Doran Gadget – Mengambil tangkapan layar atau screenshot memang merupakan hal yang sering dilakukan olah semua orang. Sayangnya tidak semua orang mengetahui cara melakukan screenshot terutama bagi mereka yang baru saja mengganti ponsel mereka. Nah bagi Anda pengguna Samsung yang masih bingung bagaimana cara screenshot HP Samsung, mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Cara Screenshot HP Samsung 

Dilansir dari Kompas.com, ada tiga cara yang bisa Anda gunakan untuk melakukan screenshot pada HP Samsung. Berikut ulasannya!

1. Palm Swipe / Usapan Telapak Tangan

Fitur ini yang paling sering dipakai karena cara ini ekslusif hanya tersedia pada merek Samsung saja. Bernama ‘Palm swipe to capture’. Untuk menggunakannya Anda bisa pergi ke bagian pengaturan terlebih dahulu. Lalu pilih Advance Features dan pergi ke Motion and Gestures, setelah itu aktifkan Palm Swipe to Capture. Pastikan tombol menyala biru untuk menandakan fitur tersebut aktif. 

Setelah aktif, Anda hanya perlu menempatkan telapak tangan ke HP Samsung Anda dan screenshot sudah bisa dilakukan. Tidak perlu menginstal aplikasi lain atau mengaktifkan fitur tertentu. Jika ini menonaktifkannya hanya perlu melakukan cara di atas namun ubah tombol switch hingga berwarna hitam atau sudah tidak biru lagi. 

Baca juga: 10 HP Samsung dengan Kamera Instagramable

2. Tombol Power + Volume Bawah 

Rekomendasi HP April 2022 - Samsung Galaxy FE 23

Merupakan cara lama yang masih digunakan hingga saat ini. Cara screenshot ini masih umum dan diterapkan di kebanyakan Android. Samsung juga termasuk salah satu smartphone yang menggunakan cara ini. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol power dan tombol volume bagian bawah secara bersamaan dan screenshot sudah bisa dilakukan. 

Cara ini juga bisa digunakan jika Anda ingin membuat tangkapan layang yang panjang. Biasanya digunakan untuk menangkap percakapan yang panjang atau tampilan website secara menyeluruh. Caranya cukup tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan dan kemudian akan muncul pop up kecil di bagian bawah, ada opsi ‘Scroll Capture’ yang bisa Anda pilih untuk menggulirkan tangkapan layar. 

Gulirkan layar ke bagian bawah untuk menangkan seluruh tampilan yang diinginkan. Sebelum hasil tangkapan tersebut di simpan, Anda bisa melihat hasilnya sekilas melalui fitur ‘Preview’ yang ada di pojok kiri bawah. Jangan lupa klik tombol ‘Back’ untuk menyimpan hasil screenshot. 

Baca juga: Apa Itu Samsung ISOCELL, Berikut Ulasannya yang Perlu Diketahui!

3. Cara Screenshot HP Samsung dengan Assistant Menu 

Mengaktifkan menu asisten atau Assistant Menu ini memang menjadi salah satu cara screenshot HP Samsung yang bisa Anda coba. Cara mengaktifkannya mudah, cukup pergi ke menu Setting dan klik Accesbility. Setelah itu klik Interaction and dexterity dan geser toggle Assistant Menu ke mode on. Setelah itu akan muncul ikon persegi kecil yang bisa digunakan untuk screenshot. Anda hanya perlu klik ikon menu asisten tersebut dan pilih opsi screenshot untuk menangkap layar. 

Baca juga: 9 Fitur Keren Aplikasi Samsung Gallery dan Cara Menggunakannya

Dapatkan HP Samsung Terbaik di Doran Gadget

Itulah beberapa cara screenshot HP Samsung yang bisa Anda coba. Jika Anda mencari smartphone Samsung, kini Anda bisa mendapatkannya di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual merupakan produk original dengan garansi resmi pabrikan. Jangan lupa download aplikasi Doran Gadget di sini untuk kemudahan transaksi belanja online. Informasi lebih lanjut silahkan hubungi CS kami via WhastApp di sini. 

Artikel terkait:

× WhatsApp