Doran Gadget Sebagian besar dari Anda tentu pernah mengalami menurunnya daya baterai dengan cepat. Akibatnya, performa smartphone pun kurang optimal dan dapat mengganggu aktivitas Anda. Hal itu cukup wajar di semua brand smartphone termasuk Samsung. Ini memang tergantung penggunaannya. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk tahu bagaimana cara cek baterai health Samsung agar tetap nyaman dalam menggunakannya setiap hari.

Cara Cek Baterai Health Samsung

Cara cek baterai health Samsung bisa dilakukan pada smartphone yang berbasis Android. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan aplikasi Samsung Member. Langkah-langkahnya pun cukup mudah. Melansir dari laman Kompas Tekno dan Tom’s Guide, berikut di antaranya:

  1. Pastikan HP Samsung Anda memiliki aplikasi Samsung Member yang aktif.
  2. Bukalah aplikasi tersebut.
  3. Selanjutnya, silakan memilih tab ‘Support’ yang ada di bagian pojok kanan bawah aplikasi.
  4. Lanjutkan dengan memilih opsi ‘View Test’ > ‘Battery Status’.
  5. Saat masuk di halaman inilah, Anda dapat melihat status kesehatan baterai di HP Samsung.
  6. Jika pada kolom ‘Life’ terdapat status ‘Good’, baterai HP Samsung Anda bisa dikatakan sehat dan masih dalam tahapan baik-baik saja.

Baca juga: 9 Fitur Keren Aplikasi Samsung Gallery dan Cara Menggunakannya

Cara Cek Penggunaan Baterai HP Samsung

Selain mengetahui cara cek baterai health Samsung, Anda pun bisa melihat berapa banyak konsumsi daya smartphone setiap harinya. Baterai yang cepat habis mungkin saja karena ada aplikasi yang berjalan dengan diam-diam di latar. Inilah yang tak Anda sadari. Berikut cara untuk mengecek baterai:

  1. Buka akses pada menu ‘Settings’ > ‘Battery’ > ‘Battey Usage’.
  2. Saat masuk di menu ini, Anda bisa melihat berapa banyak daya yang dikonsumsi oleh baterai dalam 24 jam terakhir. Di situ juga akan muncul beberapa aplikasi mana yang menyedot daya baterai cukup besar.
  3. Jika Anda mengetahui ada beberapa aplikasi yang memakan daya baterai yang cukup besar, maka bisa mematikan atau menonaktifkan aplikasi tersebut.
  4. Cara menonaktifkan aplikasi yang menyerap daya baterai tinggi salah satunya dengan tekan pilihan ‘Force Stop’.

Baca juga: 7 Tips Agar Baterai HP Awet Sepanjang Hari, Mudah Lho!

Penutup

cara memesan HP Samsung Galaxy S22 pre-order di Indonesia (3)

Bagaimana Sobat Doran, mudah bukan cara cek baterai health Samsung? Kini, saatnya Anda mencobanya sendiri. Jangan lupa untuk mendapatkan produk Samsung beserta aksesoris gadget lainnya di tempat terpercaya, ya! Salah satunya adalah di Doran Gadget yang memberikan banyak keuntungan dan kemudahan bagi Anda.

Mulai dari jaminan produk asli, garansi resmi pabrikan, hingga promo-promo menarik lainnya. Seperti poin cashback, free ongkir dan asuransi, sampai cicilan 0% tanpa biaya admin dengan syarat dan ketentuan berlaku. Ikuti akun Instagram Doran Gadget untuk melihat promo-promo yang sedang berlangsung.

Artikel terkait:

× WhatsApp