Rekomendasi Aplikasi Lari

Doran GadgetLari merupakan salah satu olahraga yang paling populer di dunia. Olahraga ini mudah dilakukan dan tidak membutuhkan peralatan yang mahal. Selain itu, lari juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan jantung, dan memperkuat otot. Untuk membantu para pelari, kini tersedia berbagai aplikasi lari yang dapat diunduh di smartphone.

Manfaat Aplikasi Lari

Aplikasi-aplikasi lari menawarkan berbagai fitur yang dapat memudahkan pelari dalam memantau aktivitas larinya, seperti pelacakan jarak, kecepatan, dan waktu. Selain itu, aplikasi lari juga dapat memberikan motivasi bagi pelari untuk terus berlari. Berikut adalah beberapa manfaat aplikasi lari:

1. Memantau Aktivitas Lari

Aplikasi lari dapat membantu pelari memantau aktivitas larinya secara real-time. Pelari dapat melihat jarak, kecepatan, dan waktu larinya secara langsung di layar smartphone. Fitur ini dapat membantu pelari untuk mengetahui performa larinya dan membuat target lari yang realistis.

2. Memberikan Motivasi 

Menggunakan aplikasi juga dapat memberikan motivasi bagi pelari untuk terus berlari. Aplikasi ini biasanya dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat memotivasi pelari, seperti fitur komunitas, tantangan, dan penghargaan. Fitur-fitur ini dapat membantu pelari untuk tetap termotivasi dan tidak mudah menyerah.

3. Menemukan Rute Lari

Melalu aplikasi, Anda juga dapat membantu menemukan rute lari yang menarik. Aplikasi ini biasanya dilengkapi dengan fitur peta dan GPS yang dapat membantu pelari untuk menemukan rute lari yang sesuai dengan kebutuhannya.

4. Rencana Latihan yang Tepat

Beberapa aplikasi menyediakan rencana latihan yang disesuaikan dengan kemampuan dan tujuan Anda. Dengan panduan ini, Anda dapat mengembangkan rutinitas latihan yang efektif dan aman. Selain itu, rencana latihan yang tepat mampu membawa pelari untuk mendapatkan kebugaran dan manfaat kesehatan yang sedang mereka tuju. 

5. Statistik Kesehatan

Tidak terbatas untuk lari saja, aplikasi-aplikasi kebugaran seperti ini ering kali dapat merekam data kesehatan seperti detak jantung, jumlah kalori yang terbakar, hingga tingkat oksigen yang ada dalam tubuh. Ini membantu Anda memahami dampak positif yang dihasilkan dari kegiatan lari terhadap kesehatan Anda.

Baca juga: Sering Terjadi, Ini Kesalahan Saat Lari yang Harus Dihindari!

Rekomendasi Aplikasi Lari

Ada banyak aplikasi lari yang tersedia di Google PlayStore maupun AppStore. Namun, pastikan untuk memilih aplikasi resmi yang bisa mendeteksi secara akurat jarak yang Anda tempuh dan berbagai fitur pelacakan lainnya. Nah, berikut ini adalah deretan rekomendasi aplikasi lari yang bisa Anda coba. 

1. Strava

Aplikasi lari
sc: strava

Strava adalah salah satu aplikasi kebugaran paling populer di dunia. Lebih dari sekadar pelacak bersepeda dan lari berbasis GPS yang populer, Strava memungkinkan Anda mengatur tantangan untuk diri sendiri dan pengguna lain. Jutaan pelari, pengendara sepeda dan orang-orang aktif menggunakan aplikasi ini untuk merekam aktivitas mereka, membandingkan kinerja dari waktu ke waktu.

Selain itu, pelari bisa berbagai foto, cerita, dan sorotan dari petualangan mereka bersama komunitas global. Aplikasi satu ini sangat populer khususnya bagi mereka yang menggunakan perangkat olahraga seperti smartwatch untuk pengguna Andorid. Selkain lari, ada banyak fitur olahraga lainnya yang bisa dipilih. 

2. Nike+ Run Club

sc: 9to5mac

Nike+ Run Club adalah aplikasi yang dikembangkan oleh Nike, Inc., dan seperti namanya, ini dirancang khusus untuk membantu para pelari. Aplikasi ini tidak hanya menghitung jarak saat Anda berlari atau jogging, tetapi juga menawarkan fitur sosial yang membuat pengalaman berolahraga lebih seru. Salah satu keunggulan utama adalah kemampuan untuk mengajak teman untuk berolahraga dan bahkan bertanding.

Nike+ Run Club memberikan track record untuk semua teman Anda dan melaporkan pemenang dari pertandingan lari bersama teman-teman Anda.Aplikasi ini memungkinkan Anda mendengar sorakan dari atlet ternama, berbagi foto, dan bahkan melakukan workout yang dipandu oleh pelatih dari Nike. Selain itu, Anda dapat mengunggah “Power Song” pilihan Anda, yang akan diputar ketika Anda membutuhkan motivasi ekstra saat berlari.

Baca juga: Harus Tahu, Ini Macam-Macam Lari dalam Olahraga!

3. Running App – Running Tracker

sc: App Store – Apple

Running App adalah solusi sempurna bagi para pemula yang ingin memulai perjalanan lari mereka. Aplikasi ini menawarkan program-program yang ramah pemula, mulai dari program penurunan berat badan hingga persiapan untuk lari 5K. Kelebihannya terletak pada kemampuan untuk mempersonalisasi fitur dan tujuan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Fitur dan goal yang dapat disesuaikan menjadikan pengalaman berlari lebih terjangkau dan relevan untuk setiap individu.

Salah satu keunggulan utama Running App adalah kemampuannya untuk memberikan analisis akurat mengenai performa lari. Pengguna dapat memantau data harian mereka dengan grafis yang mudah dibaca, serta membandingkan kemampuan mereka dengan rute yang sama. Fitur audio feedback juga memberikan dorongan ekstra saat berlari. Meskipun demikian, satu kelemahannya adalah keterbatasan integrasi dengan beberapa tipe smartwatch, seperti Samsung Watch atau Garmin. 

4. MapMyRun

sc: Under Armour

MapMyRun, aplikasi lari buatan Under Armour, menonjolkan kemampuannya dalam melacak dan memetakan rute lari dengan detail. Fitur yang menarik termasuk peringatan untuk mengganti sepatu pada waktu yang tepat, serta feedback yang membantu meningkatkan performa lari berdasarkan data statistik yang terkumpul. Aplikasi ini juga mendukung lebih dari 200 aktivitas olahraga, memberikan fleksibilitas kepada pengguna untuk melacak berbagai jenis latihan.

Kelebihan lain dari MapMyRun adalah integrasinya dengan berbagai perangkat wearable, termasuk smartwatch Garmin. Melalui koneksi dengan smartwatch ini, pengguna dapat menggabungkan data dari kedua perangkat, memberikan informasi yang lebih rinci tentang aktivitas lari. Contohnya, pengguna dapat memantau dengan akurat progress statistik lari seperti jarak tempuh, kecepatan, detak jantung, dan jumlah kalori yang terbakar secara langsung melalui aplikasi MapMyRun.

5. Start Running for Beginners

sc: APKdone

Bagi para pelari pemula di platform Google Play, ada sebuah aplikasi yang sangat sesuai untuk memulai perjalanan lari Anda. Aplikasi ini secara otomatis menyusun rencana latihan yang harus diikuti oleh penggunanya, terdiri dari berbagai level durasi berlari. Semakin tinggi level yang dicapai, maka durasi dan jarak tempuh yang ditetapkan juga meningkat. Dengan fokus pada kebutuhan pelari pemula, aplikasi ini menantang pengguna untuk mencapai tujuan mereka dengan berlari, menjadikannya pilihan yang sangat cocok untuk memulai gaya hidup aktif.

Meskipun fitur-fiturnya sederhana, Start Running for Beginners memiliki rencana latihan terperinci, termasuk latihan tingkat 1 yang menantang para pemula untuk berlari selama 20 menit. Aplikasi ini tidak hanya menyediakan rencana latihan, tetapi juga dapat berfungsi sebagai run tracker, memberikan acuan yang berguna untuk memperbaiki dan melancarkan aktivitas lari Anda.

6. Charity Miles

sc: AppsListo

Jika kamu tertarik untuk berlari sambil memberikan bantuan kepada orang lain, Charity Miles adalah pilihan yang tepat. Aplikasi ini memungkinkanmu berdonasi saat berlari atau bersepeda dengan menyediakan berbagai jenis donasi yang bisa kamu pilih, seperti Stand Up to Cancer, Wounded Warrior Project, dan The ASPCA.

Secara umum, Charity Miles bekerja sama dengan brand tertentu dan akan mendonasikan sekitar 0,25 dolar AS (sekitar Rp3.500) untuk setiap satu mil (1,609 km) yang kamu tempuh. Semakin banyak kamu berlari, semakin banyak pula uang yang akan didonasikan, memberikan pengalaman berolahraga yang bermakna secara sosial. Unduh Charity Miles sekarang dan mulailah berlari dengan tujuan baik.

Baca juga: 7 Komunitas Lari Surabaya yang Bisa Anda Ikuti

7. Adidas Running: Sports Tracker

sc: FileCR

Bergabunglah dalam revolusi kebugaran bersama adidas Running, aplikasi pelacak olahraga yang menyediakan pemantauan lengkap untuk berbagai jenis aktivitas di satu tempat. Mulai dari berlari, berjalan, bersepeda, hingga berenang, aplikasi ini memungkinkanmu mencatat dan melacak semua kegiatan fisikmu. Dengan adidas Running, kamu dapat membuat rencana latihan yang disesuaikan dengan jarak, konsistensi, dan durasi yang diinginkan. Statistik fisik seperti waktu latihan, jarak, kalori, dan detak jantung dapat dengan mudah dipantau.

Memberikan pemahaman yang lebih baik tentang perkembangan kebugaranmu. Untuk pengalaman layanan yang maksimal, adidas Running menawarkan opsi berlangganan premium. Dengan berlangganan ini, kamu dapat mengakses fitur-fitur tambahan yang meningkatkan fungsionalitas aplikasi dan memberikan lebih banyak insight untuk membantu mencapai tujuan kebugaranmu. Jadi, ayo jadikan setiap aktivitasmu bermakna dengan adidas Running!

8. Couch to 5K

Aplikasi lari
sc: NHS

Aplikasi Couch to 5K adalah pilihan yang tepat bagi pemula yang ingin mulai berlari. Aplikasi ini menawarkan program latihan yang bertahap dan mudah diikuti, serta fitur-fitur yang dapat memotivasi dan membuat pengalaman berlari menjadi menyenangkan.

Kelebihan utama dari aplikasi ini adalah kesederhanaannya, fokus pada membantu pengguna membangun stamina melalui tiga sesi lari setengah jam per minggu selama sembilan minggu. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur Log yang sederhana dan mudah digunakan, serta pelatih virtual yang menyenangkan.

9. Runna

sc: Runna

Runna adalah aplikasi lari yang menawarkan program latihan terpersonalisasi untuk berbagai jarak, mulai dari 5K hingga ultramaraton. Program latihan ini disesuaikan dengan tingkat kemampuan pelari, sehingga dapat membantu pelari mencapai tujuannya dengan aman dan nyaman. Runna memiliki antarmuka yang mudah digunakan dan dapat disinkronkan dengan perangkat pelari, seperti Garmin, Coros, dan Apple Watch.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat memotivasi pelari, seperti jadwal latihan per minggu dan tips-tips dari pelatih. Dilansir dari situs reviewer gadget dan perlengkapan olahraga yaitu Tomn’s Guide, editornya menggunakan Runna untuk berlatih maraton kelimanya. Dengan menggunakan Runna, editor tersebut berhasil memangkas waktunya hingga 14 menit dan mencapai garis finish tanpa cedera.

10. JETE Connect

aplikasi lari
sc: JETE Indonesia

JETE Connect adalah aplikasi yang dapat memantau olahraga dan kondisi kesehatan yang terhubung dengan smartwatch JETE. Aplikasi ini dapat menampilkan data kondisi dan kebugaran tubuh penggunanya. Data tersebut berdasarkan sensor yang telah terpasang di smartwatch. Aplikasi JETE Connect menyajikan sejumlah fitur penting yang memberikan pemantauan menyeluruh terhadap aktivitas dan kondisi kesehatan pengguna,seperti jumlah langkah, kalori terbakar, dan durasi latihan.

Run Maps memberikan informasi rute lari atau olahraga lain dengan panjang rute dan opsi Play Track. LeaderBoard memungkinkan pengguna melihat pencapaian olahraga lari dari pengguna lain, termasuk peringkat dan jarak total. Aplikasi ini juga dapat digunakan untuk melakukan pengaturan smartwatch JETE dan pengaturan mode TWS. Pengguna dapat melakukan pengaturan audio hingga tampilan sesuai kebutuhan dan selera.

Baca juga: Cara Menghitung Pace Lari yang Mudah untuk Ukur Performa Anda

Penutup

Itulah deretan aplikasi lari yang bisa Anda coba. Gunakan smartwatch terbaik untuk memantau aktivitas olahraga Anda menjadi lebih mudah. Buat rencana latihan hingga pantau kesehatan dengan lebih akurat. Berbagai produk smartwatch untuk lari bisa Anda dapatkan di Doran Gadget. Semua produk yang kami jual merupakan produk original dengan garansi resmi. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubung CS kami melalui WhatsApp. 

Artikel terkait:

>