Aplikasi penyimpan foto (9)

Doran GadgetAplikasi penyimpan foto kini cukup banyak digunakan para pengguna Android. Hal ini agar foto lebih aman dan nyaman, terutama ketika perangkat mengalami masalah atau kerusakan, foto masih tersimpan dengan baik. Apalagi jika foto tersebut cukup penting.

Aplikasi Penyimpan Foto

Melansir dari berbagai sumber seperti Android Authority, setidaknya ada 10 aplikasi yang dapat Anda pilih dan gunakan sesuai dengan kebutuhan. Termasuk untuk menyimpan file lainnya. Berikut di antaranya.

1. Dropbox

Aplikasi penyimpan foto (6)

Pertama ada Dropbox yang sering digunakan di Android. Terutama untuk HP yang memiliki fitur sinkronisasi galeri otomatis. Selain itu, Dropbox dinilai cukup lengkap untuk kategori aplikasi pihak ketiga. Jika untuk kapasitas yang lebih Anda harus menggunakan versi premium. Sebab, untuk versi gratisannya hanya terbatas hingga 2GB saja.

2. Google Photos

Aplikasi penyimpan foto (4)

Selanjutnya yakni Google Photos atau bagian dari Google Drive. Aawalnya, aplikasi ini bisa digunakan secara gratis. Namun, terhitung sejak Juni 2021 kapasitas penyimpanannya dibatasi hanya 15GB saja untuk versi gratis. Sedangkan bila ingin menggunakan versi premium dengan kapasitas 100GB sampai 2TB, Anda harus membayar 1.99$ – 9.99$ tiap bulannya.

3. Amazon Photos

Aplikasi penyimpan foto (8)

Amazon juga memiliki aplikasi penyimpan foto terbaik untuk Android yakni Amazon Photos. Sama halnya seperti Google Photo, versi gratis aplikasi ini hanya menyediakan hingga kapasitas 5GB saja. Di aplikasi ini, Anda bisa menyimpan foto dengan kualitas original dan mudah dibagikan ke anggota lainnya yang sudah terdaftar. Jika ingin berlangganan, Anda harus membayar sekitar 19.99$ per tahunnya.

Baca juga: 7 Rekomendasi HP Kamera Terbaik dengan Kualitas Premium

4. Aplikasi Penyimpan Foto – MEGA

Aplikasi penyimpan foto (3)

Aplikasi lainnya adalah Mega yang memiliki fungsi dan fitur tak kalah dengan aplikasi penyimpan foto lainnya. Keunggulannya adalah, untuk versi gratisnya memang lebih besar dibanding yang lain untuk menyimpan foto yakni 50GB. Sedangkan jika ingin menggunakan versi premium Anda bisa mendapatkan kapasitas hingga 16TB dengan harga 4.99$-29.99$.

5. Microsoft OneDrive

Aplikasi penyimpan foto (1)

Tak mau kalah dengan Google, perusahaan raksasa di bidang teknologi Microsoft meluncurkan aplikasi yang sama yakni OneDrive. Aplikasi ini mudah digunakan karena telah terintegrasi dengan Microsoft Office. Anda pun jga bisa mengunduhnya secara terpisah dan memasangnya di HP. Kemudian, Anda juga bisa menandai foto unggulan. Hanya saja, untuk versi gratisnya bisa digunakan sampai 5GB dan untuk yang berbayar seharga 1.99$-6.99$ per bulannya dengan kapasitas 100GB-1TB.

6. PhotoMap

Aplikasi penyimpan foto

Bisa dibilang PhotoMap merupakan aplikasi penyimpan foto Android yang unik. Sebab, pengguna dapat menyimpan gambar melalui lokasi. Jadi, pengguna bisa menggunakan peta di aplikasi ini untuk melihat tempat foto tersebut diambil dengan fitur GPS. Aplikasi ini ada yang versi gratis dan juga versi premium dengan harga 2.99$ saja Sobat Doran.

7. Gallery Vault

Aplikasi penyimpan foto (10)

Bagi Anda yang menjaga privasi foto dengan tingkat tinggi, aplikasi Gallery Vault bisa dipilih. Tak hanya foto, di sini Anda bisa menyimpan file lain seperti video dan lainnya dalam aplikasi. Tak sampai di situ saja, Anda pun bisa menyembunyikan ikon, jadi tak akan ada yang tahu bagaimana cara mengakses kecuali pengguna. Bagi pengguna Samsung, fitur aplikasi sidik jari juga bisa digunakan.

Baca juga: 9 Fitur Keren Aplikasi Samsung Gallery dan Cara Menggunakannya

8. Aplikasi Penyimpan Foto – Focus

Aplikasi penyimpan foto (7)

Aplikasi untuk menyimpan foto Focus Picture Gallery ini memang cukup lengkap di antaranyang lain. Pasalnya, aplikasi ini memiliki fitur baik itu tema gelap maupun terang untuk melindungi foto. Ada pula fitur keamanan yang memungkinkan pengguna mengubah ikon. Aplikasi ini memang bisa digunakan gratis. Lalu, bila ingin menggunakan versi pro, Anda harus merogoh kocek sebesar 1.13$ per bulannya.

9. Flickr

Aplikasi penyimpan foto (5)

Sebagian dari Anda mungkin sudah mengetahui aplikasi Flickr. Aplikasi ini biasnaya digunakan para fotografer profesional. Khususnya untuk menyimpan foto yang memiliki kualitas tinggi. Meski begitu, Anda juga bisa menggunakannya untuk foto berkualitas sedang, lho. Keunggulannya adalah ada beberapa fitur yang bisa disinkronisasi otomatis. Flickr memiliki versi gratis, hanya saja kapasitas penyimpanan fotonya terbatas hingga 1000 foto saja.

10. NextCloud

Aplikasi penyimpan foto (2)

Aplikasi yang terakhir adalah NextCloud. Kerennya lagi, aplikasi ini dapat digunakan secara gratis. Jadi, Anda bisa memanfaatkannya untuk menyimpan foto pribadi maupun dokumen foto yang berkaitan dengan pekerjaan. Caranya pun sangat mudah, Anda cukup mencari aplikasi ini di PlayStore dan mulai download lalu install di HP. Namun, cek kembali kapasitas drivenya untuk penggunaan dalam jumlah yang besar.

Baca juga: 10+ Aplikasi Live Streaming Bola Gratis Liga Terbaik Dunia 2022

Penutup

Sobat Doran, itulah 10 aplikasi penyimpan foto untuk Android yang bisa Anda gunakan agar semakin nyaman. Jangan lupa untuk mendukung aktivitas digital Anda dalam mengambil foto dan lainnya, gunakan selalu aksesoris gadget dengan kualitas terbaik yang bisa Anda dapatkan di Doran Gadget.

Mulai dari smartphone, action camera, gimbal stabilizer, dan lain sebagainya. Termasuk powerbank, charger, tripod, dan lainnya. Semua barang yang kami jual merupakan barang original dengan garansi resmi dari pabrikan. Untuk pembelian bisa dilakukan di jaringan store kami, marketplace maupun aplikasi Doran Gadget di PlayStore maupun AppStore. Informasi lebih lanjut hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

×