Doran GadgetSebagai salah satu media sosial yang populer, Instagram memiliki sejumlah fitur unggulan. Misalnya saja fitur Story yang bisa dilihat pengguna lain dalam 24 jam. Meski mudah, untuk membuat Story IG keren pun tak boleh dilakukan secara sembarangan. Oleh karena itu, Anda bisa simak ulasannya di artikel yang dihimpun oleh tim Doran Gadget kali ini Sobat Doran.

Tips Bikin Story IG Keren

Membuat Story IG keren sebenarnya tidaklah terlalu sulit, ada tujuh tips yang bisa Anda lakukan untuk akun bisnis maupun pribadi melansir dari laman WordStream. Apa sajakah? Berikut di antaranya!

1. Kenali Fitur-Fitur Unggulannya

Sebagai langkah awal untuk membuat Story IG keren adalah dengan memahami fitur-fitur yang ada di Instagram Story Editor. Ada enam fitur tersebut yang ada di bagian atas Story dari kiri ke kanan yakni:

  • Save: untuk menyimpan gambar yang akan dijadikan Story. Jika Anda menambahkan musik dan GIF secara otomatis akan tersimpan sebagai video.
  • Filter: fitur ini digunakan untuk membuat tampilan foto dan video lebih menarik dengan berbagai pilihan filter.
  • Linking: fitur yang berupa tanda link ini berfungsi untuk menambahkan link di Story. Sayangnya, fitur ini hanya bisa dinikmati oleh akun dengan followers 10 ribu ke atas.
  • Accessories: yakni fitur untuk menambahkan fitur lainnya. Misalnya saja stiker, hashtag, dan lainnya.
  • Drawing: fitur ini memungkinkan penggunanya untuk menulis teks dan gambar menggunakan tangan. Maupun menggunakan penghapus.
  • Teks: seperti namanya, fitur ini untuk menambahkan teks yang muncul pada Story.

Baca juga: Mengenal Fitur Baru Instagram yang Diluncurkan Tahun Ini

2. Ukuran Foto yang Tepat

Berikutnya, perhatikan foto yang akan diposting di Story jika Anda ingin membuat cerita bukan dari hasil postingan. Idealnya, foto untuk Story berukuran 1080×1920 Pixels. Hal itu dilakukan agar foto terlihat seimbang dan tidak pecah atau buram ketika dibesarkan (zoom).

Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukan pengaturan ukuran foto ini. Misalnya saja seperti Tezza, Snapseed, VSCO, Lightroom, ColorStory, dan Afterlight. Lalu, untuk filternya bisa menggunakan filter bawaan Instagram. Setidaknya ada 12 filter yang dapat dipilh dengan mengusap ke kanan maupun ke kiri.

3. Tips Story IG Keren – Gunakan Paduan Warna

Selain foto, dalam membuat Story IG keren Anda bisa memanfaatkan perpaduan warna. Misalnya saja untuk warna teks, warna latar, aksen, dan lainnya. Biasanya, ada sekitar sembilan warna yang bisa Anda pilih. Namun, jika menginginkan banyak warna lagi, cobalah usap preview warna ke kiri untuk menampilkan banyak warna.

Cara lainnya adalah dengan mengetuk ikon ‘dropper’ dan pilih warna dari mana saja di editor. Secara otomatis, warna yang ada nantinya akan menyesuaikan gambar. Ingat, dengan pemilihan warna yang tepat, secara tidak langsung Anda memainkan psikologi warna yang mempengaruhi aku lainnya yang menonton.

Baca juga: 15 Rekomendasi HP Kamera Terbaik Untuk Anda yang Instagramable

4. Coba Berbagai Font dan Format Teks

Saat membuat Story IG keren terkadang Anda perlu menambahkan kata-kata sebagai informasi. Agar tidak terkesan monoton, gunakan format teks dan font tertentu. Untuk font yang menarik di antaranya adalah Modern, Classic, Strong, Typewriter, dan Neon. Khusus untuk jenis font Classic, Strong, dan Typewriter Anda bisa menambahkan warna latar.

Sementara itu, untuk tata letak font Classic dan Typewriter bisa diletakkan di bagian kiri, kanan, dan tengah. Sedangkan ukurannya, sebisa mungkin tidak terlalu kecil atau terlalu besar agar mudah dibaca dan enak dipandang.

5. Manfaatkan Fitur Lainnya

Cara membuat Story IG keren yang tak kalah pentingnya adalah, memanfaatkan fitur-fitur tambahan lainnya. Misalnya saja menambahkan lokasi, menandai akun lain, tagar atau hashtag, GIF, musik, waktu, polls, dan sebagainya. Termasuk juga pertanyaan, hitungan mundur (countdown), kuis, chat, stiker, hingga fitur tambahan lainnya.

Berkat fitur-fitur tersebut setidaknya membuat postingan tidak monoton. Anda juga dapat menghubungkan akun Instagram dengan layanan streaming musik seperti Spotify. Dari situ, pilih potongan lagu dan musik yang akan digunakan sebagai latar Story.

Baca juga: Fix! Instagram Music Kini Sudah Bisa Digunakan di Indonesia

6. Tips Story IG Keren – Repost IG Story

Story Instagram tidak harus membuat yang baru Sobat Doran. Anda pun bisa merepost postingan Instagram di Story. Dari postingan itu, dapat ditambahkan latar lainnya seperti teks, grafis, dan lainnya agar terlihat semakin menarik. Jangan lupa, untuk menjadikan postingan tersebut menjadi publik agar dapat dilihat pengguna lainnya.

Dengan repost ini setidaknya ada keuntungan lainnya. Yakni, pengguna lain akan mengunjungi postingan di Feed yang Anda posting di Story. Bahkan, bukan tidak mungkin pengguna lain tersebut bisa memberikan ‘Suka’ atau komentar. Ini akan meningkatkan engagement dan interaksi akun.

7. Gunakan Template

Tips yang terakhir adalah Anda dapat menggunakan template. Selain lebih menarik, menggunakan template tentu memberikan kesan tersendiri bagi akun Instagram dan yang melihatnya. Membuat template ini sebenarnya juga tidak terlalu sulit. Anda bisa menggunakan fitur dan aplikasi Highlights.

Kerennya lagi di aplikasi Highlights memiliki sekitar 32 template untuk Instagram Story secara gratis. Jika Anda ingin template yang lebih, maka bisa menggunakan paket berbayar atau premium di layanan ini sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga: 10 Aplikasi Penyimpan Foto di Android Agar Makin Aman

Bikin Story IG Keren dengan Aksesoris Gadget Terbaik

Itu dia Sobat Doran beberapa tips dan cara bikin Story IG keren yang bisa dicoba. Agar hasilnya semakin maksimal, gunakan juga aksesoris dan perangkat gadget terbaik ya! Terutama saat membidik foto dan video. Seperti menggunakan tripod, gimbal kamera, hingga powerbank untuk menjaga daya baterai tetap aman.

Anda bisa mendapatkan berbagai peralatan tersebut di Doran Gadget. Raih juga berbagai kemudahan dalam berbelanja dan promo menarik lainnya untuk pembelian via website dan aplikasi Doran Gadget. Informasi lebih lanjut follow Instagram kami atau hubungi CS kami via WhatsApp di sini.

Artikel terkait:

×