.

Dalam mengedit ini, pengguna bisa menambahkan hal lain seperti bentuk, teks, bentuk gambar, dan lainnya. Kerennya lagi, di aplikasi ini ada beragam filter tambahan dan tersedia dalam 40 bahasa. Namun, untuk dapat menggunakan berbagai fitur terbaik ini, pengguna diharuskan membayar dan berlangganan.

Baca juga: 3 Cara Screenshot HP Samsung Paling Mudah

4. Aplikasi Screenshot Laptop – Snipaste

sc: Snipping Tools

Cari aplikasi screenshot laptop dan PC dengan ukuran kecil? Rekomendasi keempat ini adalah Snipaste. Karena ukurannya yang kecil inilah bisa membuatnya dipasang dan digunakan di berbagai versi Windows terlama sekalipun. Termasuk di berbagai jenis laptop maupun PC dari spek terendah hingga tertinggi.

Ada beberapa fitur yang lengkap untuk penggunaan dasar. Contohnya dengan tangkapan layar dengan bentuk gambar. Selain itu, juga terdapat banyak pilihan mode screenshot. Termasuk juga fitur pengeditan gambar secara dasar dan sederhana. Misalnya untuk menambahkan garis dan lainnya.

5. Skitch

sc: Logolynx

Apabila Anda mencari aplikasi untuk tangkapan layar yang lengkap dan multiplatform, bisa mencoba Skitch di rekomendasi yang kelima ini. Skitch tersedia untuk aplikasi MacOS dan Windows yang bisa dipilih. Sementara, untuk tangkapan layarnya terdapat tiga jenis yang bisa digunakan. Mulai dai blank, full screen, dan region.

Pengguna dapat menambahkan fitur tambahan lainnya seperti membuat gambar blur, highlight, arrow, dan teks. Lalu, ada juga tools yang bisa digunakan memotong area tertentu. Pengguna MacOS dapat menggunakan versi terbaru. Sedangkan pengguna Windows tersedia versi 2.8 yang juga masih worth it.

Baca juga: 7 Cara Mudah Menjernihkan Foto Blur Tanpa Aplikasi

6. ShareX

sc: Get ShareX

ShareX merupakan aplikasi untuk screenshoot laptop keenam yang open source. Artinya, Anda dapat mengunduh dan menggunakannya gratis. Walaupun gratis, beberapa fitur tertentu cukup unggul dan tak kalah dengan aplikasi premium. Misalnya, kemampuannya dalam scrolling capture, webpage capture (website), dan menambahkan watermark.

Untuk metode screenshotnya pun cukup banyak, bahkan hingga 10 metode. Hasilnya bisa Anda simpan dan dibagikan ke beragam platform. Aplikasi ini pun juga bebas iklan dan dapat digunakan di sistem operasi terendah seperti Windows 7.

7. ScreenRec

sc: G2

Aplikasi canggih ketujuh adalah ScreenRec. Sama seperti namanya, ScreenRec tak hanya bisa menangkap tampilan gambar saja tetapi juga video dengan beragam fitur canggih. Aplikasi ini pun memberikan opsi penyimpanan di folder lokal maupun ke cloud. Begitu pun hasil tangkapan layar bisa dengan format HD.

Gambar ini juga bisa Anda edit tanpa aplikasi tambahan. Canggihnya lagi, dengan ScrenSec Anda bisa menggunakan paket analitik yang ditawarkan. Jadi, pengguna bisa melihat siapa yang melihat video maupun gambar. Menarik bukan?

Baca juga: 10 Aplikasi Penyimpan Foto di Android Agar Makin Aman

8. Movavi Screen Recorder

sc: Free Crack Download

Di nomor delapan ada Movavi Screen Recorder yang dapat digunakan untuk tangkapan layar berupa video. Tentu, aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang membuat konten berupa video tutorial. Beberapa fitur unggulannya juga lengkap, terutama untuk proses editing dengan hasil lebih baik.

Misalnya saja dapat melakukan zooming di bagian tertentu saat perekaman. Lalu, dapat pula digunakan untuk menambahkan tulisan maupun garis. Hasil videonya juga dijamin tidak bakalan pecah karena sudah beresolusi HD. Namun, resolusi ini juga bisa disesuaikan agar tersedia cukup ruang.

9. Aplikasi Screenshot Laptop – Snagit

sc: Tech Quintal

Snagit dirancang bagi para pengguna profesional. Hal ini karena aplikasi kesembilan ini dibekali dengan fitur terbaik. Mulai dari template untuk pendokumentasian visual, tutorial, hingga pelatihan dengan tangkapan layar. Ada berbagai format yang bisa disimpan, termasuk dalam format GIF maupun video.

Selain profesional, Snagit juga cocok untuk stramer dan konten tutorial. Sebab, di aplikasi ini ada opsi penunjuk kursor, mengedit ukuran gambar, hingga lainnya. Hanya saja, Snagit terdeia untuk fitur premium dan berlangganan. Meski begitu, Anda bisa mencoba trial dengan full featured hingga 15 hari.

Baca juga: 3 Cara Memperkuat WiFi di Laptop dengan Mudah

10. Gyazo

sc: Gyazo

Sepuluh adalah Gyazo yang memberikan pengalaman yang mudah ketika menggunakannya. Cukup dengan menyeret kursor untuk area yang akan diambil tangkapan layarnya. Hanya saja, jika aplikasi lainnya hasil tangkapan akan tersimpan di folder, maka tidak demikian dengan Gyazo. Hasil tampilan screenshot akan ada di browser pengguna.

Bila ingin menyimpannya di perangkat, maka Anda perlu menggunakan cara manual. Salah satunya dengan membuka gambar tersebut di tab baru. Setelah itu, bisa diunduh atau membagikan dengan link. Untuk versi Pro, ada banyak keunggulan dan fitur yang bisa digunakan.

11. ScreenPresso

sc: Alternative

Kesebelas ada ScreenPresso yang memiliki fitur tak kalah lengkapnya. Khususnya untuk berbagai opsi dalam mengedit gambar. Untuk versi gratis memang terbatas, namun jika ingin menggunakan banyak versi bisa dengan berlangganan Pro seharga Rp400 ribuan sekali pembelian saja.

Di sini, salah satu keunggulan dari versi Pro adalah ada fitur untuk menghapus watermark. Dengan begitu sangat cocok bagi Anda untuk tujuan profesional maupun komersial. Namun, jika untuk penggunaan sehari-hari, versi gratis saja sudah cukup untuk Anda.

Baca juga: 8 Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Terhubung ke Hotspot HP

12. Awesome Screenshot

sc: Awesome Screenshot

Tak ingin download aplikasi screenshoot di perangkat? Anda bisa mencoba rekomedasi keduabelas yakni Awesome Screenshot. Sebab, formatnya adalah ekstensi yang bisa dipasang di Google Chrome. Cara menggunakannya adalah, download aplikasi ini di browser dan secar otomatis terpasang di Chrome.

Kemudian, tekan ikon Awesome Screenshot di kanan atas layar. Lanjutkan dengan pilih opsi screenshot maupun perekaman video sesuai dengan kebutuhan. Ini juga bisa dilakukan di mouse dengan klik kanan. Setelah itu, pilih Awesome Screnshot dan menentukan opsi perekaman.

13. Snipping Tools

sc: HT Tech

Terakhir adalah Snipping Tools, dimana aplikasi screenshot laptop ini adalah bawaan pabrikan untuk sistem operasi Windows 7 sampai Windows 10. Beberapa fitur unggulannya antara lain tangkapan layar secara penuh, jendela tunggal, hingga area layar yang diinginkan  dengan beragam bentuk.

Hasil foto pun bisa diedit dengan perangkat tambahan bawaan gadget, seperti highlighter, stylus pen, dan lainnya. Untuk format gambar yang disimpan, dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan. Mulai dari GIF, PNG, MHT, dan JPEG.

Baca juga: Berikut Ini Cara Split Layar Laptop dengan Mudah!

Lengkapi Aksesoris Laptop Anda di Doran Gadget

sc: Logitech

Bagaimana, cukup mudah bukan cara membuat tangkapan gambar dengan menggunakan aplikasi screenshot laptop dan PC di atas? Anda bisa memilih salah satu yang cocok sesuai dengan kebutuhan dan penggunaan. Selain mudah digunakan, aplikasi tersebut memiliki ukuran yang tidak begitu besar. Dengan begitu, cukup aman dan nyaman dipasang dan diinstal di laptop maupun PC pengguna tanpa memakan banyak ruang.

Agar semakin nyaman menggunakan laptop dan PC saat bekerja dan beraktivitas sehari-hari, Anda bisa menggunakan berbagai aksesorisnya yang bisa didapatkan di Doran Gadget. Mulai dari keyboard, mouse, speaker, headphone, mousepad, dan lain sebagainya. Kami menjual produk dari brand ternama dengan kualitas terbaik dan garansi resmi pabrikan.

Dapatkan pula bonus dan promo menarik untuk pembelian di waktu tertentu. Khususnya untuk pembelian di store, website, maupun aplikasi Doran Gadget. Informasi mengenai produk dan ketersediaannya, hubungi admin kami via WhatsApp di nomor 087834601568. Follow juga akun Instagram Doran Gadget untuk melihat promo yang berlangsung.

Artikel terkait:

>