Doran Gadget – Baru-baru ini Samsung memperkenalkan teknolgi terbaru mereka yaitu semikonduktor canggih bernama ISOCELL HP3 200MP. Samsung ISOCELL berhasil memberikan sensor gambar dengan piksel terkecil (0,56 mikrometer) di dunia. 

Joon Seo Yim, selaku Executive Vice President of Sensor Business Team dari Samsung Electronics menyebutkan bahwa Samsung terus memimpin tren pasar image sensor melalui ISOCELL HP3 200MP 0,56μm terbaru dan telah ditingkatkan. Samsung juga berkomitmen untuk menghadirkan resolusi epik melampaui tingkat profesional untuk pengguna kamera smartphone. 

Apa Itu Samsung ISOCELL? 

Bagi yang masih bingung, Samsung ISOCELL adalah inovasi terbaru dari Samsung Electronic yang membuat sensor kamera ponsel. Seperti yang telah disebutkan, sensor ISOCELL HP3 ini diklaim memiliki piksel terkecil di dunia yaitu hanya 0,56 mikrometer saja. Ukuran ini merupakan 12% lebih kecil dibanding pendahulunya dan menjanjikan auto fokus yang lebih cepat. 

Baca juga: Cara Cek Baterai Health Samsung, Ini Langkah yang Perlu Diperhatikan!

Keunggulan Samsung ISOCELL HP3

Dilansir dari Gizmochina, versi HP3 ini memiliki ukuran 12% lebih kecil dari sebelumnya dan memungkinkan untuk pengurangan space hingga 20% pada area permukaan modul kamera. Hal ini menguntungkan bagi para produsen smartphone untuk menjaga desain perangkat premium mereka tetap ramping. 

Meskipun ukurannya paling kecil, namun Samsung ISOCELL HP3 telah mengemas 200 juta piksel dalam format optik 1/1.4 yang merupakan diameter area yang ditangkap melalui lensa kamera. Auto-focusing Super QPD juga hadir dalam sensor satu ini dan memungkinkan semua piksel sensor dilengkapi dengan auto-focusing. Empat piksel yang berdekatan itu mampu mendeteksi perbedaan fase dalam arah horizontal maupun vertikal, yang membuat Samsung berani mengklaim sensor ISOCELL HP3 memiliki auto fokus yang lebih cepat dan akurat. 

Sensor ini juga memungkinkan pengguna mengambil video 8K @30fps dan [email protected], dengan catatan loss minimal di field of view saat mengambil video 8K. Bila dikombinasikan dengan Super QPD maka mampu menghasilkan rekaman yang sinematik seperti film meskipun diambil menggunakan perangkat smartphone. 

ISOCELL HP3 dengan Low-Light Terbaik 

Keunggulan lain dari Samsung ISOCELL HP3 adalah pengalaman low light terbaiknya berkat teknologi Tetra2pixel yang menggabungkan keemapt piksel untuk merubah sensor 200MP 0,56μm menjadi 50MP 1,12μm, atau sensor 12,5MPdengan piksel 2,24μm yang menggabungkan 16 piksel menjadi satu. Teknologi tersebut memungkinkan sensor untuk menghasilkan foto yang lebih cerah dan lebih hidup meskipun berada di lingkungan yang memiliki kualitas cahaya yang rendah. Baik itu di dalam ruangan maupun saat malam hari. 

Baca juga: 10 Daftar Harga HP Samsung Terbaru 2022

Smart-ISO Pro dan HDR 

Sensor Samsung satu ini juga memaksimalkan dynamic range dan image sensor selulernya dengan meningkatkan fitur Smart-ISO Pro. Teknologi ini menggabungkan informasi gambar yang merupakan konversi dari mode Low dan High ISO untuk membuat gambar HDR. Teknologi yang ditingkatkan ini hadir dengan mode triple ISO yaitu Low, Mid, dan High yang memperluas range sensor. 

Smart-ISO Pro yang ditingkatkan juga memungkinkan sensor untuk menampilkan gambar menggunakan lebih dari 4 triluan warna dengan kedalaman warna 14-bit. Selain itu sensor Samsung ISOCELL HP3 juga mendukung staggered HDR bersama dengan Smart-ISO Pro yang memungkinkan untuk beralih dari kedua solusi tersebut tergantung dari lingkungan dan suasana pembuatan film yang dibuat. 

Baca juga: 10 HP Samsung dengan Kamera Instagramable

Dapatkan Berbagai Smartphone Samsung di Doran Gadget

Itulah pengertian Samsung ISOCELL dan apa keunggulan dari ISOCELL HP3 yang terbaru ini. Saat ini sensor ISOCEL HP3 telah tersedia dan akan diproduksi massal mulai tahun ini. Bagi Anda yang ingin membeli smartphone Samsung dengan pengalaman kamera terbaik, Anda bisa membelinya di Doran Gadget. Unduh aplikasi Doran Gadget di sini dan hubungi CS kami via WhatsApp di sini. 

Artikel terkait:

× WhatsApp